Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Coating Mobil

Daftar Isi [Tutup]

    Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Coating Mobil - Terkadang orang yang memiliki mobil merasa bimbang, apakah kendaraan kesayangannya ini perlu mendapatkan coating atau tidak. Mungkin sebagian dari para pemilik mobil belum mengetahui tentang pentingnya melakukan coating pada mobil kesayangan. Hal ini memiliki keterkaitan dengan kelebihan yang akan didapat sebagai keuntungan dengan melakukan coating pada mobil.

    Coating dilakukan sebagai bentuk proteksi yang digunakan pada permukaan mobil yang memiliki beberapa tujuan, terutama agar tidak mengubah warna asli pada mobil akibat terpapar matahari, polusi, atau terkena zat yang dapat memudarkan cat mobil asli. Coating dipercaya sangat memberikan keampuhan pada perlindungan yang lebih terhadap warna cat asli mobil.

    Jenis Coating untuk Mobil

    Jenis Coating untuk Mobil

    Perlindungan warna pada mobil Anda bisa dilakukan dengan pemilihan coating yang terbagi menjadi 3 jenis, yakni Wax, Polymer, dan Nano Ceramic. Setiap jenis coating memiliki keunggulannya masing-masing, dan harga yang berbeda pula. Wax menjadi jenis coating yang paling murah, tapi tentu keawetannya tidak bertahan begitu lama. Mobil yang dipasang coating jenis Wax hanya mampu bertahan sekitar 1 hingga 2 bulan saja.

    Sementara untuk mendapatkan daya tahan 3 sampai 6 bulan, maka pilih coating yang memiliki jenis Polymer. Sementara, pemilihan coating dengan daya tahan yang mencapai 2 tahun, maka jenis coating yang direkomendasikan ialah Nano Ceramic. Harga setiap jenis coating ini jelas saja berbeda, dan semakin lama daya tahan pemakaiannya akan semakin mahal pula harga dari coating tersebut.

    Karakter jenis coating Nano Ceramic memang jauh lebih mengkilap dibandingkan dengan jenis coating yang lainnya. Kualitas paling baik juga bisa didapatkan dengan memasangkan coating Nano Ceramic pada mobil kesayangan. Proteksi maksimal bisa didapatkan pada warna cat asli yang dipasang coating mobil. Tentunya, akan lebih disarankan kepada Anda untuk memilih jenis coating yang terbaik agar tidak sekadar buang-buang uang saja.

    Kelebihan Coating untuk Mobil

    Kelebihan Coating untuk Mobil

    Setiap pemilik mobil tentu akan mencari pertimbangan dari pemasangan coating untuk mobil dengan mencari kelebihannya terlebih dahulu. Mobil yang dipasang coating akan mampu memberikan proteksi terhadap kemungkinan terjadi goresan yang terjadi akibat serempetan tidak sengaja atau lain sebagainya. Coating mobil terbaik dapat menimbulkan kesan selalu baru. Mobil akan terlindung dari cairan kimia yang dapat merusak cat asli mobil.

    Cat mobil asli dapat terlindungi akibat kerak atau jamur, karena coating memiliki efek water repellent. Sinar UV yang pasti akan memaparkan cat asli mobil tentu lambat laun akan merusak warna asli tersebut, sehingga dengan menggunakan coating akan memberikan proteksi agar cat asli tidak pudar. Efek bisa bertahan hingga mencapai tahunan dan sesuai dengan perawatan yang Anda lakukan terhadap mobil yang dipasang coating.

    Langkah Coating Mobil Sendiri

    Langkah Coating Mobil Sendiri

    Melakukan coating memang akan jauh lebih sempurna apabila dilakukan oleh seorang yang profesional. Namun, Anda yang memiliki kemampuan atau yakin untuk memasangnya sendiri dapat melakukan beberapa cara coating mobil yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah, dengan membeli bahan sendiri. Hal pertama Anda harus membersihkan bodi mobil dengan mencucinya bersih, serta lakukan detailing.

    Selanjutnya, mobil memasuki tahap poles untuk menghilangkan baretan pada permukaan cat mobil. Hasil polish mobil akan jauh lebih maksimal dengan membawanya ke salon mobil. Apabila telah selesai proses polish, maka dilanjutkan pada proses waxing. Pada waxing ini bisa dilakukan atau tidak untuk menuju proses coating. Tahap terakhir yakni masuk pada proses coating dan dianjurkan dilakukan pada ruangan tertutup agar tidak masuk debu.

    Kekurangan Coating untuk Mobil

    Kekurangan Coating untuk Mobil

    Peryimbangan ketika akan melakukan coting pada mobil ialah dengan mempertimbangkan kekurangan yang dapat terjadi jika Anda melakukan coating. Pengaplikasian coating pada mobil memerlukan keterampilan dan keahlian yang khusus. Sehingga, dalam memasang coating untuk mobil akan sangat dianjurkan dilakukan oleh para profesional yang telah terpercaya.

    Sebab, ketika Anda memasangnya sendiri tanpa keterampilan khusus dan juga alat yang tidak lengkap, maka bisa menjadi kekurangan coating mobil. Setiap langkah yang dilakukan sebagai cara untuk memasang coating secara mandiri, juga perlu alat-alat khusus untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Kekurangan yang terjadi akibat pemasangan yang tidak sempurna menjadikan kualitas yang tidak baik.

    Harga Pemasangan Coating untuk Mobil

    Harga Pemasangan Coating untuk Mobil

    Setiap salon mobil akan mematok harga yang berbeda untuk pemasangan coating pada mobil. Selain itu, jenis coating juga menjadi dasar yang berbeda terhadap harga dan juga kualitas. Semakin mahal harganya, maka akan semakin bagus kualitas dari jenis coating untuk mobil yang akan digunakan. Harga pemasangan coating mobil bisa dijadikan pertimbangan atau persiapan saat Anda ingin pasang proteksi ini.

    Harga yang dipatok untuk pemasangan coating pada mobil juga dibedakan dari jenis, dan ukuran pada mobil itu sendiri. Semakin besar bodi mobil, maka akan semakin besar juga biaya yang dibutuhkan. Harganya untuk coating mobil yang digunakan pada mobil berukuran sedang biasanya berkisar dari 3 juta rupiah hingga 8 juta rupiah, dan setiap salon mobil akan mematok harga yang berbeda.

    Pemasangan coating untuk mobil akan lebih baik didiskusikan terlebih dahulu dengan salon mobil yang terpercaya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Anda dapat meminta rekomendasi pada orang-orang yang sudah melakukan coating mobil dan mendapatkan hasil yang bagus. Hal ini dapat mengurangi rasa kecewa akibat memasang coating untuk mobil pada salon yang tidak tepat, dan pilih jenis coating yang terbaik.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Coating Mobil"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel