Spesifikasi Mobil Listrik Tesla, Harga dan Pajaknya

Daftar Isi [Tutup]

    Spesifikasi Mobil Listrik Tesla, Harga dan Pajaknya - Mobil listrik kini tidak hanya bisa ditemukan dalam cerita fiksi ilmiah saja. Saat ini, sudah banyak mobil yang menggunakan tenaga listrik beredar di pasaran. Bahkan di luar negeri kendaraan ini sudah cukup banyak variasinya. Di Indonesia sendiri, produsen mobil listrik yang sudah masuk adalah perusahaan asal Amerika bernama Tesla.

    Perusahaan ini tidak hanya memproduksi mobil listrik Tesla saja, perusahaan ini juga memproduksi komponen mesin dan perangkat pengisi ulang baterai. Bahkan ke depannya, Tesla berencana untuk membuat panel surya untuk dipasang di atas atap mobil. Jika panel ini sudah terealisasi, maka energi surya yang didapatkan bisa menjadi energi cadangan untuk baterai mobil.

    Saat ini sudah ada tiga seri berbeda mobil listrik yang dibuat oleh Tesla, Mobil tesla seri atau model pertama adalah Tesla Roadster yang merupakan mobil sport pertama yang menggunakan listrik. Tesla model kedua adalah Tesla model S dan X yang merupakan mobil tipe sedan bernama Whitestar. Untuk mobil Tesla model 3, mobil ini mulai menggunakan teknologi solar system dan dikenal dengan nama BlueStar.

    Spesifikasi Mobil Listrik Tesla

    Spesifikasi Mobil Listrik Tesla

    Masing-masing mobil listrik Tesla memiliki spesifikasi yang berbeda. Perbedaan ini jelas karena model dari ketiga mobil tersebut yang berbeda meskipun untuk model S dan model X memiliki kesamaan dalam bentuk. Perbedaan spesifikasi ini juga yang menentukan masing-masing harga dari setiap model yang tersedia di pasaran. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ketiga model.

    Tesla Roadster

    Tesla Roadster

    Tesla Roadster dibuat dalam kurun waktu 2008 hingga 2012 dan diperuntukkan sebagai mobil sport dan mobil mini. Mobil yang memiliki dua pintu ini menggunakan motor elektrik 3-phase 4 pole AC induction motor. Sedangkan untuk transmisi, Roadster menggunakan single speed BorgWarner (rasio 8.27:1). Adapun baterai yang digunakan adalah baterai lithium-ion 53 kWh.

    Untuk spesifikasi mobil listrik Tesla Roadster berdasarkan ukuran body-nya, mobil ini memiliki ukuran 3.946 x 1.873 x 1.127 mm dengan wheelbase 2.352 mm. Adapun bobot dari mobil ini adalah mencapai 1.305 kg. Untuk isi ulang daya disertakan kabel dan adapter supaya bisa charging menggunakan colokan rumahan. Dengan listrik 240 V pada sirkuit 90 A, baterai akan terisi penuh dalam waktu sekitar 4 jam.

    Generasi kedua dari model Roadster ini rencananya akan diluncurkan pada tahun 2022 dengan mengadaptasi konsep mobil sport empat kursi. Meskipun waktu perilisannya masih jauh, sejak tahun 2017 lalu pembukaan untuk pre-order sudah dilakukan dengan melakukan deposit sebesar 50 ribu dolar. Tentu saja spesifikasi yang ditawarkan lebih tinggi dari pendahulunya.

    Tesla S dan X

    Tesla S dan X

    Tesla S merupakan mobil listrik jenis sedan dengan lima pintu dan 4 seat yang diproduksi pada tahun 2012 hingga saat ini. Secara umum, Tesla S memiliki dual motor, di depan dan belakang dengan output hingga 615 kW. Transmisi mobil ini adalah direct-drive dengan rasio 1-speed fixed gear. Sama seperti Roadster, baterai li-ion namun dengan kapasitas berbeda, di mana pada Tesla S yang digunakan 100 kWh.

    Mobil listrik Tesla model S memiliki range listrik yang cukup beragam, 75 kWh, 85 kWh, 90 kWh dan 100 kWh. Cara charging-nya pun ada dua cara yaitu onboard dan offboard charger dengan supercharger yang hanya tersedia di charging station yang sengaja dibuat untuk memfasilitasi perjalanan jarak jauh. Bisa dikatakan ini merupakan ‘pom bensin’ mobil listrik.

    Tiga tahun berselang, Tesla X diluncurkan sebagai mobil SUV mewah dengan ukuran menengah. Salah satu keistimewaan dari mobil ini adalah pintu bagian penumpang yang dikenal dengan falcon-wing doors karena membuka ke atas layaknya sayap yang mengembang. Sedangkan untuk motor listrik pada mobil ini yang digunakan adalah dual motor AMD.

    Untuk transmisi, Tesla X menggunakan single-speed transaxle gearboxes dan range listrik 75D, 90D, P90D, P100D dan 100 D. Meskipun sempat ada penarikan karena muncul beberapa masalah di beberapa bagian, mobil ini banyak mendapatkan penghargaan. Salah satu penghargaannya adalah sebagai Reader’s Choice Green Car of the Year dan Luxury Utility Vehicle of the Year.

    Tesla Model 3

    Tesla Model 3

    Model 3 dari Tesla ini memiliki body sedan layaknya model S dengan empat pintu. Spesifikasi mobil listrik Tesla adalah menggunakan motor reluktan sinkron magnet permanen, tidak seperti pada mobil model lainnya. Baterai yang digunakan adalah li-ion 54 atau 62 atau 75 kWh dengan jarak tempuh mesin 220 mil, 263 mil, 353 mil dan 313 mil.

    Harga dan Pajak Mobil Tesla

    Harga dan Pajak Mobil Tesla

    Jika membicarakan harga untuk satu unit mobil tesla, Anda mungkin harus merogoh agak dalam. Paling murah mulai dari 1,5 milyar untuk model 3 dengan garansi dua tahun untuk wall charger dan 8 tahun untuk garansi khusus baterai. Untuk kelas mobil sedan, harga tersebut memang cukup mahal.

    Apalagi untuk model S, harga mobil Tesla untuk model ini jauh lebih mahal dengan harga dibanderol mulai dari 4,4 milyar rupiah. Kelebihan dari model ini, terutama keluaran terbaru adalah hadirnya autopilot dan kemampuan self driving. Menggunakan mobil ini benar-benar seolah membawa Anda ke masa depan.

    Lalu, bagaimana dengan pajak yang diterapkan pada mobil keluaran Tesla? Pajak jual beli dari mobil Tesla cukup tinggi, itu juga yang menjadi salah satu alasan harga mobil listrik ini sangat tinggi di pasaran Indonesia. Sedangkan untuk pajak tahunan maka akan dihitung 15 hingga 30 persen dari tarif PPnBM.

    Dari besaran persennya saja sudah bisa dibayangkan, betapa tingginya biaya pajak mobil tesla. Diharapkan kedepannya, pajak impor atau bea cukai mobil listrik ini tidak terlalu mahal sehingga harga jual serta pajak tahunan yang berlaku tidak akan terlalu membebani.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Spesifikasi Mobil Listrik Tesla, Harga dan Pajaknya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel