Sejarah Kia Sorento Mulai dari Kita 2002 hingga Kia Sorento 2014

Daftar Isi [Tutup]

    Sejarah Kia Sorento Mulai dari Kita 2002 hingga Kia Sorento 2014 - Kia merupakan salah satu brand mobil ternama asal negeri ginseng, Korea Selatan, dengan pabrik produksi otomotif bernama Kia Corporation. Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1944 ini masuk ke Indonesia pada akhir tahun 90an. Sudah banyak mobil dan truk hasil produksi perusahaan ini yang beredar di jalanan Indonesia, salah satunya tipe mobil Sorento.

    Perkembangan Kia Sorento dari Generasi ke Generasi

    Perkembangan Kia Sorento dari Generasi ke Generasi

    Sorento merupakan tipe mobil SUV menengah yang cocok untuk kendaraan keluarga. Generasi pertama mobil ini diproduksi pada tahun 2002 dan dipasarkan hingga tahun 2009. Generasi pertama ini masih memiliki bentuk SUV tradisional berbasis truck body-on-frame. Sayangnya, generasi awal ini mendapat peringkat buruk dalam perihal keamanan hingga akhirnya diperbaiki pada tahun 2007.

    Generasi kedua Sorento kedua menawarkan desain, fitur dan teknologi baru yang kemudian akan diterapkan pada mobil Kia lainnya. Generasi kedua ini pertama di luncurkan di Korea pada tahun 2009 namun masuk pasaran luas pada tahun 2010 hingga 2014. Ada lima jenis mesin yang digunakan dalam generasi kedua ini dan salah satu andalannya adalah Kia Sorento Diesel.

    Mobil Kia dengan mesin diesel mendapat penghargaan sebagai The Best SUV Diesel. Beberapa kualitas yang menjadikan mobil ini sebagai mobil SUV dengan mesin diesel terbaik adalah dapur pacunya yang turbo menggunakan 2.2 L, fiturnya lengkap karena mendapat peningkatan dari generasi pertama dan modelnya lebih stylish, tidak mengadaptasi model tradisional lagi.

    Berkat pengembangan di berbagai aspek, penilaian dan peringkat buruk pada faktor keamanan berubah total pada generasi kedua. Generasi kedua bahkan mendapatkan peringkat Top Safety Pick pada tahun 2011. Prestasi ini bahkan tetap bisa dipertahankan hingga generasi selanjutnya, yaitu generasi ketiga yang diproduksi pada tahun 2014 dan dipasarkan pada tahun 2015 hingga saat ini.

    Kia Sorento 2014 atau Kia Sorento generasi ketiga tersedia dalam dua kapasitas, kapasitas untuk 5 kursi dan kapasitas untuk 7 kursi. Ukurannya pun lebih panjang dari generasi sebelumnya. Ada 5 model yang dikeluarkan oleh Kia untuk Sorento generasi ketiga. Di generasi ketiga ini, Sorento tetap menyediakan mesin diesel pada beberapa model sebagai mesin andalan yang patut diacungi jempol.

    Pemasaran Kia Sorento generasi ketiga ini bahkan cukup fenomenal dengan melakukan promosi pada peluncuran film X-Men: Days of Future Past pada mobil dengan tema Wolverine. Debut penampilan Sorento ini dilakukan pada ajang kejuaraan Australia Open 2015. Di tahun yang sama Kia meluncurkan iklan Sorento Super Bowl XLIX dengan menggandeng aktor kawakan Pierce Brosnan.

    Biaya Perawatan Kia Sorento

    Biaya Perawatan Kia Sorento

    Jika membicarakan biaya perawatan Kia Sorento maka bisa dikatakan setiap generasi biaya perawatannya semakin murah dan juga mudah. Apalagi pada Sorento generasi ketiga. Apabila mobil Sorento Anda mendapatkan servis berkala dan ditangani dengan baik maka tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan tinggi. Cukup bayar biaya pengecekan umum, ganti oli atau biaya sesuai dengan keadaan mobil.

    Sekalipun Anda membeli mobil seken atau bekas Kia Sorento, mobil ini tidak akan menyusahkan Anda. Tapi kembali lagi, bagaimana keadaan mobil tersebut sebelum dilepas tangan dari pemilik sebelumnya. Mengingat ketahanan mesinnya, seharusnya tidak akan membutuhkan biaya perawatan. Apalagi bahan bakar yang digunakan tidak terlalu boros sehingga biaya operasional selama menggunakan kendaraan rendah.

    Hanya saja, jika Anda akan melakukan servis, sebaiknya bawa mobil tersebut ke bengkel langganan dan sudah mengetahui dengan baik kondisi mobil Anda. Jika mobil Sorento yang Anda miliki adalah mobil bekas, ketahui sejarah perawatan mobil tersebut supaya penanganannya lebih mudah. Lebih bagus lagi jika Anda tahu bengkel mana yang sebelumnya biasa digunakan.

    Konsumsi Bahan Bakar Kia Sorento Diesel

    Konsumsi Bahan Bakar Kia Sorento Diesel

    Membicarakan konsumsi BBM Kia Sorento diesel sepertinya Anda harus berbangga hati. Meskipun menggunakan mesin diesel, penggunaan bahan bakar Kia Sorento cukup hemat. Memang mobil ini layak menyandang gelar sebagai mobil diesel terbaik di kelas SUV. Hanya saja, Anda perlu cukup toleran dengan suara mobilnya yang tidak sehalus kebanyakan mobil yang ada saat ini.

    Harga Kia Sorento

    Harga Kia Sorento

    Apabila Anda tertarik untuk menggunakan Kia Sorento, maka Anda setidaknya harus menyiapkan uang sekitar 400 hingga 500 juta rupiah. Perbedaan harga ini tergantung pada generasi, model, tipe serta mesin yang digunakan. Mobil Sorento yang menggunakan mesin diesel biasanya dibandrol dengan harga lebih mahal dengan harga berkisar di angka 500 an juta rupiah.

    Jika Anda tertarik untuk membeli Sorento tapi tidak memiliki uang sebanyak itu, maka Anda bisa mencoba membeli mobil bekas. Saat ini, banyak sekali dealer mobil baik online maupun offline yang menawarkan Sorento dengan harga bersaing. Bahkan harga Kia Sorento bekas yang ditawarkan langsung oleh pemiliknya di berbagai marketplace akan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan dengan dealer.

    Untuk harga mobil Sorento bekas, harganya berkisar di antara 180 hingga 300 juta. Sama halnya dengan harga pada mobil baru, perbedaan harga yang terdapat pada mobil Sorento ini pada dasarnya disesuaikan dengan generasi mobil, model, tipe dan juga mesin yang digunakan. Namun ada beberapa hal lagi yang jadi bahan pertimbangan ketika Anda melihat harga jual yang ditawarkan.

    Pertama, di mana lokasi penjualan mobil Kia Sorento 2014 tersebut. Jika mobil Sorento ditawarkan secara online, pastikan lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat Anda berdomisili. Kedua, jarak kilometer yang pernah ditempuh oleh mobil tersebut sehingga bisa menentukan keadaan mesin. Ketiga, keadaan mesin itu sendiri apakah masih dalam keadaan baik atau sudah terlalu sering masuk bengkel.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Sejarah Kia Sorento Mulai dari Kita 2002 hingga Kia Sorento 2014"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel