Membersihkan Mobil Dengan Sabun Colek, Apa Dampaknya?

Daftar Isi [Tutup]

    Membersihkan Mobil Dengan Sabun Colek, Apa Dampaknya? Ketika kita memiliki mobil, tentu saja harus paham cara merawat dan mencucinya. Hal ini akan sangat berguna ketika memang ingin membersihkannya secara mandiri. Jika tidak dilakukan perawatan terhadap mobil tersebut, tentunya tidak baik untuk kelancaran mesin.

    Mencuci mobil sendiri di rumah tentu saja akan menghemat pengeluaran. Terutama jika mencuci bersama keluarga, tentunya akan lebih berkesan. Namun, ketika akan mencuci mobil, tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti cairan untuk membersihkannya, waktu yang tepat untuk membersihkan dan lain sebagainya.

    Pernahkah kamu melihat atau mendengar ada seseorang yang membersihkan mobil dengan sabun colek? Pastinya, beberapa diantara pernah mendengar hal ini. Sebenarnya, akan lebih baik ketika membersihkan mobil menggunakan shampo khusus untuk mencuci mobil. Sebab, nantinya akan membuat mobil lebih terawat. Jika memang tidak memiliki hal tersebut, maka jangan memaksakan diri untuk menggunakan sabun colek sebagai penggantinya.

    Alasan Jangan Membersihkan Mobil Dengan Sabun Colek

    Alasan Jangan Membersihkan Mobil Dengan Sabun Colek

    Sebenarnya, sah-sah saja jika memang ingin membersihkan mobil menggunakan sabun colek. Hanya saja, sabun colek memiliki sifat abrasif yang kuat, sehingga bisa membuat cat mobil menjadi luntur atau pudar. Jika memang ingin tetap menggunakan sabun colek, maka gunakanlah hanya untuk bagian kolong, mesin dan kaki-kaki.

    Selain tidak boleh menggunakan sabun colek, kamu juga tidak boleh membersihkan mesin mobil dengan sunlight. Sebab, memang bukan fungsinya. Ketika menggunakan sabun colek, hasilnya memang terlihat lebih maksimal. Hanya saja lambat akan berisiko mengikis cat dan membuat muncul karat pada body mobil. Sementara itu, ketika menggunakan sunlight atau sabun pencuci piring, maka akan berisiko membuat lapisan pernis menjadi kusam dan cat body pun akan menjadi belang.

    Oleh sebab itu, sangat penting memperhatikan apa saja yang boleh dan tidak ketika akan mencuci mobil. Jangan karena alasan menghemat, cat body mobil menjadi kurang enak dilihat. Tetap gunakanlah sampo untuk mencuci mobil yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.

    Cara Mencuci Mobil yang Benar

    Cara Mencuci Mobil yang Benar

    Setelah membahas mengenai penggunaan sabun colek dan sunlight untuk mencuci mobil, kali ini akan dibahas cara mencuci mobil dengan benar. Sehingga nantinya, kamu bisa mencuci mobil sendiri di rumah tanpa mengambil resiko apapun. Hanya saja, untuk membersihkan ruang bakar injeksi, tetap harus mendatangi ahlinya. Sementara itu, yang dibahas kali ini lebih kepada cara mencuci bagian luar mobil. Penasaran apa saja caranya? Inilah penjelasannya.

    Menggunakan alat-alat khusus

    Menggunakan alat-alat khusus

    Seperti yang sudah disinggung di atas, untuk mencuci mobil tidak bisa menggunakan alat sembarangan. Sebab, nantinya bisa menimbulkan risiko terhadap mobil tersebut. Di sini, kamu harus mempersiapkan sarung tangan, handuk berbulu, sampai serat mikro dan sampo pencuci mobil. Jika memang di rumah hanya ada busa dan kanebo, disarankan jangan memakai kedua alat tersebut. Karena memang kurang efektif untuk dipakai.

    Membersihkan area mobil terlebih dahulu

    Membersihkan area mobil terlebih dahulu

    Pada pembersihkan ini, kita tidak akan membahas mengenai cara membersihkan ruang bakar mesin mobil. Namun, lebih kepada area mobil itu sendiri. Maksudnya adalah bagian bawah mobil, seperti roda, velg dan kolong. Saat mencuci mobil, jangan memercikan air ke body. Sebab, percikan tersebut akan menyebabkan munculnya bintik-bintik air, atau biasa disebut dengan jamur. Terlebih, ketika mencucinya langsung di bawah sinar matahari, jamur tersebut akan membuat body mobil menjadi kusam.

    Ketika bagian bawahnya sudah selesai, maka kamu bisa melanjutkan ke bagian atas atau body mobilnya. Di sini, bersihkanlah tanpa menggunakan sampo pencuci mobil, sama seperti membersihkan bagian bawah mobil. Hanya saja, sebelum menggunakan air, bersihkan dahulu kotoran atau debu yang berada di body mobil menggunakan vakum khusus untuk hasil yang maksimal.

    Menggunakan sampo khusus

    Menggunakan sampo khusus

    Membersihkan mobil dengan sabun colek tentu saja dilarang, oleh sebab itu kamu perlu menyiapkan sampo khususnya. Sebelum menggunakan shampo, semprotkan dulu air ke body mobil. Hanya saja, penyemprotan ini pun harus tetap diperhatikan dengan baik. Jika kamu menggunakan air bertekanan tinggi, maka miringkanlah semprotan tersebut ke arah kiri atau kanan. Bisa juga dengan mengarahkan air dari atas ke bawah untuk membuat kotoran langsung jatuh.

    Ketika semuanya sudah basah, maka bisa langsung menggunakan sampo pencuci mobil. Ada banyak sekali produk sampo pencuci mobil. Kamu harus memilih produk yang mampu menyeimbangkan PH (tingkat keasaman) dari air yang nantinya akan digunakan. Hal ini dimaksudkan karena banyak dari kita yang tidak tau ada berapa banyak zat besi dalam air yang bisa menyebabkan karat pada bagian body-nya. Penggunaan sampo yang tepat ini menjadi jawaban untuk menyeimbangkan zat korosif air.

    Membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan

    Membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan

    Untuk membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan tentunya jangan membersihkan mobil dengan sabun colek. Ada cara lain yang bisa ditempuh, yaitu dengan menggunakan claying. Dengan menggunakan claying, semua noda akan mampu hilang. Hanya saja, disini kamu tetap harus memperhatikan penggunaannya. Hal ini dikarenakan claying memiliki sifat abrasif yang tinggi. Sehingga, akan lebih baik ketika digunakannya secara berkala, sekitar 3 atau 6 bulan sekali.

    Demikianlah beberapa hal mengenai membersihkan mobil dengan sabun colek. Tentunya, banyak orang yang berpendapat dengan menggunakan cara ini, maka bisa menghemat. Hanya saja, perlu diingat bahwa sabun colek bukanlah bahan yang tepat untuk membersihkan mobil.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Membersihkan Mobil Dengan Sabun Colek, Apa Dampaknya?"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel