Teknologi Tenaga Surya yang Akan Berguna di Masa Depan

Daftar Isi [Tutup]

    Teknologi Tenaga Surya yang Akan Berguna di Masa Depan! Dari waktu ke waktu perkembangan teknologi memang sangat luar biasa. Ada banyak orang-orang yang cerdas yang mampu menciptakan berbagai kemudahan terbaru. Bahkan tak jarang kemudahan tersebut dapat membawa dampak yang sangat baik bagi kehidupan manusia. Misalnya saja kemudahan teknologi informasi yang selalu berkembang hingga kini.

    Mungkin dahulu orang-orang perlu menemui sanak saudara secara langsung untuk mendengar suara maupun melihat rupa. Akan tetapi untuk saat ini hal itu tidak perlu lagi kita lakukan. Mengingat teknologi informasi telah membawa kita lebih dekat melalui smartphone. Lebih dari itu, masih banyak lagi teknologi yang berkembang dan memudahkan kita dalam menjalani kehidupan.

    Di era ini muncul pula temuan mengenai teknologi tenaga surya. Ya seperti yang kita tahu jikalau matahari menjadi salah satu energi yang sangat melimpah. Wajar jikalau orang-orang mulai berpikir ingin memanfaatkan energi yang melimpah tersebut. Pada pembahasan kali ini kita akan mengungkap lebih jelas mengenai teknologi apa yang menggunakan energi matahari dan akan berguna di masa depan.

    5 Teknologi Tenaga Surya yang Akan Berguna di Masa Depan

    1. Air Surya atau Air Desalinasi

    Air Surya atau Air Desalinasi Teknologi Tenaga Surya yang Akan Berguna di Masa Depan

    Tentu kita tahu bukan jikalau air menjadi salah satu kebutuhan tertinggi bagi makhluk hidup. Manusia setiap harinya menggunakan air dalam jumlah yang tidak sedikit. Tidak hanya digunakan sebagai sumber tenaga bagi tubuh melainkan digunakan guna memenuhi kebutuhan harian. Misalnya untuk memasak, mencuci pakaian, mencuci piring, menyiram bunga dan lainnya.

    Proses desalinasi air menjadikan air laut dan air tawar yang tidak bisa digunakan disembuhkan guna menghilangkan garam. Untuk melakukan proses ini dibutuhkan volume panas yang cukup. Jika teknologi tenaga surya ini berhasil maka dapat menjadikan persediaan air yang cukup bagi keluarga dalam skala yang kecil. Bahkan teknologi ini jelas akan memangkas biasa desalinasi melalui bantuan energi matahari.

    2. Mobil Tenaga Surya

    Mobil Tenaga Surya Teknologi Tenaga Surya yang Akan Berguna di Masa Depan

    Bertahun-tahun lalu orang-orang masih kesulitan untuk bepergian. Tak jarang mereka menggunakan sepeda ontel untuk bisa sampai ke tujuan. Akan tetapi semakin berkembangnya zaman menjadikan alat transportasi semakin canggih. Misalnya saja muncullah berbagai jenis sepeda motor dan mobil yang memudahkan kehidupan manusia.

    Setelah muncul berbagai jenis mobil maka di masa depan bisa jadi orang-orang akan lebih berpaling ke teknologi yang lebih canggih. Mungkin kamu sudah pernah mendengar mengenai teknologi tenaga surya berupa mobil bukan? Ya, kini orang-orang sudah mulai mengembangkan mobil dengan tenaga matahari. Bahkan bisa jadi di masa yang akan datang mobil dengan bantuan tenaga matahari ini akan sangat dicari.

    Sebenarnya inovasi mengenai pembuatan mobil dengan bantuan tenaga matahari bukan tanpa dasar. Mengingat manusia memang menggunakan bahan bakar fosil diperkirakan sebanyak 9,5 triliun kilometer. Jumlah tersebut setara dengan satu tahun cahaya. Sehingga banyak insinyur mulai berpikir guna mengembangkan teknologi yang lebih praktis. Jika mobil dengan tenaga matahari dikembangkan terus-menerus tentu akan menyelamatkan energi bahan bakar fosil.

    3. Jalan Tenaga Surya

    Jalan Tenaga Surya Teknologi Tenaga Surya yang Akan Berguna di Masa Depan

    Teknologi tenaga surya ini digunakan guna mengurangi atau mungkin menghilangkan efek gas rumah kaca dari hasil pembakaran bahan bakar fosil. Tepatnya di tahun 2016, para insinyur di amerika mulai mengembangkan jalan menggunakan tenaga matahari ini. Letaknya di Sandpoint Idaho. Panel surya yang digunakan pada jalan mulai direkayasa untuk menyaring salju yang mencair dan air badai.

    Selain itu mereka juga mulai mengganti kabel listrik yang berada di bawah tanah dan mulai menerangi jalan bagi para pengguna. Panel Surya dapat pula dimanfaatkan guna membangun tempat parkir. Jika teknologi ini dikembangkan dengan baik maka dapat menjadi alternatif guna menyelamatkan bahan bakar fosil yang kian menipis jumlahnya.

    4. Cat Surya

    Cat Surya Teknologi Tenaga Surya yang Akan Berguna di Masa Depan

    Teknologi tenaga surya yang satu ini meski terlihat sederhana akan tetapi memang luar biasa. Cat surya ini dapat menangkap energi dari matahari dan mengubahnya menjadi listrik kala diaplikasikan ke sebuah permukaan. Ada banyak miliaran partikel cahaya yang ada dalam cat ini guna menangkap energi.

    Perlu diketahui pula jika penggunaan cat ini hanya membutuhkan jasa seorang teknisi guna mengecat tembok rumah. Tentunya hal itu akan lebih mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan dibandingkan memasang panel surya.

    Sayangnya untuk saat ini teknologi tenaga surya ini masih belum bisa digunakan. Hal itu dikarenakan efisiensi dari cat ini hanya sekitar 3% sampai 8% saja. Maka dari itu terobosan teknologi ini hingga kini masih terus dikembangkan. Pastinya teknologi ini juga akan dikembangkan dengan teknologi yang canggih.

    5. Jendela Tenaga Surya

    Jendela Tenaga Surya Teknologi Tenaga Surya yang Akan Berguna di Masa Depan

    Seperti yang telah kita ketahui jika hingga ini para ilmuwan masih terus bekerja untuk mengembangkan berbagai teknologi terbaru. Terdapat sekelompok ilmuwan yang berasal dari National Renewable Energy Laboratory atau NREL telah menemukan sebuah inovasi terbaru. Ya, sekelompok ilmuwan tersebut telah menemukan jendela tenaga surya.

    Hebatnya teknologi tenaga surya ini mampu mengubah warna yakni yang awal nya transparan menjadi berwarna. Kalau kaca jendela tersebut berwarna maka saat itulah sedang terjadi pengubahan energi matahari menjadi energi listrik. Jendela tenaga surya ini dapat menghilan jaringan sumber fotovoltaik yang cukup besar. Pastinya dengan biaya yang hemat karena mengandalkan matahari.

    Itulah tadi berbagai teknologi tenaga surya yang akan sangat berguna di masa depan. Semoga melalui berbagai perkembangan di dunia teknologi menjadikan kehidupan manusia menjadi lebih baik lagi. Bagaimana, sudah siap mencoba berbagai terobosan teknologi terbaru di masa depan? Semoga ulasan ini dapat membantu kamu.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Teknologi Tenaga Surya yang Akan Berguna di Masa Depan"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel