Yamaha Xabre: Spesifikasi, Harga, dan Tips Modifikasi

Daftar Isi [Tutup]

    Yamaha Xabre: Spesifikasi, Harga, dan Tips Modifikasi - Pabrikan Yamaha saat ini memiliki berbagai macam lini produk yang menarik. Salah satunya adalah Yamaha Xabre yang merupakan motor sport naked. Motor yang pertama kali diluncurkan di tahun 2016 ini, sempat dikira tidak akan dijual lagi oleh Yamaha di tahun 2020.

    Namun, motor sport ini masih ada di berbagai dealer resmi Yamaha meski jumlahnya terbatas. Dengan demikian, Anda yang ingin memiliki motor tersebut masih mempunyai kesempatan untuk membelinya tahun ini.

    Desain dan Spesifikasi Yamaha Xabre

    Yamaha Xabre: Spesifikasi, Harga, dan Tips Modifikasi

    Di tahun 2019, para pengamat motor memperkirakan bahwa Xabre tidak akan dijual lagi di tahun 2020, karena Yamaha mengeluarkan motor sport naked baru, yaitu MT-15. Selain itu, penjualan Xabre juga kurang memuaskan. Namun, di tahun 2020 ini motor street fighter tersebut masih dijual dan Anda masih memiliki kesempatan untuk memilikinya.

    Motor sport naked tersebut memiliki berbagai keunggulan yang dapat dilihat dari desain dan spesifikasi, yakni:

    · Desain Yamaha Xabre

    Xabre memiliki tampilan yang gagah dan sporty dengan dimensi panjang 1959 mm, lebar 795 mm, tinggi 1065 mm, dan wheelbase 1350 mm. Desainnya secara khusus dibuat untuk menciptakan motor street fighter yang terlihat agresif. Xabre dibuat dengan rangka diamond, up side down shock breaker berdiameter 37 mm di bagian depan, dan stang lebar.

    Untuk menambah kesan garang pada motor sport tersebut, Yamaha menambahkan lampu depan dengan desain yang tajam, tangki tinggi, dan jok pengemudi dan pembonceng yang terpisah. Untuk warnanya, Yamaha menyediakan 3 pilihan warna, yaitu Silver White, Matte Red, dan Green Army.

    Stang lebar pada motor Yamaha tersebut tidak hanya membuat motor terlihat gagah dan sporty, namun juga membuat pengendara Xabre merasa lebih nyaman. Di sisi lain up side down shock pada produk besutan pabrikan Garputala ini akan membuat motor lebih stabil dan mudah dikendarai. Kestabilan motor ini juga ditunjang dengan aluminium rear arm yang ringan, namun kokoh.

    Lampu depan dan lampu belakang motor ini diklaim dapat memancarkan cahaya yang lebih terang, namun tidak boros energi karena menggunakan teknologi LED. Di samping itu, rider motor street fighter ini juga akan disuguhi dengan speedometer full LED. Speedometer yang terlihat modern ini sangat informatif bagi rider dan mudah dibaca.

    · Spesifikasi Yamaha Xabre

    Motor sport naked tersebut dilengkapi dengan mesin 4 langkah silinder tunggal yang sangat responsif dan menawarkan akselerasi memuaskan. Kapasitas mesin tersebut adalah 150 cc. Meski cc nya tergolong cukup besar, namun mesin ini irit bahan bakar dan dijamin awet serta tangguh.

    Xabre besutan Yamaha ini diklaim dapat menghasilkan power maksimal sebesar 16 hp,sehingga rider dapat memacunya dengan kencang hingga 140 km/jam. Untuk menunjang performa, motor tersebut memiliki tangki berkapasitas 10,2 L. Motor dengan transmisi manual 6 gear ini sudah dilengkapi dengan teknologi fuel injection dan sistem pendinginan cair.

    Sayangnya, untuk masalah fitur keamanan dan keselamatan, motor street fighter tersebut tidak memiliki fitur yang lengkap. Fitur safety & security yang ditawarkan hanyalah pass switch dan shutter lock, dengan central locking bersifat optional.

    Dengan spesifikasi diatas, Xabre dapat menjadi alternatif pilihan bagi para penggemar motor street fighter. Perlu diingat bahwa Yamaha hanya mengeluarkan tipe motor dengan kapasitas 150 cc, jadi Anda tidak memiliki pilihan untuk membeli Yamaha Xabre 250 cc. Jika menginginkan motor dengan cc besar, Anda dapat memilih line produk yang lain dari Yamaha.

    Harga Yamaha Xabre

    Yamaha Xabre: Spesifikasi, Harga, dan Tips Modifikasi

    Di tahun 2020 ini, Yamaha Xabre harga Jakarta berkisar Rp 30 juta. Patokan harga ini membuat motor street fighter tersebut tak jauh beda harganya dari YZF R15 dan MT 15 serta lebih mahal dari Yamaha Byson dan Vixion. Dengan demikian, Xabre ini bisa dibilang sebagai motor naked sport dengan harga yang cukup tinggi.

    Apabila budget anda terbatas atau tidak sampai pada angka Rp 30 juta, Anda tidak perlu khawatir. Anda tetap dapat memiliki motor ini meski dalam kondisi bekas. Yamaha Xabre bekas dijual dengan harga yang jauh lebih murah karena harga jual kembalinya sedang drop.

    Xabre bekas keluaran pertama, alias tahun 2016, dijual dengan harga kurang dari separuh harga baru, atau sekitar Rp 14 juta paling murah. Sedangkan Xabre keluaran 2017 atau 2018 dijual dengan harga sekitar 1Rp8 juta hingga RP20 juta. Semua harga tersebut tentu saja tergantung pada kelengkapan surat-surat maupun kondisi motor.

    Apabila Anda memilih untuk membeli Xabre bekas, sebaiknya segera mengurus mengganti nama STNK dan BPKB kendaraan tersebut. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot saat akan membayar pajak tahunan maupun lima tahunan dari motor tersebut.

    Tips Modifikasi Yamaha Xabre

    Yamaha Xabre: Spesifikasi, Harga, dan Tips Modifikasi

    Memiliki Yamaha Xabre modif tentu saja dapat membuat penampilanmu semakin keren saat mengendarainya. Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk memodifikasi motor street fighter yang satu ini.

    Anda tidak perlu melakukan modifikasi rumit pada motor jika hal tersebut tidak memungkinkan. Beberapa modifikasi sederhana sudah dapat membuat tampilan motor sport naked tersebut terlihat semakin keren.

    1. Memasang Aksesoris Asli Yamaha

    Salah satu cara sederhana untuk membuat Xabre terlihat lebih wah adalah dengan menambahkan beberapa aksesoris asli Yamaha. Salah satunya adalah Sakura Short Muffler Xabre F/S yang dapat membuat suara mesin Xabre Anda semakin merdu didengar serta membuat motor semakin powerful. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan guard engine, guard hand, dan satu set air intake.

    2. Melepas Spakbor Belakang

    Banyak pemilik Xabre merasa bahwa spakbor pada motor mereka tidak berfungsi dengan baik saat musim hujan. Meski spakbor terpasang, cipratan air dari ban belakang motor street fighter ini tetap mengenai pengendara lain dan orang yang dibonceng.

    Oleh karenanya, banyak orang yang memilih untuk melepas spakbor belakang xabre. Dengan dilepasnya bagian ini, Xabre yang Anda kendarai akan semakin terlihat seperti motor racing dan semakin cool. Namun, jika Anda tidak ingin cipratan air dari ban Yamaha Xabre modif Anda mengenai pengendara lain, Anda dapat memasang mud guard pada motor.

    3. Mengganti Ban dan Velg

    Xabre dilengkapi dengan velg racing berwarna hitam yang bagi beberapa rider mungkin terkesan sangat biasa. Jika Anda juga berpikir demikian, Anda dapat menggantinya dengan velg warna lain atau ukuran lain. Namun, jika menggantinya dengan velg berukuran lain, pastikan bahwa velg tersebut tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan Anda ketika berkendara.

    Selain mengganti velg, Anda juga dapat mengganti ban motor sport naked ini. Untuk memperoleh penampilan yang lebih gahar, pilihlah ban tahu sebagai penggantinya.

    Yamaha Xabre adalah motor street fighter yang memiliki kualitas baik dan performa memuaskan. Meski demikian, pasar motor street fighter Indonesia sepertinya kurang menyukai motor Pabrikan Yamaha tersebut. Hal ini dibuktikan dengan jumlah penjualan unit Xabre yang kalah jauh dari penjualan pesaingnya, Honda CBR150R Streetfire.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Yamaha Xabre: Spesifikasi, Harga, dan Tips Modifikasi"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel