Tips Touring dengan Motor Bebek

Daftar Isi [Tutup]

    Tips Touring dengan Motor Bebek - Salah satu hal paling menyenangkan bagi seorang pecinta riding adalah saat touring ke suatu tempat bersama-sama. Biasanya, motor yang digunakan adalah jenis motor sport atau motor gede. Namun, tidak menutup kemungkinan jika touring dilakukan dengan menggunakan motor bebek. Untuk itu, Anda harus mengikuti tips touring dengan motor bebek jika ingin melakukannya.

    Tips Touring dengan Motor Bebek

    Pasalnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan touring agar perjalanan yang akan ditempuh tetap aman dan menyenangkan. Beberapa hal tersebut meliputi kapasitas mesin, desain motor, posisi duduk, dll. Maka dari itu, silahkan simak artikel ini agar Anda dapat menjalani touring dengan motor bebek untuk perjalanan jauh.

    Tips Touring dengan Motor Bebek

    1. Kapasitas Mesin

    Tips Touring dengan Motor Bebek

    Pada umumnya, motor bebek hanya didesain untuk transportasi jarak dekat saja, sehingga kapasitas mesin yang disematkan tidak terlalu tinggi. Namun, ada beberapa motor bebek yang memiliki kapasitas mesin cukup tinggi. Jika Anda ingin melakukan touring menggunakan motor bebek, pastikan motor tersebut setidaknya memiliki kapasitas mesin sebesar 150 cc.

    Hal itu berkaitan dengan daya dorong mesin ketika berada di dataran tinggi atau medan-medan jalan tertentu yang akan maksimal jika ditempuh dengan motor berkapasitas tinggi. Tentu akan sangat mengganggu jika rombongan motor harus berhenti karena terjadi masalah pada salah satu motor dalam rombongan.

    2. Perhatikan Kondisi Rem

    Tips Touring dengan Motor Bebek

    Salah satu hal yang paling penting saat melakukan perjalanan adalah memastikan kondisi rem di motor Anda dalam keadaan prima. Pasalnya, akan ada banyak medan yang ditempuh selama perjalanan, mulai dari tikungan tajam hingga kawasan menurun yang membutuhkan performa rem yang baik untuk mengantisipasi laju motor yang tidak terkendali.

    Oleh karena itu, Anda harus memastikan kondisi rem depan dan juga belakang sebelum memulai perjalanan. Jika perlu, gunakan kampas rem baru jika memang perjalanan yang akan ditempuh cukup jauh dan memiliki kontur jalan yang bergelombang.

    3. Kondisi Mesin

    Tips Touring dengan Motor Bebek

    Selain memastikan kapasitas mesin motor harus tinggi, Anda juga harus memperhatikan kondisi mesin motor yang akan digunakan untuk touring. Sebaiknya Anda membawanya ke bengkel langganan terlebih dahulu untuk diperiksa segala kondisinya, seperti melakukan service ringan, mengganti oli, dll.

    Hal ini penting karena perjalanan saat touring pengendara kerap memforsir kekuatan mesin motor yang dimilikinya. Tentu saja akan terjadi masalah jika mesin tidak berada dalam kondisi yang baik. Jika sampai resiko touring motor tersebut kejadian, tentu akan sangat merepotkan untuk bisa memperbaikinya.

    4. Kenali Motor dengan Baik

    Tips Touring dengan Motor Bebek

    Sama seperti manusia, motor terkadang memiliki kondisi-kondisi tertentu yang membuatnya sedikit rewel saat digunakan. Jika Anda takut hal itu akan kambuh saat perjalanan, sebaiknya Anda membawa perlengkapan touring motor yang dibutuhkan untuk mengatasi hal tersebut. Hal ini berlaku untuk motor dengan masalah yang ringan saja dan bisa Anda atasi.

    Sebaliknya, jangan paksakan motor yang memang rawan terjadi kerusakan dan hanya bisa ditangani oleh pihak bengkel. Hal itu karena touring motor adalah ajang bagi para pecinta riding untuk menikmati keseruan bersama komunitas, sehingga akan jadi kurang berkesan jika terjadi banyak masalah di perjalanannya.

    Rekomendasi Motor Bebek Terbaik Untuk Touring

    Beberapa motor bebek memang dirancang dengan kapasitas mesin yang cukup tinggi dan bisa dijadikan sebagai kendaraan Anda saat touring. Untuk itu, pilihlah motor bebek yang memang dirancang untuk perjalanan jarak jauh.

    1. Yamaha Jupiter MX King 150

    Motor bebek pertama yang bisa Anda pilih adalah motor dari pabrikan Yamaha, yaitu Jupiter MX King 150. Bisa dikatakan jika sepeda motor ini adalah sepeda motor bebek paling tangguh untuk menemani perjalanan panjang Anda selama touring. Motor dengan mesin injeksi 150 cc ini terbukti sangat bertenaga dan dimaksimalkan dengan tampilannya yang sporty.

    Tenaga maksimal motor ini bisa mencapai 11,3 kw pada kondisi 8.500 rpm. Sementara torsi puncak bisa mencapai 13,8 Nm di 7.000 rpm. Selain itu, motor ini sudah menggunakan velg tubeless dengan ukuran 17 inci dan menggunakan lampu LED di bagian depan. Hal ini membuat motor Jupiter MX King 150 bisa Anda gunakan mengarungi medan siang dan malam.

    2. Honda Sonic 150 R

    Dari pesaing utama Yamaha juga tidak kalah dalam mengeluarkan motor-motor tangguh khususnya motor bebek yang bisa Anda gunakan untuk touring. Salah satu yang bisa Anda pilih adalah Honda Sonic 150 R. Motor ini berkapasitas 150 cc dengan tenaga maksimalnya mencapai 11,8 kw atau sebanding dengan 16 PS di 9.000 rpm. Sementara torsi maksimal hingga 13,5 Nm di 6.500 rpm.

    Ada 6 tingkatan perpindahan gigi yang disediakan oleh motor ini, yaitu 1-N-2-3-4-5-6 dengan kecepatan maksimalnya yang mencapai 178 km/jam saat diuji melalui dynotest beberapa waktu yang lalu.

    3. Honda Supra X 125 FI

    Motor bebek berikutnya yang cukup tangguh untuk Anda gunakan touring adalah Honda Supra X 125 FI. Sama seperti yang sudah dijelaskan pada tips touring motor jarak jauh di atas, bahwa sebuah motor bebek harus memiliki tenaga yang cukup untuk mampu melakukan perjalanan jauh. Hal yang cukup mengesankan bahwasanya Honda Supra X 125 FI ini bisa memenuhi itu semua.

    Salah satu keunggulan motor ini adalah fitur PGM-FI yang membuat penggunaan bahan bakar di motor ini begitu irit. Hal itu karena proses pembakaran yang dilakukan motor ini sangat sempurna. Setidaknya motor ini mampu menempuh jarak 61,8 km setiap liternya. Tentu saja Anda bisa menempuh jarak cukup jauh tanpa harus bolak-balik mengisi bensin.

    4. Yamaha Jupiter Z1

    Satu lagi merk motor dari Yamaha bisa melakukan perjalanan jauh adalah Yamaha Jupiter Z1. Secara spesifikasi, motor ini merupakan pesaing utama dari Supra X 125 milik Honda. Motor berkapasitas mesin 125 cc ini mampu menghasilkan tenaga 7,4 kw di 7.750 rpm dengan torsi maksimal 9,8 Nm di 6.750 rpm.

    Teknologi Forged Piston pada motor ini membuatnya lebih ringan, awet dan juga kuat. Hal inilah yang menjadi alasan Yamaha Jupiter Z1 bisa Anda gunakan untuk mengarungi perjalanan panjang saat touring. Untuk mendapatkan motor ini, setidaknya Anda harus mengeluarkan biaya sebesar 17 jutaan.

    5. Honda Supra GTR 150

    Meski penjualan motor ini masih kalah dengan Yamaha Jupiter MX King 150, tetapi secara spesifikasi keduanya dapat diadu. Motor ini mampu menghasilkan tenaga 12 kw di 9.000 rpm dengan torsi maksimalnya di angka 14,2 di 6.500 rpm. Bagian depan motor sudah dilengkapi lampu LED sebagai penerangan dan ban tubeless yang tangguh mengarungi berbagai medan yang akan dilaluinya.

    Desainnya yang sporty sangat cocok dijadikan motor bebek untuk touring, apalagi di bagian roda depan dan belakang sudah disematkan rem cakram hidrolik yang akan memaksimalkan performanya di jalanan.

    Beberapa tips touring dengan motor bebek di atas sebaiknya Anda perhatikan jika memang jenis motor tersebut yang ingin Anda gunakan. Meski begitu, Anda juga bisa mencari tips touring motor matic karena saat ini banyak pabrikan yang mulai mengeluarkan seri matic yang cukup tangguh, seperti Nmax dari Yamaha atau PCX dari Honda.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Tips Touring dengan Motor Bebek"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel