Persiapan Motor untuk Perjalanan Jauh

Daftar Isi [Tutup]

    Berpergian menggunakan motor merupakan salah satu cara yang menyenangkan dan praktis. Selain biayanya lebih murah, perjalanan menggunakan motor akan lebih cepat dibandingkan dengan kendaraan lainnya. Persiapan motor untuk perjalanan jauh sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut bertujuan agar perjalanan Anda tidak terganggu karena motor yang bermasalah.

    Hal yang Harus Dicek pada Motor Sebelum Perjalanan Jauh

    Hal yang Harus Dicek pada Motor Sebelum Perjalanan Jauh

    Sebelum melaksanakan perjalanan jauh Anda harus mengecek beberapa hal penting pada motor. Perawatan motor untuk jarak jauh dapat Anda lakukan sendiri maupun di bengkel. Akan tetapi, Anda juga harus tahu apa saja yang harus dicek pada motor sebelum melakukan perjalanan jauh. Berikut beberapa pengecekan motor sebelum touring:

    1. Komstir

    Mengecek sektor kemudi motor merupakan hal yang sangat penting sebelum bepergian. Hal ini bertujuan supaya Anda bisa melakukan handling dengan nyaman, terutama pada bagian komstir. Apabila komstir motor Anda terasa oblak, maka hal ini harus segera ditangani.

    2. Sistem Penerangan atau Lampu

    Persiapan motor untuk perjalanan jauh yang tak kalah penting dengan komstir ialah pada sistem penerangannya. Mengecek kondisi lampu bertujuan agar perjalanan Anda di malam tetap nyaman dan aman.

    Lampu yang wajib dicek adalah stoplamp, sein, dan headlamp. Selain mengecek lampu, Anda juga harus memastikan bahwa saklarnya berfungsi dengan baik.

    3. Klep

    Keadaan klep yang terlalu rapat dapat menyebabkan mesin akan cepat panas serta akselerasinya lemot. Sedangkan ketika klep renggang, dapat menimbulkan suara nyaring yang disebabkan oleh benturan antara rocker arm dan klep. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga mengecek dan menyetel klep sesuai dengan standarnya.

    4. Busi

    Sebelum melakukan perjalanan jauh sebaiknya Anda mengganti busi motor. Busi yang terlihat masih bagus bisa saja umur penggunaannya tinggal sebentar. Pada umumnya busi harus diganti setiap menempuh jarak sekitar 7.500 km.

    5. CVT

    Jika Anda ingin menggunakan motor matic untuk perjalanan jauh, maka Anda wajib untuk mengecek sektor CVT. Jika v-belt motor Anda sudah retak sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Hal tersebut bertujuan agar tidak putus pada saat digunakan perjalanan jauh.

    6. Ban

    Ban juga merupakan yang penting ketika ingin berkendara jarak jauh. Apabila ban yang permukaannya sudah tipis, maka daya cengkramnya sudah tidak optimal. Anda dapat mengecek ban dengan cara melihat kembang ban atau indikator segitiga yang terdapat pada ban.

    Indikator segitiga yang ada pada ban berfungsi untuk menunjukan apakah ban motor masih layak digunakan atau tidak. Jika ketebalan ban telah mengenai indikator segitiga, maka ban harus boleh diganti.

    Sedangkan kembang ban yang sudah rata atau terhapus menunjukkan bahwa ban harus segera diganti. Selain mengecek ketebalan ban, Anda juga harus cek tekanan angin. Sebaiknya tekanan angin pada ban disesuaikan dengan beban yang akan dibawa.

    7. Filter Oli

    Servis motor untuk perjalanan jauh kali ini ditujukan kepada Anda yang menggunakan motor sport. Pengecekan filter oli bertujuan untuk menjaga kelancaran sirkulasi oli dan pelumasnya. Idealnya ganti filter oli dilakukan setiap 2 hingga 3 kali penggantian oli pada mesin.

    8. Oli Mesin

    Salah satu efek naik motor jarak jauh ialah oli mesin tidak dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu, ketika Anda ingin menggunakannya lagi untuk perjalanan jauh harus diganti oli mesinnya. Pabrik motor pun juga menyarankan agar oli mesin selalu diganti secara berkala.

    9. Gir dan Rantai

    Gir motor yang sudah lancip menunjukkan keausan dan harus diganti, baik depan maupun belakang. Sedangkan rantai motor harus diganti pada saat sudah kendur walaupun disetel hingga mentok.

    10. Filter Udara

    Fungsi filter udara pada motor ialah untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin. Filter udara berperan menyaring kotoran udara agar tidak masuk ke dalam mesin motor. Apabila terdapat kotoran yang masuk dapat mengakibatkan gangguan pada proses pembakaran.

    Oleh karena itu, Anda harus mengecek part filter udara motor sebelum melakukan perjalanan jauh. Anda juga harus memahami dimana letak filter udara motor Anda, karena setiap motor mempunyai filter udara yang letaknya berbeda-beda. Tidak perlu mengganti filter udara yang baru, Anda hanya perlu membersihkan atau mencuci saja.

    Pada umumnya filter udara dibersihkan dengan menggunakan air atau bensin. Akan tetap, Anda harus meniup debu kotoran pada filter udara dengan menggunakan angin kompresor terlebih dahulu. Setelah dibersihkan dengan air atau bensin, tunggulah hingga kering baru boleh dipasang kembali.

    11. Sistem Pengereman

    Cek motor sebelum perjalanan jauh juga harus dilakukan pada bagian sistem pengereman. Jika rem dapat berfungsi dengan baik, maka berkendara akan menjadi lebih tenang. Hal yang harus diperiksa pada sistem pengereman di antaranya ialah kampas rem, piston, cakram, handle rem, kaliper rem, dan minyak rem.

    Anda harus memastikan bahwa posisi handle rem sudah diatur, sehingga nyaman digunakan. Kampas rem harus segera diganti jika sudah tipis supaya dapat meminimalisir kerusakan cakram. Selain itu, cakram rem juga harus dipastikan ketebalannya tidak berkurang dan tidak terdapat goresan.

    12. Kopling dan Kabel Gas

    Kabel gas maupun kabel kopling harus selalu dibersihkan secara berkala. Hal tersebut bertujuan agar tidak rusak saat digunakan perjalanan jauh. Kotoran atau karat yang ada pada kopling dapat menyebabkan putusnya kabel.

    13. Oli Gardan

    Bagi Anda pengguna motor skutik, Anda harus selalu memperhatikan oli gardan. Pada umumnya pabrik akan menganjurkan untuk mengganti oli gardan setiap 8.000 km sekali. Sebaiknya Anda mengganti oli gardan sebelum melakukan perjalanan jauh.

    14. Aki

    Persiapan motor untuk perjalanan jauh yang terakhir adalah pada bagian aki. Kotak kecil berwarna hitam atau biasa disebut dengan aki ini mempunyai peranan penting untuk motor. Tanpa adanya aki motor tidak akan bisa nyala dan jalan mesinnya. Aki yang sudah lama digunakan atau kadaluarsa harus segera diganti.

    Hal tersebut dikarenakan aki yang kadaluarsa sudah menurun daya listriknya. Apalagi untuk motor injeksi, jika aki sudah kadaluarsa, maka motor benar-benar tidak bisa digunakan. Jika Anda tidak ingin mengganti aki, Anda bisa melakukan charge pada aki agar dapat berfungsi kembali.

    Menggunakan Motor Matic Untuk Perjalanan Jauh

    Menggunakan Motor Matic Untuk Perjalanan Jauh

    Seringkali timbul pertanyaan apakah motor matic kuat untuk perjalanan jauh. Touring atau perjalanan jauh menggunakan motor tidak hanya dapat memakai motor gede saja, akan tetapi Anda bisa memakai motor matic. Bahkan kini banyak orang yang lebih tertarik menggunakan motor matic karena terkesan lebih praktis.

    Baik pria maupun wanita sudah banyak yang memilih menggunakan motor matic. Sebenarnya tips perjalanan jauh dengan motor matic hampir sama dengan yang telah dibahas sebelumnya. Anda harus memperhatikan dengan baik keadaan motor matic Anda sebelum digunakan perjalanan jauh.

    Mengecek beberapa bagian motor yang vital merupakan hal yang sangat penting sebelum melakukan perjalanan jauh. Anda harus selalu memastikan bahwa motor yang akan Anda gunakan dalam keadaan sehat. Dengan begitu, perjalanan jauh Anda akan semakin menyenangkan, aman, dan nyaman.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Persiapan Motor untuk Perjalanan Jauh"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel