Helm Keren Untuk Anak Muda

Daftar Isi [Tutup]

    Saat membeli sepeda motor, salah satu aksesoris yang kerap ditambahkan dalam paket pembelian adalah helm. Sayangnya, banyak anak muda yang kurang suka dengan desain helm bawaan tersebut. Meski begitu, masih ada banyak helm keren untuk anak muda yang bisa ditemukan di luar sana. Jika Anda juga sedang mencarinya, ada beberapa merk yang bisa Anda pilih.

    Saat ini, semua helm umumnya sudah memenuhi standar keamanan dari SNI. Hanya saja, segi desain adalah nilai lebih yang coba ditonjolkan oleh beberapa pabrikan helm. Beberapa helm bahkan memiliki fitur tambahan yang membuatnya semakin keren dan cocok digunakan anak muda. Dengan begitu, pengalaman berkendara tidak hanya aman, tetapi juga stylish.

    Merk Helm Keren untuk Anak Muda

    Sebagian besar anak muda kurang menyukai helm SNI dengan desain yang terlalu umum. Mereka lebih suka desain helm yang stylish dan cocok dengan jenis motor yang mereka pakai. Beberapa merk helm berikut menawarkan pilihan helm yang keren dan cukup disukai anak muda:

    1. KYT

    Helm Keren Untuk Anak Muda

    Helm KYT merupakan salah satu merk helm yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Umumnya, helm ini dirancang dengan desain yang sporty dan cocok untuk jenis motor sport atau dengan cc tinggi. Meski begitu, KYT juga memiliki beberapa motif helm keren simple yang bisa digunakan oleh siapapun.

    Salah satu seri produk dari KYT yang cukup diminati adalah KYT Kyoto. Helm ini bertipe half face dengan beberapa lubang ventilasi yang membuatnya tidak gerah saat dipakai. Sangat cocok digunakan sehari-hari karena bobotnya yang ringan dan nyaman saat digunakan. Harga yang ditawarkan berada di sekitar Rp285.000,00 – Rp350.000,00.

    2. MDS Zarra

    Helm Keren Untuk Anak Muda

    Jika Anda mencari helm keren untuk wanita, maka merk helm satu ini adalah salah satu pilihannya. Helm bertipe half face ini memiliki desain yang simple, namun stylish dan bisa Anda gunakan sehari-hari. MDS Zarra hadir dengan beberapa pilihan warna, seperti pink, merah, putih, dan juga hitam. Harganya pun tidak terlalu mahal, sekitar Rp285.000,00 saja.

    3. Helm Retro Bogo

    Helm Keren Untuk Anak Muda

    Helm selanjutnya yang menjadi salah satu helm paling populer di kalangan anak muda adalah helm Retro Bogo. Helm ini memiliki desain klasik yang sangat diminati oleh pengguna wanita, dan menjadikannya sebagai salah satu helm keren untuk motor matic.

    Salah satu pemandangan yang sangat sering kita jumpai saat berada di jalanan, yaitu pengendara wanita dengan motor matic dan helm bogo miliknya. Helm ini sudah memiliki lisensi SNI dan memiliki standar keamanan yang baik. Harga yang ditawarkan berkisar di harga Rp215.000,00 – Rp230.000,00.

    4. INK

    Helm Keren Untuk Anak Muda

    Salah satu helm yang memiliki material pelindung dan juga desain yang cukup sporty terbaik bisa dikatakan adalah helm-helm buatan INK. Pasalnya, helm INK memiliki bagian tempurung yang keras dan kuat, sehingga mampu melindungi kepala dari benturan. Helm ini cukup diminati para rider untuk digunakan saat melakukan perjalanan panjang.

    Meski begitu, desain yang lebih sederhana dan bisa digunakan untuk keperluan harian juga banyak tersedia. Bisa dikatakan bahwa helm INK merupakan helm anak muda jaman sekarang karena sudah tak terhitung jumlah penggunanya terutama di kalangan muda. Harga yang ditawarkan juga cukup variatif, mulai dari Rp100.000,00 hingga jutaan.

    5. NHK R1 Pinlock

    Helm Keren Untuk Anak Muda

    Salah satu seri dari NHK, yaitu NHK R1 Pinlock, merupakan salah satu helm yang cukup menarik perhatian. Helm ini tidak saja diminati oleh pria, tetapi juga merupakan salah satu helm keren untuk anak muda perempuan. Desainnya sangat sporty dengan pilihan warna solid dan juga aerostyle.

    NHK R1 Pinlock sudah dilengkapi dengan double visor yang bisa melindungi Anda dari debu dan juga terik matahari. Kelebihan lainnya ada pada lensa anti kabut yang juga disematkan di dalam helm ini agar embun tidak menempel dan menghalangi pandangan mata. Helm ini dibanderol dengan harga Rp310.000,00 – Rp325.000,00.

    Standar Helm Nasional

    Dalam pembuatan helm di Indonesia, sudah ada pedoman yang harus ditaati oleh siapapun pabrikannya. Pedoman tersebut mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) yang sudah ditetapkan pemerintah. Jika dahulu kita masih sering menjumpai helm ciduk yang digunakan untuk pesepeda motor, maka kini jauh lebih aman dengan desain helm full face dan half face.

    Dari segi bahan pembuatan helm, ada 3 hal yang harus dipenuhi, di antaranya:
    1. Berbahan kuat tetapi bukan logam dan harus bertahan pada suhu 0–55 derajat Celcius, tidak terpengaruh oleh bensin dan sabun/deterjen, serta bisa bertahan dari paparan ultraviolet.
    2. Bahan yang melengkapinya harus tahan dari proses pelapukan, suhu ekstrim, dan juga air.
    3. Material yang ada di dalam, khususnya yang bersinggungan dengan kepala/tubuh si pemakai tidak boleh menyebabkan iritasi, dan tidak boleh berubah kekuatan perlindungannya akibat keringat, lemak, atau minyak dari pemakai.

    Untuk segi konstruksi, beberapa hal berikut harus dipenuhi dalam proses pembuatannya:
    1. Helm harus memiliki tinggi setidaknya 114 mm dari bagian atas helm hingga ke bidang utamanya.
    2. Helm harus memiliki bagian pelindung keras dan halus di bagian tempurung, memiliki lapisan lunak sebagai peredam, dan memiliki tali untuk menguncinya di bagian dagu.
    3. Harus memiliki pelindung untuk telinga, bagian leher harus tertutup dengan baik, serta terdapat pelindung untuk dagu.
    3 poin di atas adalah poin penting dalam penerapan standar pembuatan helm di Indonesia. Poin-poin tambahan secara teknis terdapat pada penetapan SNI 1811-2007. Standar ini berpedoman pada Economic Community of Europe (ECE) dengan 2 model yang diizinkan, yaitu full face dan juga half face.

    Tips Memilih Helm

    Terdapat banyak helm yang bisa Anda pilih di pasaran. Namun, tidak semua jenis bisa Anda pakai. Untuk itu, Anda perlu memastikan beberapa hal berikut sebelum membeli helm baru:

    1. Berlisensi SNI

    Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah adanya lisensi SNI yang sudah didapatkan untuk helm yang ingin dibeli. Pasalnya, helm dengan lisensi SNI sudah memenuhi standar keamanan yang ditetapkan sehingga saat terjadi benturan yang cukup keras dapat mengurangi dampak kerusakan yang ditimbulkan.

    2. Kegunaan

    Ada 2 model helm yang bisa dipilih, yaitu helm half face dan juga full face. Untuk penggunaan sehari-hari di dalam kota, helm half face adalah helm yang cukup efektif untuk dipilih. Namun jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh, seperti touring atau keluar kota, maka helm full face adalah pilihan yang terbaik.

    3. Sesuaikan Ukuran

    Apapun helm yang akan digunakan, pastikan helm tersebut memiliki ukuran yang sesuai dengan kepala Anda. Jika terlalu kecil, tentu Anda akan merasa tidak nyaman dan pusing jika menggunakannya terlalu lama. Apalagi jika terlalu besar, helm akan mudah bergeser dan justru berbahaya jika terjadi benturan yang keras karena rawan untuk terlepas.

    4. Desain

    Ada banyak desain yang bisa Anda pilih. Hal yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan dengan bentuk tubuh Anda agar terlihat proporsional. Jika ingin menambah keren, pastikan juga untuk menyesuaikan dengan jenis motor yang Anda gunakan.

    Menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor adalah kewajiban dari setiap pengguna jalan raya. Untuk itu, pastikan Anda selalu memakainya kapanpun dan dimanapun Anda pergi. Terlebih saat ini banyak beredar helm keren untuk anak muda yang tidak saja memberikan keamanan, tetapi juga memaksimalkan penampilan saat berkendara.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Helm Keren Untuk Anak Muda"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel