Hal yang Sering Sekali Diremehkan, Ini 5 Efek Telat Ganti Oli Motor

Daftar Isi [Tutup]

    Hal yang Sering Sekali Diremehkan, Ini 5 Efek Telat Ganti Oli Motor - Untuk beberapa pemilik atau pengendara motor pria, bagasi dalam motor biasa terdapat beberapa alat atau perlengkapan standar. Namun, hal berbeda dapat terjadi pada motor yang dimiliki oleh kaum wanita. Hal ini wajar dikarenakan tak banyak wanita yang mengerti apalagi menguasai banyak hal mengenai mesin motor.

    Dengan memiliki sedikit pengetahuan mengenai motor dan juga benda atau peralatan standar, Anda tak akan panik saat motor mengalami masalah. Apalagi jika sedang dalam perjalanan jauh dan tak tahu bengkel terdekat untuk memperbaikinya.

    Memiliki motor memang saat menyenangkan apalagi jika masih dalam kondisi baru atau prima. Tapi hal tersebut akan lain ceritanya jika Anda mulai telat ganti oli motor. Jika motor telah dimiliki selama beberapa tahun atau sering digunakan untuk perjalanan jauh, tak sedikit yang mulai merasakan adanya perbedaan. Dengan perawatan rutin ke service center atau bengkel resmi, maka motor dapat selalu prima.

    Agar performance mesin kendaraan Anda tetap terjaga maksimal, perlu adanya perawatan rutin atau berkala terhadap kendaraan tersebut, baik mobil ataupun sepeda motor. Untuk kendaraan roda dua atau motor, selain perawatan berupa servis kendaraan yang biasanya rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali, Anda juga mesti rajin mengganti oli motor Anda.

    Di dalam buku panduan manual servis biasanya tertera waktu kapan Anda harus mengganti oli mesin motor Anda, yaitu apabila motor telah menempuh jarak sejauh empat ribu kilometer. Namun, Anda juga bisa menggantikan oli mesin meskipun belum mencapai jarak tempuh tersebut, yaitu jika motor Anda sering digunakan dengan intensitas tinggi.

    Tak sedikit orang atau pengguna motor yang abai terhadap oli mesin kendaraannya. Padahal, mesin membutuhkan perawatan yang baik agar performanya tetap maksimal. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengganti oli jika telah sampai pada waktunya. Jika telat ganti oli motor, akan ada efek terhadap mesin yang sering diabaikan oleh pengguna.

    Oli mesin yang telah melewati batas dan terlalu lama digunakan akan memberikan buruk terhadap kinerja mesin motor Anda. Berikut lima efek buruk jika tidak mengganti oli mesin motor secara rutin, yang sering diabaikan oleh para pengguna:

    Overheating atau Kepanasan

    Hal yang Sering Sekali Diremehkan, Ini 5 Efek Telat Ganti Oli Motor

    Efek buruk pertama saat Anda tidak mengganti oli mesin tepat waktu adalah mesin motor akan mengalami overheating atau mesin kepanasan. Oli difungsikan sebagai pelumas untuk mendinginkan mesin. Maka, jika oli dalam kondisi buruk dan berkurang volumenya, mesin tidak akan dapat didinginkan dengan baik.

    Akibat kondisi demikian, mesin motor Anda akan mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh gesekan halus tanpa oli pelumas tersebut. Lama-kelamaan, silinder mesin akan melengkung dan membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk memperbaikinya.

    Bahan Bakar Lebih Boros

    Hal yang Sering Sekali Diremehkan, Ini 5 Efek Telat Ganti Oli Motor

    Efek buruk kedua jika Anda telat ganti oli motor adalah borosnya penggunaan bahan bakar pada motor Anda. Ketika oli yang lama tidak Anda ganti maka akan membuat kinerjanya jadi berkurang sehingga untuk gesekan setiap komponen mesin pasti akan semakin berat serta juga kasar. Hal itu mengakibatkan tarikan mesin menjadi lebih berat sehingga bisa meningkatkan penggunaan bahan bakar.

    Mati Mendadak Ketika Dikendarai

    Hal yang Sering Sekali Diremehkan, Ini 5 Efek Telat Ganti Oli Motor

    Kadar oli yang berkurang akibat penguapan akan menyebabkan motor menjadi sulit untuk dinyalakan. Selain itu, mesin motor juga akan sering mati tiba-tiba. Terlebih apabila Anda menggunakan atau mengendarai motor dengan jarak tempuh yang cukup jauh. 

    Usia Motor Lebih Pendek

    Hal yang Sering Sekali Diremehkan, Ini 5 Efek Telat Ganti Oli Motor

    Telat ganti oli motor juga akan membuat usia motor tidak lama. Gesekan antar komponen akan terjadi akibat kadar oli berkurang dan volumenya sedikit sehingga menimbulkan bunyi. Apabila kondisi tersebut dibiarkan, akan dapat membuat komponen mesin menjadi rusak dan usia motor tidak akan lama. Jika sudah begitu, motor Anda harus turun mesin agar tetap dapat digunakan. 

    Harga Motor Turun Drastis

    Hal yang Sering Sekali Diremehkan, Ini 5 Efek Telat Ganti Oli Motor

    Tak hanya harga turun mesin yang cukup mahal, tetapi motor yang telah banyak mengalami kendala karena jarang ganti oli akan cukup sulit untuk menjualnya kembali. Meskipun terjual, harganya akan sangat turun drastis dan jauh dari harga pasaran motor bekas.

    Sampai saat ini pun, tak sedikit orang yang sering telat ganti oli motor. Padahal, oli motor memiliki pengaruh terhadap performa mesin. Daripada Anda mengeluarkan uang cukup besar untuk turun mesin, lebih baik jika rutin mengganti oli jika sudah waktunya. Sayangi motor Anda dengan rutin mengganti oli dan servis.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Hal yang Sering Sekali Diremehkan, Ini 5 Efek Telat Ganti Oli Motor"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel