Gunakan Cara Ini Untuk Membuat Motor Lebih Irit - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Gunakan Cara Ini Untuk Membuat Motor Lebih Irit

Bahan bakar untuk kendaraan bermotor semakin mahal. Sehingga kini banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuat kendaraan motor lebih irit.
Gunakan Cara Ini Untuk Membuat Motor Lebih Irit - Penggunaan kendaraan bermotor saat ini memang sudah semakin berkembang. Bahkan sudah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi para pekerja yang setiap harinya menempuh perjalanan jauh. Meskipun ada banyak jenis transportasi lain yang mungkin bisa digunakan, namun motor tetap menjadi pilihan karena lebih praktis dan cocok untuk kejar waktu.

Akan tetapi, dengan menggunakan motor tentu anda akan lebih memikirkan biaya pengeluaran untuk mengisi bahan bakarnya. Dan seperti yang telah diketahui, bahan bakar untuk kendaraan bermotor juga semakin mahal. Sehingga kini banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuat kendaraan motor lebih irit.

Mengingat kebutuhan yang semakin mendesak dan bahan bakar juga tak tentu naik turunya harga, maka beberapa cara untuk membuat sebuah motor menjadi irit adalah salah satu solusi yang diperlukan saat ini. ada sebagian motor yang memang sudah diseting irit dari pabrikan, namun tak sedikit juga motor yang sangat boros. Sehingga anda perlu mengakalinya untuk membuatnya lebih irit.

Cara Membuat Motor Irit BBM

Gunakan Cara Ini Untuk Membuat Motor Lebih Irit

Untuk membuat motor lebih irit, ada beberapa bagian yang perlu anda setting agar menjadikan motor anda tidak terlalu banyak memakan BBM. Jika anda tidak bisa melakukannya, anda cukup membawanya ke bengkel dan mintalah untuk mengatur beberapa bagian di bawah ini:

Kerapatan klep

Gunakan Cara Ini Untuk Membuat Motor Lebih Irit

Dalam proses pembakaran yang menghasilkan kekuatan mesin ketika berjalan, klep ini memiliki peranan yang sangat penting. Dimana semburan dari bahan bakar sebelum diolah menjadi sebuah tenaga mesin awal mulanya berasal dari bagian klep tersebut. Untuk membuatnya menjadi irit, anda cukup mengatur kerapatan daripada klep tersebut. Atur saja pada posisi yang memungkinkan klep masih bisa menyemburkan bensin secara ideal. Sebab jika terlalu rapat maka bensin juga tidak akan menyembur yang mengakibatkan motor anda tidak akan bisa berjalan.

Pengaturan karburator

Gunakan Cara Ini Untuk Membuat Motor Lebih Irit

Pada sepeda motor yang masih menggunakan sistem karbu, bagian ini merupakan part penting untuk membuat motor lebih irit. Pasalnya di bagian inilah BBM akan ditampung sebelum akhirnya menjadi bahan pembakaran. Pada bagian karbu ini terdapat pelampung yang memiliki fungsi sebagai pengatur sedikit banyaknya bensin yang masuk ke bagian reservoir.

Dengan mengatur pelampung yang sempit, maka bensin yang akan masuk juga semakin sedikit. Secara otomatis motor anda akan menjadi lebih irit. Akan tetapi, jika dalam pengaturannya terlalu sempit, maka justru motor akan tersendat-sendat karena kekurangan pasokan BBM yang seharusnya terpenuhi. Maka pengaturan pada bagian ini harus anda lakukan secara teliti dan presisi.

Penggunaan oli

Gunakan Cara Ini Untuk Membuat Motor Lebih Irit

Ternyata penggunaan oli juga mempengaruhi dan bisa membuat motor lebih irit. Dalam hal ini, fungsi dari oli adalah sebagai pelumas yang mampu membuat gesekan antar bagian pada mesin menjadi lebih mudah. Dengan menggunakan oli yang berkualitas, maka gesekan yang terjadi bisa di minimalkan, sehingga setiap bagian pada mesin akan dapat bekerja lebih optimal.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan waktu pergantian oli anda. Pasalnya oli sendiri hanya bisa berfungsi maksimal untuk menempuh jarak tertentu. Pada umumnya, standar penggantian oli wajib anda lakukan saat motor anda sudah menempuh jarak kurang lebih 1.500 hingga 2.000 km.

Penggunaan busi

Gunakan Cara Ini Untuk Membuat Motor Lebih Irit

Busi juga memiliki peranan penting untuk membuat motor lebih irit. Dimana penggunaan busi yang berkualitas akan mampu membuat proses pengapian dan pembakaran pada kendaraan motor anda lebih maksimal. Sehingga memungkinkan untuk lebih memperirit BBM yang anda gunakan.

Pengaturan gas

Gunakan Cara Ini Untuk Membuat Motor Lebih Irit

Saat berkendara, anda tidak dianjurkan untuk terlalu menggeber gas secara mendadak. Karena jika anda menarik gas secara mendadak, maka bahan bakar yang masuk dalam proses pembakaran didalam mesin juga akan semakin banyak. Hal tersebut akan membuat motor anda lebih boros.

Beberapa faktor diatas bisa anda coba untuk membuat motor lebih irit. Dengan kendaraan bermotor yang irit, tentu anda akan lebih mudah dalam memanage pengeluaran khusus untuk motor anda. Sehingga saat anda gunakan, anda juga tidak terlalu terbebani dengan ongkos untuk pembelian BBM yang semakin mahal.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar