Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

Daftar Isi [Tutup]

    Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mewujudkan impian memiliki rumah. Anda bisa membelinya secara tunai atau kredit. Bagi Anda yang berpenghasilan rendah tidak perlu cemas. Ada program pemerintah dari Kementerian Umum Perumahan Rakyat (KUPR) yang menyediakan rumah subsidi dengan harga terjangkau.

    Memiliki rumah subsidi bukan berarti Anda tidak boleh melakukan renovasi. Ada aturan khusus yang harus dipatuhi jika ingin melakukan perubahan. Misalnya dilarang membuat rumah bertingkat atau renovasi total. Biasanya, dibagian belakang rumah terdapat sisa lahan kosong. Anda bisa merubahnya menjadi sebuah ruangan yang bermanfaat. Beberapa ide yang bisa diterapkan diantaranya adalah:

    Taman

    Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

    Bagian belakang rumah bisa bermanfaat untuk memperlancar peredaran sirkulasi udara di rumah. Caranya adalah dengan menjadikan lahan tersebut sebagai area terbuka dan menciptakan sebuah taman yang asri.

    Taman tersebut bisa dibentuk menyesuaikan ukuran lahan, misalnya menjadi mini garden atau vertical garden. Kehadiran taman ini bisa semakin mempercantik interior rumah Anda. Untuk jenis tanamannya, Anda bisa memilih tanaman hias seperti mawar, lavender, adenium, melati, dan sebagainya.

    Kolam Ikan

    Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

    Anda bisa melakukan renovasi rumah subsidi bagian belakang dan sisa lahan yang tersedia dengan membuat kolam ikan. Agar terlihat lebih indah, tambahkan unsur batu atau kayu pada kolam tersebut dan pada bagian tengahnya diberi air mancur kecil. Untuk jenis ikan yang akan dipelihara, Anda bisa memasukkan ikan hias atau ikan yang bisa dikonsumsi seperti ikan mas, gurame, patin, dan lain-lain.

    Lahan Hijau

    Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

    Selain membuat taman, Anda juga bisa menciptakan lahan hijau di belakang rumah. Caranya adalah dengan memberi dekorasi rumput dan ditambahkan dengan berbagai tanaman obat. Untuk lebih praktisnya, Anda bisa menggunakan rumput sintetis agar terkesan hijau dan asri.

    Taman Bermain Anak

    Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

    Ide lain yang bisa diterapkan untuk renovasi rumah bagian belakang adalah dengan merombaknya menjadi sebuah arena bermain untuk anak. Anda bisa menambahkan ayunan, perosotan plastik, atau fasilitas bermain lainnya. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan lahan yang tersedia agar tidak terkesan penuh.

    Untuk lebih amannya, hindari menggunakan tanaman berduri di bagian ini. Lebih baik jika Anda membuat dinding tembok yang tinggi agar ruangan tampak lebih luas. Pada bagian penutupnya, disarankan untuk menggunakan kaca atau fiber agar pencahayaannya menjadi lebih baik.

    Dapur Mini

    Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

    Ide renovasi rumah subsidi bagian belakang berikutnya adalah dengan membuat dapur mini atau pantry minimalis. Anda bisa menggunakan konsep terbuka untuk area memasak Anda. Selain memiliki daya tarik tersendiri, dapur mini dengan konsep terbuka ini membuat sirkulasi udara tetap terjaga.

    Asap dari hasil masakan tidak akan masuk dan memenuhi bagian dalam rumah. Disamping itu, Anda bisa membuat acara barbeque di area ini. Sebagai pemanis, tambahkan meja dan kursi minimalis agar bisa duduk santai sambil menikmati hidangan.

    Kamar Tambahan

    Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

    Untuk yang tidak hobi memelihara tanaman, Anda bisa membuat kamar tambahan di sisa lahan yang tersedia. Misalnya, kamar mandi, kamar tidur, gudang, atau kamar khusus untuk menyetrika. Ukuran kamar tambahan ini mungkin tidak terlalu besar. Namun, hal ini bisa disiasati dengan merancang desain yang tepat. Anda bisa menggunakan warna-warna netral seperti warna putih agar ruangan tersebut terasa lebih luas.

    Ruang Cuci

    Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

    Selain sebagai kamar, Anda juga bisa membangun ruangan khusus untuk mencuci dan jemur pakaian di sisa lahan belakang rumah. Bagian atapnya bisa menggunakan fiber atau kaca agar cahaya bisa tetap masuk. Agar lebih bagus dan cepat kering, Anda bisa membuatnya seperti area terbuka dengan bagian atap yang bisa dibuka atau ditutup.

    Dengan atap seperti ini, Anda bisa membukanya ketika akan mengeringkan pakaian dan menutupnya saat sore hari atau saat turun hujan. Dengan demikian, pakaian yang sedang dijemur tidak akan basah karena terkena air hujan.

    Sebagai pemilik, Anda masih bisa bebas berkreasi dengan melakukan renovasi rumah subsidi bagian belakang dan lahan yang tersisa. Mulai dari membuat mini garden, lahan hijau, atau kolam ikan yang indah sampai dengan membuat dapur mini atau kamar tambahan. Apapun bentuknya, buatlah seefisien dan secantik mungkin asalkan tidak melanggar aturan yang berlaku khusus untuk rumah subsidi.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel