5 Penyebab Mesin Agya Bunyi Tek Tek

Daftar Isi [Tutup]

    5 Penyebab Mesin Agya Bunyi Tek Tek

    5 Penyebab Mesin Agya Bunyi Tek Tek - Bagi Anda yang senang dan ingin memiliki mobil berukuran kecil namun berkualitas baik, Toyota Agya dapat menjadi pilihan tepat. Mobil ini menjadi salah satu mobil bersegmen LCGC (Low Cost Green Car) yang ramah lingkungan dengan harga cukup terjangkau.

    Dijual dengan harga cukup murah namun berkualitas, membuat Toyota Agya banyak diminati oleh penggunanya. Namun meski cukup berkualitas, mesin mobil harus sering dilakukan perawatan agar kualitas mesin tetap prima. Bagi Anda yang memiliki dan menggunakan mobil Agya tentu sering mengalami kendala mesin yang berbunyi tek tek. Berikut 5 penyebab bunyi tek tek pada mobil Agya yang harus diketahui.

    Celah Katup yang Renggang

    5 Penyebab Mesin Agya Bunyi Tek Tek

    Mesin dapat berbunyi tek tek biasanya disebabkan karena renggangnya katup atau klep pada mesin. Renggangnya katup pada mesin dapat disebabkan karena pemakaian kendaraan yang cukup lama dan tanpa memperhatikan kondisi mesin di dalamnya. Selain itu bunyi pada mesin juga dapat terjadi karena adanya mesin aus pada komponen mesin mobil.

    Adanya celah atau renggangnya klep pada mobil dengan batas celah yang dianjurkan dapat menyebabkan bunyi tek tek pada mesin. Adanya celah atau renggangnya klep pada mesin ini dapat terdengar lebih keras saat RPM mesin mobil Agya Anda meningkat. Hal ini menyebabkan mesin agya bunyi tek tek saat mesin mobil digas.

    Cara mengatasi bunyi tek tek pada mobil yaitu dengan melakukan penyetelan ulang pada celah klep mesin mobil Anda. Penyetelan ulang ini biasanya disesuaikan dengan spesifikasi mobil Agya Anda.

    Bahan Bakar yang Tidak Berkualitas

    5 Penyebab Mesin Agya Bunyi Tek Tek

    Penyebab mesin Agya bunyi tek tek juga dapat disebabkan oleh bahan bakar. Untuk menghindari bunyi pada mesin Anda, pilihlah bahan bakar atau bensin yang berkualitas baik. Cara ini dapat dilakukan dengan cara memilih SPBU yang selalu berganti stok baru setiap harinya. Bahan bakar yang tidak baru dapat menyebabkan mesin mobil Anda berbunyi, maka dari pastikan Anda mengisi bahan bakar di SPBU yang ramai dan selalu berganti stok.

    Oli Belum Naik

    5 Penyebab Mesin Agya Bunyi Tek Tek

    Mesin mobil dapat berbunyi tek tek disebabkan oleh banyak hal, salah satunya oli mesin yang belum naik. Bunyi mesin ini dapat terjadi saat Anda menghidupkan mesin saat pagi hari atau saat pertama kali menghidupkan mesin mobil setelah mobil tidak digunakan selama seharian.

    Oli mesin terletak pada bak oli yang berada di bagian terbawah mesin. Di bagian tersebut terdapat pompa oli yang berfungsi mengalirkan oli ke semua bagian mesin saat mesin dihidupkan. Namun dalam kondisi mesin mati, maka tidak ada oli yang akan disalurkan oleh pompa oli dan menyebabkan bunyi tek tek saat mesin baru pertama kali dihidupkan.

    Disebabkan Engine Knocking

    5 Penyebab Mesin Agya Bunyi Tek Tek

    Salah satu penyebab mesin Agya bunyi tek tek selanjutnya yaitu engine knocking atau suara mirip ketukan berasal dari proses pembakaran yang kurang sempurna. Engine knocking ini dapat disebabkan karena oktan rendah pada bensin yang Anda gunakan. Salah satu ciri engine knocking yang harus dipahami yaitu saat mesin digas, maka bunyi engine knocking tidak terlalu terdengar.

    Bantalan Crankshaft yang Aus

    5 Penyebab Mesin Agya Bunyi Tek Tek

    Poros engkol atau crankshaft merupakan salah satu komponen yang terdapat pada mesin. Pada komponen ini terdapat dua bantalan yaitu bantalan poros engkol untuk blok silinder dan bantalan batang piston untuk poros engkol. Apabila salah satu bantalan mengalami aus atau susut maka poros engkol menjadi tidak stabil. Hal ini menjadi salah satu penyebab mesin Agya berbunyi tek tek.

    Bunyi yang dihasilkan karena bantalan poros engkol aus dapat terdengar jelas saat RPM mesin tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membawa mobil Anda ke bengkel mobil agar tidak terjadi kerusakan pada mesin mobil. Biasanya pihak bengkel akan mengganti bantalan yang aus tersebut agar tidak berbunyi kembali.

    Terdapat berbagai masalah yang menyebabkan mesin Agya bunyi tek tek, mulai dari oli yang belum naik hingga klep yang renggang. Apabila Anda mengalami kendala seperti suara pada mesin maupun penggunaan mobil yang kurang nyaman. Maka sebaiknya mobil dibawa ke bengkel yang secara profesional dapat menangani kendala pada mesin mobil Anda.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "5 Penyebab Mesin Agya Bunyi Tek Tek"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel