Inspirasi Desain Rumah Sederhana namun Elegan

Daftar Isi [Tutup]

    Desain rumah sederhana saat ini menjadi primadona bagi masyarakat modern dalam merancang hunian. Ada banyak alasan, diantaranya semakin banyak orang yang ingin me-manage keuangan dengan lebih bijak dan menghemat pengeluaran, serta lebih fokus kepada sifat fungsional suatu barang. Memiliki rumah sederhana juga dipilih karena kemudahannya untuk menata dan membersihkan.

    Konsep hidup minimalis yang mempengaruhi tren arsitektur ini, berawal dari negara Jepang, di mana orang-orangnya terbiasa menerapkan gaya hidup sederhana dan menyimpan apa saja yang benar-benar dibutuhkan dalam kesehariannya. Faktanya, memiliki desain rumah sederhana juga bisa meningkatkan kualitas hidup. Tinggal di hunian yang terlalu banyak perkakas dan debu tentunya akan mengurangi kenyamanan dan menurunkan kesehatan.

    Nah, jika Anda adalah salah satu orang yang ingin mulai menerapkan konsep minimalis di rumah Anda, berikut ini adalah beberapa inspirasi desain rumah sederhana:

    1. Bentuk Modular

    Inspirasi Desain Rumah Sederhana namun Elegan

    Sebelum berkreasi ke bentuk-bentuk detail lainnya, ada satu prinsip dasar yang harus Anda terapkan untuk membangun rumah sederhana. Yaitu bentuk modular. Di mana Anda harus membagi lahan menjadi dua, yang masing-masing diantaranya diperuntukkan area komunal dan area private atau personal. Area komunal yang dimaksud adalah semisal ruang tamu dan dapur. Sedangkan area private adalah ruang tidur dan kamar mandi.

    Dengan membagi lahan menjadi dua fungsi yang paling penting tersebut, artinya Anda memanfaatkan lahan yang terbatas dengan sebaik-baiknya dan tidak ada spasi yang terbuang percuma.

    2. Desain Minimalis Satu Lantai

    Inspirasi Desain Rumah Sederhana namun Elegan

    Untuk desain rumah satu lantai, Anda bisa memanfaatkannya untuk satu ruang tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang tengah. Jika Anda tidak memiliki sisa lahan untuk taman depan atau belakang, Anda bisa memasang lantai kayu atau parquet di bagian terasnya. Hal tersebut akan menambah kesan artistik dan cocok untuk tempat bersantai sambil minum teh.

    Jika Anda memiliki alasan pribadi untuk melebarkan ruang tertentu, maka Anda harus mengalah untuk tidak memiliki taman atau teras. Misalnya, jika Anda hobi memasak dan ingin memiliki keleluasaan yang lebih, maka Anda bisa mendesain dapur yang lebih luas sekaligus dengan island-nya. Atau, jika Anda lebih senang mengadakan pesta dan mengundang banyak tamu, bagian ruang tengah bisa Anda perjelas lagi.

    3. Desain Minimalis Dua Lantai

    Inspirasi Desain Rumah Sederhana namun Elegan

    Nah, jika Anda ingin memiliki spasi lebih untuk taman atau parkir mobil, Anda bisa menerapkan desain rumah sederhana berlantai dua. Hampir sama dengan desain satu lantai, desain dua lantai minimalis ini juga akan dibagi dua. Lantai satu untuk area komunal, sedangkan lantai dua untuk area privasi.

    Jika Anda punya budget lebih, Anda bisa membangun taman dan kolam di sisi rumah. Meskipun dengan desain yang minimalis, memanfaatkan ruang dengan sebaik-baiknya akan membuat rumah Anda tetap menawan secara eksterior.

    4. Terapkan Konsep Minimalis

    Inspirasi Desain Rumah Sederhana namun Elegan

    Pada dasarnya, konsep minimalis adalah memanfaatkan sedikit mungkin lahan, furniture, maupun dekorasi, tanpa mengurangi keindahannya. Less is more adalah slogan utama dari penganut konsep minimalis, yang artinya semakin sedikit justru akan semakin baik. Dalam hal ini, Anda harus pandai-pandai memilih perabotan untuk ditambahkan ke dalam rumah. Pilihlah yang netral, sederhana, berkualitas tinggi, dan tetap selaras dengan keseluruhan desain.

    Desain rumah sederhana secara interior biasanya dimulai dengan pemilihan warna palet dasar yang netral, seperti abu-abu, beige, dan warna-warna soft lainnya yang tidak kontras satu sama lain. Selain kesan sederhana yang ditimbulkan, akan bisa dirasakan juga kesan lapang, hangat, dan nyaman. Gunakan perabotan yang benar-benar diperlukan saja, dan singkirkan tumpukan majalah atau koleksi yang tercecer agar tetap rapi dan bersih.

    Demikian tadi adalah beberapa inspirasi desain rumah sederhana yang bisa Anda terapkan untuk hunian Anda. Memiliki rumah sederhana bukan berarti harus mengesampingkan aspek estetika. Sebab bagaimanapun juga, rumah yang sesuai dengan kepribadian Anda akan lebih memberikan kenyamanan dan kesan tersendiri. Untuk itu, perhatikan hal-hal apa saja yang Anda sukai, dan padu padankan dalam tempat tinggal Anda.

    Sekian informasi dari kami, semoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya yang tak kalah bermanfaat!

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Inspirasi Desain Rumah Sederhana namun Elegan"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel