7 Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua agar Tetap Awet dan Terjaga

Daftar Isi [Tutup]

    7 Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua agar Tetap Awet dan Terjaga - Deretan kendaraan roda empat versi terbaru yang bertengger di berbagai showroom akan mencuri perhatian siapa saja yang melihatnya. Meski demikian, para pecinta benda-benda klasik tidak akan terlalu memperdulikannya karena minatnya lebih dominan pada kendaraan tua yang eksentrik dan tidak biasa.

    Orang-orang yang lebih senang bergumul dengan mobil tua tentu akan menjaga kesayangannya itu dengan baik. Nah, bagaimana tips dan trik membersihkan mesin mobil tua yang benar? Anda bisa menyimak rangkumannya berikut ini.

    Membungkus Komponen Elektrik sebelum Dicuci

    7 Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua agar Tetap Awet dan Terjaga

    Hal penting dalam cara membersihkan mesin mobil tua yakni tetap menjaganya dalam jarak aman dari serangan air sebelum dicuci. Oleh karenanya, membungkus semua komponen elektrik sebelum dicuci adalah langkah yang paling mudah agar elemen tersebut tidak terkena rembesan air saat mobil dibersihkan. Anda hanya membutuhkan alumunium foil yang bisa ditemukan di dapur sebagai pembungkusnya. Meski jumlahnya tidak sebanyak mesin mobil modern, tetapi mencegah hal buruk lebih baik dibandingkan harus mendapatinya bermasalah di kemudian hari.

    Gunakan Sabun yang Tepat saat Pencucian

    7 Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua agar Tetap Awet dan Terjaga

    Memilih sabun yang tepat adalah langkah lain dalam upaya menjaga kebersihan mesin mobil tua. Anda bisa memilih bahan sabun seperti bel, dresser, air, dan sejenisnya yang masih aman digunakan untuk mobil klasik. Beberapa orang menggunakan bensin dan solar sebagai bahan pembersih. Hanya saja, Anda harus lebih waspada dengan segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi, karena mesin mobil tua cukup rentan  terbakar.

    Proses Pengeringan Mesin

    7 Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua agar Tetap Awet dan Terjaga

    Cukup dengan kain lap bersih saja untuk proses pengeringan mesin mobil tua Anda, setelah semuanya selesai dicuci. Jika dirasa pengeringan telah cukup, Anda bisa menyemprotkan air menggunakan silikon pada komponen mesin yang dibuat dari karet.  Diamkan sejenak, kemudian lap kembali dengan kain kering atau lap berbahan katun. Pastikan bahwa kondisi kendaraan dan mesin di dalamnya sudah benar-benar tidak terdapat sisa air saat hendak digunakan.

    Rutin Membersihkan Radiator dan AC

    7 Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua agar Tetap Awet dan Terjaga

    Tak jarang, para pemilik mobil tua kerap melakukan modifikasi pada kendaraan roda empatnya. Perabot paling krusial yang akan mempengaruhi performa mobil yaitu radiator dan AC. Oleh karena itu, pembersihan dua komponen ini merupakan hal wajib yang harus rutin dilakukan.

    Pembersihan mandiri bisa dilakukan dengan menyemprotkan air terlebih dahulu, kemudian bersihkan dengan air bertenaga rendah. Cara membersihkan mesin mobil tua seperti ini akan membantu mencegah kemungkinan kerusakan. Jika arus air terlalu besar, maka akan terjadi kemungkinan mengenai beberapa benda bermesin lainnya. Padahal, tak semua benda di dalam mobil tua cukup tahan terhadap air.

    Memastikan Mesin dalam Kondisi Dingin

    7 Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua agar Tetap Awet dan Terjaga

    Dalam melakukan pencucian pada saat kondisi mesin benar-benar dingin. Jika Anda membersihkan kendaraan dalam kondisi mesin panas, maka hal itu akan memaksa mesin untuk melakukan pendinginan secara mendadak. Tentu secara jangka panjang akan membuat mesin lebih cepat mengalami deformasi yang akan memperlambat kinerja mesinnya ketika dikendarai.

    Kerap Memberikan Pelumas

    7 Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua agar Tetap Awet dan Terjaga

    Pelumas memiliki peran penting untuk kendaraan roda empat jenis apapun, apalagi bila kendaraan tersebut bermesin tua. Dengan menyemprotkan pelumas pada beberapa bagian berbahan karet maka Anda sudah melakukan berupaya melakukan perawatan yang berkala dengan lebih telaten. Cara membersihkan mesin mobil tua dengan pelumas dianggap akan  akan lebih mudah menghilangkan sisa air yang menempel pada sisa mesin setelah mobil dicuci.

    Rajin Memanaskan Mesin

    7 Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua agar Tetap Awet dan Terjaga

    Memanaskan mesin juga menjadi langkah perawatan yang bisa diterapkan, terlebih untuk jenis mobil tua. Jika tidak pernah dipakai bepergian dan mesin tidak pernah dihidupkan, maka potensinya cepat rusak akan semakin besar. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada area mesin yang tidak terjangkau. Hal ini dimaksudkan agar Anda segera bisa mengatasi masalah yang terjadi jika ada.

    Beberapa cara membersihkan mesin mobil tua di atas Anda coba sendiri di rumah. Layaknya para eyang yang harus tetap dijaga, mesin mobil tua juga memerlukan perawatan intensif. Oleh karenanya, bila Anda tak ingin mesin mobil klasik itu cepat aus dan berkarat, lakukanlah pembersihan secara rutin. Dengan demikian kondisi mesin akan terjaga lebih awet meskipun berada dalam jajaran mobil klasik yang sudah tua.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "7 Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua agar Tetap Awet dan Terjaga"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel