6 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2020 yang Masuk dalam 700 orang kaya di Dunia

Warga negara Indonesia (WNI) ada yang masuk dalam daftar 700 orang terkaya versi Forbes 2020, WNI tersebut adalah Budi Hartono, Michael Hartono, Sri Prakash Lohia, Keluarga Tahir, Prajogo Pangestu, dan Chairul Tanjung.

Ada enam orang yang masuk dalam 700 besar tersebut, dan berikut ini profil keenam orang terkaya tersebut:

1. Hartono Bersaudara 

6 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2020 yang Masuk dalam 700 orang kaya di Dunia

Orang terkaya di Indonesia pada urutan pertama dan kedua adalah Budi Hartono dan Michael Hartono.

Sosok Budi Hartono dalam Forbes 2020 ia tercatat sebagai orang terkaya dunia nomor 80  dan menyandang status sebagai orang terkaya di Indonesia, total kekayaannya saat ini mencapai 13,6 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 217,6 triliun.

Sedangkan saudaranya Michael Hartono, saat ini menempati posisi nomor 86 orang terkaya di dunia dan orang terkaya kedua di Indonesia, kekayaan Michael mencapai 13 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 208 triliun.

Seperti yang diketahui, bahwa sumber kekayaan utama hartono bersaudara adalah berasal dari kepemilikannya atas perusahaan rokok Djarum dan Bank BCA.

2. Sri Prakash Lohia

6 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2020 yang Masuk dalam 700 orang kaya di Dunia

Sri Prakash Lohia adalah orang terkaya di dunia nomor 414, iya masuk dalam daftar 500 orang terkaya di dunia.

Sri Prakash Lohia menyandang orang terkaya di Indonesia di urutan ketiga dengan total kekayaannya yang mencapai 4,3 miliar dollar AS.

Sumber kekayaan utama Sri Prakash Lohia berasal dari Perusahaan Indorama Corporation yang bergerak di bidang petrokimia dan tekstil.

3. Keluarga Tahir 

6 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2020 yang Masuk dalam 700 orang kaya di Dunia

Di urutan ke empat orang terkaya di Indonesia versi Forbes ada Keluarga Dato Sri Tahir, kekayaannya tercatat telah mencapai 4,1 miliar dollar AS atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 65,5 triliun.

Keluarga Tahir saat ini berada di urutan 437 dalam daftar orang terkaya di dunia, keluarga Tahir merupakan pemilik dari Mayapada Group yang bergerak di bisnis perbankan, rumah sakit dan real estate.

Tahir juga menunjukan kiprahnya dalam bidang amal melalui yayasan Tahir Foundation, ia dikenal sebagai sosok yang kaya dan juga dermawan.

Bahkan, Tahir setiap hari siap untuk membagikan 1.000 makanan gratis kepada sejumlah profesi kelas menengah ke bawah yang terdampak virus Covid-19.

4. Prajogo Pangestu

6 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2020 yang Masuk dalam 700 orang kaya di Dunia

Posisi berikutnya ada Prajogo Pangestu yang mana dia menempati posisi 538 dalam orang terkaya di dunia versi Forbes, Kekayaan dari Prajogo Pangestu kini mencapai 3,5 miliar dollar AS atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 56 triliun.

Sumber kekayaan Prajogo Pangestu ini berasal dari bisnis kayu yang ia tekuni sejak 1970-an yang bernama PT Barito Pacific Timber, Namun pada tahun 2007 perusahaan ini berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayu.

5. Chairul Tanjung

6 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2020 yang Masuk dalam 700 orang kaya di Dunia

Urutan orang terkaya berikutnya ada Chairul Tanjung yang merupakan orang terkaya ke-648 di dunia versi Forbes. Chairul Tanjung dinobatkan sebagai daftar 700 orang terkaya di dunia karena memiliki kekayaan mencapai 3,1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 49,6 triliun.

Kekayaan Chairul Tanjung berasal dari CT Corp yang dalam hal ini CT Corp bergerak dalam bidang layanan finansial, media, ritel, hiburan, gaya hidup, dan kebun kelapa sawit.

Daftar orang terkaya di dunia tahun 2020 hanya terdapat 2,095 nama miliarder yang dirilis, jumlah ini terlihat turun jika dibandingkan dengan data Forbes tahun 2019 yakni sebanyak 2,153 orang.

Dan jika di total seluruh kekayaan seluruh milyader yang ada di dunia, tahun ini hanya mencapai 8 triliun dollar AS atau sekitar Rp 130,464 triliun, bisa dikatakan jumlah ini menurun dari tahun 2019 dimana total kekayaan gabungan dari daftar orang terkaya di dunia mencapai 8,7 triliun dollar AS.

Hal ini karena 267 orang terkaya pada daftar tahun 2019 tidak masuk daftar di tahun 2020, dan terdapat 1,062 orang mengalami penurunan kekayaan, kondisi ini juga dapat disimpulkan bahwa pasar yang tidak stabil dan karena pandemi Covid-19 yang sedang terjadi.

Asisten Editor Forbes Kerry A. Dolan menyatakan jika orang-orang terkaya ini tidak kebal terhadap dampak buruk virus corona, hal ini ditunjukan penurunan jumlah kekayaan dari miliarder tahun ini karena dampak ekonomi yang tidak stabil dan pandemi Covid-19.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "6 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2020 yang Masuk dalam 700 orang kaya di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel