Pakaian Wajib untuk Pebalap MotoGP ataupun Road Race

Daftar Isi [Tutup]

    Pakaian Wajib untuk Pebalap MotoGP ataupun Road Race. Salah satu cabang olahraga yang dikenal akan risikonya yang tinggi yaitu balap motor. Bukan hanya balapan motor saja, tetapi hampir semua balapan memiliki risikonya masing-masing. Kecelakaan bisa saja terjadi secara tiba-tiba yang berakibat ke bukan hanya patah tulang, bahkan kematian pun mengancam para pebalap.

    Pakaian Wajib untuk Pebalap MotoGP ataupun Road Race

    Maka jangan heran jika regulasi di sebuah event balapan terjadi sangatlah ketat. Apalagi jika hal ini menyangkut keamanan dari pada pebalap. Keamanan pebalap merupakan prioritas utama dan tidak bisa diotak-atik ataupun diganggu gugat pada saat balapan. Maka, bukan hanya soal kendaraan, lima pakaian di bawah ini pun wajib dikenakan oleh pebalap, yaitu:

    Helm

    Pakaian wajib untuk pebalap MotoGP yang pertama yaitu helm, ini sangat vital dan harus dikenakan oleh pebalap saat balapan. Fungsinya selain untuk menghindari kerasnya benturan di kepala saat terjadi kecelakaan, helm juga mampu melindungi mata dari terpaan angin yang membawa debu ataupun kotoran yang mampu mengakibatkan iritasi mata. Apalagi yang namanya balapan tentu kecepatan yang digeber pun di atas rata-rata.

    Produksi helm balap berbeda dengan helm biasa,  perbedaannya pun cukup signifikan. Helm biasa yang digunakan untuk sehari-hari tidak dirancang untuk menahan benturan pada saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Berbeda dengan helm balap yang telah dirancang sedemikian rupa untuk keamanan pebalap.

    Pakaian wajib untuk pebalap MotoGP berupa helm ini di bagian lapisan shell atau cangkangnya akan ada tambahan karbon kevlar. Berbeda dengan helm harian yang hanya dilapisi fiber atau plastik. Bobotnya lebih ringan dibandingkan helm harian untuk memberikan kenyamanan pada pebalap saat berada di sirkuit.

    Sarung Tangan

    Meskipun kedengarannya sepele, glove atau sarung tangan ini menjadi pakaian wajib loh untuk dikenakan para pebalap. Ia memiliki peranan cukup penting bagi pebalap untuk melindungi kulit dari teriknya matahari. Bisa juga dimaksudkan untuk proteksi sisi dari risiko yang bisa saja terjadi saat berada di sirkuit.

    Pakaian wajib untuk pebalap MotoGP ini didesain berbeda dengan sarung tangan harian. Biasanya, bahan yang digunakan untuk sarung tangan pebalap lebih tebal. Terutama di bagian yang kerap atau paling banyak mengalami abrasi atau kemungkinan patah tulang seperti di bagian ibu jari atau jempol, pergelangan, serta telapak tangan.

    Bahkan ada beberapa sarung tangan pebalap yang telah ditambahkan pelindung yang terbuat dari titanium atau karbon. Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat sarung tangan yaitu plastik polyurethane atau titanium untuk memberikan kesan ringan tetapi kuat.

    Sepatu Balap

    Seorang pebalap profesional tidak akan sembarangan memilih sepatu, pilihannya pasti jatuh pada sepatu boots. Mereka memilih model ini karena untuk mengurangi risiko cedera kaki. Desainnya pun harus kuat untuk menghadapi gesekan, abrasi, serta gesekan dan harus tahan api. Tapi, pakaian wajib untuk pebalap MotoGP ini harus fleksibel digunakan.

    Desain sepatu boots untuk pebalap MotoGP ini cukup tinggi melebihi mata kaki dan mampu menutupi sebagian betis. Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang rawan patah saat terjadi kecelakaan di jalan. Bobot sepatu boots juga tak kalah ringan agar pebalap nyaman menggunakannya. Bahan alas dasarnya sol yang tebal dan kuat.

    Wearpack

    Wearpack atau seragam khusus untuk pebalap yang didesain khusus dengan bahan khusus pula. Pakaian wajib untuk pebalap MotoGP ini cukup penting keberadaannya sebagai salah satu pelindung bagian-bagian penting dalam tubuh pebalap. Idealnya wearpack berbobot 4,5 kg. Sebagai pelindung, panel berbahan karbon kevlar menjadi salah satu bahan desain wearpack. Dada, tulang belakang, lengan, siku, lutut, dan tulang kering akan dilindungi secara maksimal dengan adanya bahan karbon kevlar yang digunakan.

    Selain pakaian wajib untuk pebalap MotoGP diatas, pebalap juga harus dilengkapi dengan back protector untuk perlindungan tulang belakang yang maksimal.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Pakaian Wajib untuk Pebalap MotoGP ataupun Road Race"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel