Luar Biasa Inilah Fakta Sirkuit Mandalika yang Akan Digunakan Dalam MotoGP 2021

Daftar Isi [Tutup]

    Luar biasa inilah fakta sirkuit mandalika yang akan digunakan dalam motoGP 2021! Indonesia memiliki beberapa pulau dengan destinasi unik yang seringkali membuat setiap mata memandang terpesona takjub. Hal ini juga terjadi di salah satu pulau di Indonesia, yaitu Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Disini akan dibangun sebuah sirkuit terbesar dan menjadi salah satu sirkuit dengan konsep menggunakan jalan raya yang ada di dunia. Penasaran seperti apa fakta unik yang ada di dalamnya? Yuk, kita simak pembahasannya dibawah ini dan bersiaplah kamu akan kagum dan bangga kepada Indonesia.

    Luar Biasa Inilah Fakta Sirkuit Mandalika yang Akan Digunakan Dalam MotoGP 2021

    Sirkuit Pertama di Dunia

    Fakta Sirkuit mandalika yang berada di daerah Lombok ini telah diklaim sebagai sirkuit terbesar dan pertama dengan konsep jalan rayanya. Konsep ini dibuat oleh seorang investor yang sudah memiliki pengalaman terbaik dalam melakukan kajian pembangunan sirkuit, yaitu Vinci Construction Grand Project (VCGP).

    Sirkuit ini diperkirakan akan rampung di akhir bulan Agustus 2020 dan akan langsung digunakan pada tahun 2021 sesuai jadwal musim motoGP. Melalui jadwal tersebut, maka sudah dapat diketahui bahwa sirkuit ini sudah memiliki kontrak selama lima tahun untuk ajang pertandingan motoGP. Hal tersebut dikemukakan oleh abdulbar M Mansoer selaku Direktur Utama Indonesia dari Tourism Development Corporation (ITDC).

    Luas Sirkuit Mandalika

    Fakta Sirkuit mandalika dibangun di kawasan tempat wisata kelas dunia yang bernama the mandalika. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan seluas 4,31 kilometer dengan jumlah tikungan sebanyak 17 tikungan. Yang membuat tikungan ini begitu luar biasa adalah kamu bisa melihat pemandangan bukit sekaligus pantai yang sangat indah.

    Dapat Menonton Dari Bukit

    Tribun yang tersedia di sirkuit ini dapat menampung sebanyak 150.000 penonton, lho. Menariknya lagi, kamu bisa menyaksikan pertandingan motoGP ini diatas dua bukit yang sudah disediakan sebagai tribun dan dapat menampung sekitar 30.000 penonton nantinya. Tentu saja hal ini sangat menarik perhatian dan banyak sekali orang yang ingin segera melihat pertandingan langsung dan duduk di bukit tersebut.

    Layanan Tiket pre-booking

    Meskipun fakta sirkuit mandalika masih dalam proses penyelesaian, tapi sudah ada pembukaan untuk membeli tiket dengan sistem booking, yang mana penonton sudah dapat memiliki tiket dan mendapatkan tempat pertama serta spesial nantinya. Harga tiket yang dijual pada masa pre-booking adalah sebesar Rp.295.000,-. Tiket ini berlaku bagi para general admission pada hari Jumat atau hari pertama dalam tiga hari penyelenggaraan balapan dalam acara musim motoGP tahun 2021.

    Acara yang akan diadakan nanti akan digelar selama tiga hari berturut-turut yang mana seluruh pembalap selain dari motoGP akan merasakan bagaimana rasanya meluncur di sirkuit baru ini. Biasanya, pada hari pertama disebut sebagai testing day, hari kedua digunakan untuk kualifikasi serta pertandingan dimulai pada hari ketiga dengan sebutan race day.

    Ribuan Pekerja

    Fakta Sirkuit mandalika dibangun untuk sebuah acara internasional sehingga menyerap pekerja sangat banyak. Diperkirakan jumlah pekerja dalam pembangunan sirkuit ini adalah sebanyak 7.500 orang pekerja. Bahkan, disebutkan juga bahwa sirkuit ini bisa membawa hampir 300 orang putra daerah yang akan bekerja sebagai staf teknis nantinya.

    Itulah beberapa fakta unik seputar fakta sirkuit mandalika yang bisa kamu ketahui. Sirkuit ini diperkirakan telah menghabiskan dana sebesar Rp.500 miliar pada tahap pembangunan sirkuitnya. Namun, tentu saja hal ini akan tertutupi kembali dari pendapatan setelah musim balapan berlangsung.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Luar Biasa Inilah Fakta Sirkuit Mandalika yang Akan Digunakan Dalam MotoGP 2021"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel