Fakta Unik dari Sirkuit Buriram Thailand tempat MotoGP 2019

Daftar Isi [Tutup]

    Fakta Unik dari Sirkuit Buriram Thailand tempat MotoGP 2019. Adu balap motor bergengsi MotoGP pada 2019 digelar di sirkuit internasional Chang, Buriram, Thailand pada 6 Oktober.

    Sirkuit yang memiliki nama internasional sebagai Chang International Circuit ini terletak di provinsi Buriram (Kota Kebahagiaan), Thailand atau sekitar 410 kilometer dari ibu kota Bangkok.

    Fakta Unik dari Sirkuit Buriram Thailand tempat MotoGP 2019

    Sirkuit yang dirancang oleh arsitek bernama Hermann Tilke yang merupakan asal Jerman ini mulai dibangun pada bulan Maret 2013 dan menelan cukup banyak dana, yakni mencapai dua miliar baht atau sekitar 926 miliar rupiah.

    Hermann Tilke sendiri sangat terkenal sebagai perancang beberapa sirkuit yang digunakan untuk ajang F1.

    Sirkuit ini pertama kali dibuka pada tanggal empat bulan Oktober tahun 2014 dengan panjang lintasannya yakni 4.555 meter dengan 12 tikungan.

    Fasilitas Chang International Circuit Buriram

    Fakta unik dari sirkuit Buriram Thailand yang pertama berasal dari fasilitasnya. Ada tempat ga lantai dari bangunan utama sirkuit Buriram.

    Lantai pertamanya diisi dengan 30 Paddock diperuntukkan bagi tim yang akan bertanding.

    Kemudian ruang VIP ada di lantai dua dan juga empat ruang untuk para jurnalis yang bernama media center.

    Ruang media center ini sangat nyaman dengan dukungan koneksi internet yang lancar serta untuk menampilkan situasi di atas lintasan telah disediakan layar televisi.

    Untuk masuk ke area grandstand sendiri bisa diakses melalui lantai kedua dari bangunan utama di mana ia terbagi menjadi 22 area untuk menyaksikan jalannya adu balap.

    Kapasitas penontonnya mencapai 50.000 orang. Lokasi dari penonton laga ini pun sangat strategis hingga bisa melihat sembilan rikumbannya karena jaraknya dengan podium hanb cukup dekat.

    Bahkan, FIA memberikan sertifikasi grade A dan FIM memberikan sertifikasi level 1 untuk sirkuit Buriram.

    Perolehan sertifikasi yang tinggi ini memungkinkannya untuk menyelenggarakan ajang MotoGP kelas dunia seperti Formula One (F1).

    Fakta Unik MotoGP yang digelar di Thailand

    Selain beberapa fakta di atas, ada pula fakta unik dari sirkuit Buriram Thailand lainnya yang mungkin tidak banyak diketahui oleh para pecinta MotoGP, yakni:

    Sirkuit dengan Lintasan Lurus Terpanjang

    Favorit semua pembalap dan semua orang pastilah lintasan lurusnya, baik itu pembalap di dunia nyata ataupun gamer yang memainkan game balap.

    Hal ini karena di lintasan lurus adalah momen paling cocok dan tepat untuk mengambil alih posisi di arena balap. Membahas lintasan lurusnya, Buriram memiliki dua lintasan lurus yang panjang.

    Salah satu lintasan lurusnya berjarak sampai satu kilometer penuh sebelum mengarah tikungan ke tiga.

    Di trek lurus ini, memungkinkan motor melaju dengan kecepatan 300 sampai 315 kilometer per jam. Trek lurus di sirkuit Buriram ini menjadi trek lurus terpanjang kelima setelah trek lurus yang ada di sirkuit Austin, Mugello, Losail, dan sirkuit Montmelo.

    Baru Digunakan pada tahun 2018

    Ya, meskipun sudah dibuka sejak 2014, nyatanya ajang balap motor berskala internasional baru digelar di sini dua tahun belakangan.

    Ini karena Gubernur Otoritas Thailand yang bernama Sakon Wanapong baru saja menekan kontrak dengan CEO Dorna bernama Carmelo Ezpeleta.

    Fakta unik dari sirkuit Buriram Thailand yakni bentuk perjanjiannya yang mengungkapkan bahwa sirkuit Buriram akan digunakan untuk balapan MotoGP selama tiga tahun, yakni 2018 sampai 2020 yang bernama PTT Thailand Grand Prix.

    Tikungan Paling Sedikit

    Selain kepemilikan atas dua trek terpanjang, Buriram ternyata memegang gelar sirkuit dengan tikungan paling sedikit, yakni 12 tikungan.

    Meskipun sedikit, tidak boleh diremehkan. Karena untuk melewati setiap tikungannya membutuhkan teknik yang berbeda-beda.

    Well, tahukah Anda terkait fakta unik dari sirkuit Buriram Thailand di atas?

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Fakta Unik dari Sirkuit Buriram Thailand tempat MotoGP 2019"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel