Jenis Masker Perawatan Wajah beserta Fungsinya yang Perlu Kalian Ketahui - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Jenis Masker Perawatan Wajah beserta Fungsinya yang Perlu Kalian Ketahui

Perbedaan jenis masker juga berbeda bahan pembuatan serta kandungan di dalamnya. Berikut jenis serta fungsi dari masker perawatan wajah.
Jenis Masker Perawatan Wajah beserta Fungsinya yang Perlu Kalian Ketahui - Membahas mengenai masker wajah memang ada banyak sekali jenis masker yang ada di pasaran, dan uniknya berbagai jenis masker tersebut memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda-beda berdasarkan permasalahan pada kulit wajah seseorang. Pada pembahasan kali ini saya akan membahas jenis masker perawatan wajah beserta fungsinya.

Perbedaan jenis masker pun memiliki perbedaan juga dengan bahan pembuatan serta kandungan di dalamnya. Oleh karena itu ketika kalian hendak membeli masker alangkah baiknya kalian sudah mengetahui masker seperti apakah yang dibutuhkan oleh jenis kulit wajah yang kalian miliki.

Jika bingung dengan jenis dan kegunaan masker maka kalian tak perlu khawatir, karena saya akan membahas secara lengkap mengenai jenis serta fungsi dari masker perawatan wajah pada ulasan berikut ini.

Jenis dan Fungsi Masker Perawatan Wajah

Agar nantinya kalian tidak salah pilih saat membeli masker, maka dari itu mari kita mengenali jenis masker beserta fungsinya bersama-sama pada pembahasan berikut ini!

1. Peel-off Mask

Peel-off Mask

Jenis masker perawatan wajah pertama yakni peel-off Mask. Masker yang biasanya berbentuk krim atau gel ini berfungsi untuk mengangkat komedo membandel serta mengangkat semua kotoran yang tersisa pada lapisan kulit paling luar seperti kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati.

Masker jenis ini biasanya cocok untuk semua kulit kecuali kulit sensitif. Hal ini dikarenakan pengelupasan masker setelah digunakan bisa mengakibatkan iritasi pada kulit sensitif.

2. Mud Mask

Mud Mask

Masker perawatan wajah kedua yakni mud mask dengan bahan dasar lumpur yang memiliki banyak kandungan mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Masker jenis ini memiliki banyak fungsi seperti membersihkan kulit, melembabkan kulit, mencerahkan dan menghaluskan kulit, menjaga elastisitas kulit, melancarkan peredaran darah pada kulit, dll.

Masker jenis ini memiliki kandungan air yang banyak sehingga sangat cocok untuk pemilik kulit kering. Agar penggunaan lebih maksimal, kalian bisa menggunakannya sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

3. Clay Mask

Clay Mask

Jika sebelumnya ada mud mask yang terbuat dari lumpur, kini gantian clay mask yang terbuat dari tanah liat alami juga memiliki banyak kandungan mineral yang bagus untuk kulit. Masker jenis ini memiliki berbagai fungsi seperti mengangkat minyak dan kulit mati, serta mencegah timbulnya jerawat dan komedo pada wajah.

Masker jenis ini hampir mirip dengan mud mask tetapi memiliki kandungan air yang lebih sedikit. Masker ini cocok untuk kalian yang ingin mengatasi minyak berlebih pada wajah, dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian bisa menggunakan masker ini 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

4. Sheet Mask

Sheet Mask

Masker jenis ini memiliki berbagai bahan dasar serat alami seperti kertas, selulosa, kartun, dan pulp kelapa atau bubur serat. Sheet mask juga berisi serum yang tercampur dengan bahan dasar dan berbeda-beda tergantung dengan manfaat yang ditawarkan. Fungsi dari masker jenis ini sendiri adalah untuk melembabkan kulit agar kulit tetap terhidrasi.

Masker jenis ini cocok untuk pemilik kulit kering, sementara cara penggunaannya harus kalian perhatikan supaya tidak hilang kandungan essence nya. Cara pakainya tinggal kalian tempel saja sheet mask pada wajah, diamkan sekitar 15-20 menit. Setelah selesai bisa langsung di copot tanpa perlu membilas muka supaya tidak hilang kandungan essence nya.

5. Exfoliating Mask

Exfoliating Mask

Masker perawatan wajah jenis ini biasanya terbuat dari bahan kimia ataupun bahan alami seperti asam laktat, retinol, kopi, gula, ataupun oat. Fungsi utamanya sendiri adalah mengangkat sel kulit mati pada wajah. Masker ini sebetulnya cocok untuk segala kulit namun jangan terlalu sering digunakan bagi yang memiliki kulit sensitif karena iritasi.

6. Gel Mask

Gel Mask

Masker jenis ini sangat cocok untuk pemilik kulit sensitif dan kulit kering, pasalnya gel mask ini berbentuk gel yang sangat lembut dan mudah diserap kulit. Gel mask sendiri berfungsi untuk melembabkan, menenangkan, serta mengencangkan kulit.

Ada tips yang bisa kalian ikuti mengenai gel mask, yakni kalian bisa menyimpannya di dalam kulkas supaya terasa lebih enak dan nyaman saat digunakan karena terasa lebih dingin dan segar.

7. Sleeping Mask

Sleeping Mask

Sesuai dengan namanya, masker ini digunakan setiap sebelum tidur. Masker berbentuk krim atau gel ini berfungsi untuk melembabkan kulit, melindungi dan meremajakan kulit secara menyeluruh. Selain itu, sleeping mask juga dipercaya bisa memberikan kelembaban yang lebih baik daripada krim malam.

Hal ini dikarenakan kandungan sleeping mask lebih mudah diserap oleh kulit, sehingga dapat menutrisi kulit dengan maksimal.

Nah itu dia beberapa jenis dan fungsi masker perawatan wajah yang perlu kalian ketahui ketika hendak memilih masker yang tepat untuk kulit wajah kalian. Saya rasa sekian dulu pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca. Sekian dari saya, terimakasih.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar