Ini dia 5 Cara Merawat Wajah Berminyak dengan Mudah - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Ini dia 5 Cara Merawat Wajah Berminyak dengan Mudah

Merawat wajah berminyak adalah suatu hal yang wajar, untuk mengatasinya sebenarnya tidak sulit. Untuk penjelasan lebih jelasnya simak ulasan berikut.
Ini dia 5 Cara Merawat Wajah Berminyak dengan Mudah - Hampir semua orang pasti pernah mengalami masalah kulit berminyak pada wajah, dan hal tersebut sangatlah wajar apalagi kita hidup di daerah tropis seperti di Indonesia. Oleh karena itulah saya akan memberikan pembahasan mengenai cara merawat wajah berminyak supaya kulit wajah tetap sehat dan lembab.

Wajah berminyak sendiri disebabkan oleh kelenjar Sebaceous di kulit yang menyebabkan terciptanya banyak sekali sebum. Dan sebum yang terlalu banyak tersebut mengakibatkan berbagai masalah seperti pori-pori tersumbat, kulit berminyak, hingga jerawat. Oleh karena itulah kita harus mengontrol jumlah sebum supaya tidak terlalu banyak jumlahnya.

Sebum sendiri sebenarnya adalah komponen penting yang membantu kulit wajah kita agar tetap lembab dan sehat. Oleh karena itu kalian perlu mengetahui cara merawat wajah berminyak dengan baik dan benar supaya wajah selalu sehat. Jika penasaran dengan caranya, langsung saja simak pembahasan berikut sampai selesai.

Berikut 5 Cara Merawat Wajah Berminyak

Wajah berminyak adalah suatu hal yang wajar, untuk mengatasinya sebenarnya tidak sulit, kalian hanya perlu mencuci wajah secara teratur, menggunakan pelembab hingga masker. Untuk penjelasan lebih jelasnya kalian bisa simak pembahasan di bawah ini.

1. Rutin Mencuci Wajah dengan Teratur

Rutin Mencuci Wajah dengan Teratur

Cara merawat wajah berminyak yang pertama kalian bisa mencuci wajah kalian secara teratur setiap harinya, karena mencuci wajah bisa membantu menghilangkan sebagian minyak di wajah. Jika dirasa kurang, kalian bisa membersihkan wajah kalian dengan cara double cleansing atau pembersihan dua tahap.

Pertama-tama kalian bisa membasuh wajah dengan air hangat, selanjutnya gunakan makeup remover untuk mengangkat kotoran supaya lebih efektif. Setelah itu kalian bisa membersihkan wajah menggunakan facial foam, lalu usap kulit wajah secara halus, kemudian bilas supaya kotoran yang masih tertinggal bisa terangkat dengan sempurna.

2. Gunakan Toner

Gunakan Toner

Cara merawat wajah berminyak kedua adalah menggunakan toner. Fungsi utama toner adalah untuk menenangkan kulit wajah, akan tetapi toner juga bisa membantu mengatasi wajah berminyak. Kalian bisa memilih toner yang memiliki kandungan alkohol supaya kulit wajah kalian menjadi sedikit lebih kering.

Akan tetapi untuk kalian yang takut untuk mengaplikasikan alkohol pada area wajah, kalian bisa memilih toner yang memiliki kandungan astringent alami, karena kandungan tersebut dapat mengecilkan pori-pori serta mengatur produksi sebum pada kulit wajah, supaya jumlah sebum pada kulit tidak terlampau banyak.

3. Memakai Masker Wajah

Memakai Masker Wajah

Cara merawat wajah berminyak selanjutnya adalah menggunakan masker, akan tetapi tidak semua masker bisa digunakan untuk mengatasi wajah berminyak. Untuk mengatasi wajah berminyak, kalian bisa menggunakan masker seperti masker clay mask dan masker sheet mask.

Masker clay sendiri memiliki kandungan tanah liat alami yang sudah diteliti bahwa kandungan tanah liat tersebut dapat mengangkat segala kotoran pada muka termasuk minyak berlebih. Sementara sheet mask biasanya memiliki kandungan essence yang berfungsi untuk memberikan nutrisi pada kulit berminyak.

4. Menggunakan Pelembab

Menggunakan Pelembab

Cara merawat wajah berminyak kali ini mungkin akan membuat banyak orang bertanya-tanya apakah justru akan semakin parah jika wajah berminyak malah dipakein pelembab? Namun ternyata tidak, faktanya pelembab justru dapat mengatasi kulit kusam, jerawatan, serta minyak berlebih pada wajah.

Namun pelembab yang digunakan juga tidak boleh asal pilih, kalian harus mengerti apa yang dibutuhkan wajah kalian. Untuk wajah berminyak sendiri kalian bisa menggunakan pelembab yang memiliki kandungan Aloe Vera atau lidah buaya, karena kandungan tersebut diyakini baik untuk wajah berminyak dan jerawatan.

5. Menggunakan Sunscreen

Menggunakan Sunscreen

Cara merawat wajah berminyak yang terakhir adalah menggunakan Sunscreen. Menggunakan Sunscreen justru dapat mencegah kulit berminyak akibat paparan sinar matahari apalagi saat melakukan aktivitas yang memerlukan tenaga. Ada banyak sekali manfaat dari Sunscreen seperti mengatasi flek hitam, menghindari tanda penuaan dini, mengurangi keriput, dll.

Penggunaan Sunscreen sangat penting untuk merawat kulit dan wajah kalian dari bahayanya paparan sinar matahari secara langsung. Dan ada hal yang perlu kalian ketahui bahwa tidak semua jenis Sunscreen cocok untuk keluhan wajah dengan minyak berlebih, jadi perhatikan kebutuhan kulit dan wajah kalian ketika hendak menggunakan Sunscreen.

Untuk keluhan wajah berminyak sendiri sebaiknya menghindari Sunscreen yang mengandung bahan dasar minyak serta wewangian. Selain itu kalian juga harus rutin untuk menggunakan Sunscreen baik nantinya akan berkegiatan di luar ruangan ataupun tidak. Hal ini diperlukan supaya kulit kalian tidak terkena paparan matahari secara langsung.

Nah itu dia 5 cara merawat wajah berminyak yang bisa kalian aplikasikan langsung pada permasalahan wajah kalian. Cukup sampai di sini saja pembahasan kali ini, semoga beberapa cara di atas dapat bermanfaat untuk orang yang memiliki masalah minyak berlebih pada wajahnya. Sekian dari saya, terimakasih sudah membaca.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar