Cara Perawatan Wajah Sehari Hari untuk Wanita dan Pria - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Cara Perawatan Wajah Sehari Hari untuk Wanita dan Pria

Cara perawatan wajah sehari hari untuk wanita dan pria, dengan menggunakan sunscreen dan moisturizer secara rutin, serta mencuci wajah.
Cara Perawatan Wajah Sehari Hari untuk Wanita dan Pria - Bagi semua orang, wajah merupakan aset berharga yang perlu dijaga dan dirawat, mulai dari usia muda hingga tua. Upaya yang paling sederhana dalam menjaga aset tersebut yaitu dengan cara perawatan wajah sehari hari.

Perlu diketahui bahwa antara pria dan wanita mempunyai cara perawatan wajah yang berbeda. Lalu, apa perbedaannya dan bagaimana langkah-langkahnya? Yuk langsung baca artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Cara Perawatan Wajah Sehari Hari untuk Wanita

Cara Perawatan Wajah Sehari Hari untuk Wanita

Hindari Bahan Skincare yang Tidak Cocok

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat merawat yakni memilih bahan skin care perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit.

Caranya, dengan mencari tahu terlebih dahulu jenis dan tipe kulit. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kandungan skincare yang mendatangkan reaksi ketidakcocokan pada kulit. Misalnya, pemilik kulit kering, disarankan untuk menghindari skincare yang mengandung minyak kelapa.

Lakukan Double Cleansing dengan Benar

Membersihkan wajah dalam dua tahap atau double cleansing bertujuan untuk membersihkan sumbatan yang ada di pori-pori setelah melakukan kegiatan selama sehari penuh.

Tahap pertama, Anda bisa menggunakan micellar water, cleansing balm, cleansing oil, atau produk lainnya. Setelah itu, gunakan facial wash untuk mencuci dan mengangkat kotoran yang tersisa.

Pakai Toner

Penggunaan toner seringkali disepelekan bahkan dilewatkan. Padahal, produk ini mampu mengangkat sel kulit mati dan melembapkan kulit, lho!

Selain itu, toner juga menyeimbangkan pH kulit, sehingga kulit lebih siap dalam menerima rangkaian skincare selanjutnya. Akibatnya, produk perawatan wajah mampu bekerja dengan optimal. Jadi, yuk pakai toner dengan optimal, supaya skincare yang Anda gunakan dapat bekerja optimal!

Aplikasikan Moisturizer atau Pelembap

Moisturizer mampu menjaga kelembapan kulit sekaligus melindunginya dari pengaruh buruk lingkungan. Akhirnya, kulit tetap sehat, kencang, dan terawat.

Saat memilih pelembap, pilihlah produk yang sesuai dengan tipe dan preferensi. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu ketika akan melakukan cara perawatan wajah sehari hari.

Gunakan Sunscreen atau Tabir Surya

Sunscreen mampu melindungi kulit Anda dari sinar matahari, tepatnya radiasi UVA dan UVB. Produk skincare ini dapat mencegah terjadinya sunburn dan bintik hitam pada kulit. Bahkan, sunscreen mampu cara merawat wajah secara alami agar awet muda dapat mencegah tanda penuaan dini.

Gunakan sunscreen sebanyak dua ruas jari, kemudian ratakan ke seluruh bagian wajah, telinga luar, dan leher.

Lakukan Eksfoliasi dengan Teratur

Supaya wajah bersih dan mulus, metode perawatan wajah yang perlu Anda lakukan yaitu rutin eksfoliasi sebanyak 2-3 kali seminggu.

Eksfoliasi dilakukan dengan tujuan mempercepat pengangkatan sel kulit mati, sehingga proses regenerasi sel kulit dapat optimal. Selain itu, eksfoliasi juga memperbaiki tekstur kulit di wajah, sehingga kerutan dan garis halus dapat tersamarkan.

Cara Perawatan Wajah Sehari Hari untuk Pria

Cara Perawatan Wajah Sehari Hari untuk Pria

Cuci Wajah dengan Rutin

Cara perawatan wajah sehari hari untuk pria yang pertama yaitu mencuci wajah dengan rutin. Jumlah mencuci wajah dalam sehari yang direkomendasikan oleh para ahli yakni dua kali sehari, tepatnya pada pagi dan malam hari.

Pada pagi hari, mencuci wajah bertujuan untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel saat tidur. Sementara, mencuci wajah pada malam hari bertujuan untuk menghapus kotoran yang didapatkan dari aktivitas sehari-hari.

Apalagi jika kulit berkeringat, disarankan untuk mencuci wajah. Sebab, keringat yang tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan masalah kulit lain.

Lakukan Bercukur dengan Benar

Pria berkumis dan berjanggut penuh, memerlukan teknik mencukur yang tepat untuk menjaga wajah tetap bersih. Sebaiknya, tahap ini dilakukan setelah membersihkan wajah, supaya melembutkan rambut dan kulit. Caranya juga mudah, cukup langkah-langkah ikuti berikut ini:
  1. Persiapkan pisau cukur sesuai dengan kebutuhan.
  2. Oleskan krim cukur di area yang terdapat kumis dan jenggot.
  3. Setelah itu, cukur searah pertumbuhan rambut.
  4. Lakukan pencukuran rambut secara perlahan saja, jangan sampai ditekan dengan berlebihan, karena akan berisiko melukai kulit.
  5. Setiap melakukan gesekan, bilas pisau cukur menggunakan air.
  6. Ganti pisau cukur setelah digunakan sebanyak 5-7 kali untuk menghindari iritasi dan luka pada kulit.

Pakai Moisturizer dan Toner

Salah satu cara merawat wajah agar glowing yaitu menggunakan skincare yang dapat melembapkan kulit, seperti moisturizer.

Moisturizer juga dibutuhkan pria supaya kelembapan kulit tetap terjaga. Setelah itu, gunakan toner sesuai dengan kebutuhan kulit. Pada umumnya, terdapat dua macam toner, yaitu exfoliating toner (toner eksfoliasi) dan hydrating toner (toner pelembap).

Gunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen mutlak dibutuhkan, terutama ketika beraktivitas di luar ruangan. Sebab, produk ini mampu melindungi kulit dari sinar matahari.

Cara perawatan wajah sehari hari ini sangat penting, karena jika dilewatkan maka langkah-langkah sebelumnya menjadi sia-sia. Sebab, radiasi matahari yang terdiri atas UVA dan UVB sangat berbahaya bagi kulit.

Sebenarnya, cara perawatan wajah sehari hari pada pria dan wanita dapat dilakukan dengan mudah dan simpel bukan? Hanya saja, membutuhkan ketekunan dalam melakukannya. Selamat mencoba!
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar