7 Perawatan Wajah Pria Berminyak dan Berjerawat - Tagar Berita

7 Perawatan Wajah Pria Berminyak dan Berjerawat

Tidak hanya wanita saja, perawatan wajah untuk pria juga penting. Berikut 7 perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat yang cukup efektif.
7 Perawatan Wajah Pria Berminyak dan Berjerawat - Merawat kulit tidak hanya dimiliki oleh wanita saja, tetapi pria juga harus melakukannya. Masalah yang sering dialami pria adalah memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Lalu, apa saja perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat ini?

Untuk mengatasinya, maka ada beberapa tips menghilangkan minyak dan jerawat yang harus Anda terapkan. Mulai dari cuci muka, pakai masker, dan berbagai produk lain yang bisa dipakai. Untuk informasi selanjutnya, simak tips perawatan wajah pria berikut ini.

Rekomendasi Perawatan Wajah Pria Berminyak dan Berjerawat

Berikut ini adalah cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat untuk pria.

1. Rajin Cuci Muka atau Pakai Facial Wash

Rajin Cuci Muka atau Pakai Facial Wash

Tips pertama ini merupakan fondasi dasar dalam perawatan wajah. Anda harus melakukannya secara rutin untuk membersihkan kulit dari minyak dan bakteri. Pasalnya, kulit yang berminyak dan dipenuhi bakteri akan menyumbat pori-pori kulit.

Akibatnya, timbullah jerawat pada wajah. Oleh sebab itu, Anda harus rajin menggunakan facial wash setiap hari di pagi dan malam hari. Untuk sabun wajah pria untuk kulit berminyak dan berjerawat bisa ditemukan banyak beredar. Contohnya adalah Nivea Men’s, Men’s Biore, dsb.

2. Tepuk Wajah Sehabis Cuci Muka

Tepuk Wajah Sehabis Cuci Muka

Langkah berikutnya setelah mencuci muka adalah menepuk-nepuk wajah untuk mengeringkannya. Anda bisa menepuknya dengan handuk yang lembut. Lakukan hal ini dengan pelan.

Jangan sampai mengusap wajah pakai handuk dengan kasar karena ini akan membuat kulit menjadi lebih kering. Selain itu, dengan mengusapnya secara kasar bisa membuat kulit malah lebih banyak memproduksi minyak atau sebum.

Akibatnya, malah membuat wajah timbul jerawat lebih banyak lagi. Selain itu, pengusapan yang kasar juga dapat mengiritasi kulit sehingga menimbulkan kemerahan.

3. Pakai Toner

Pakai Toner

Toner memiliki fungsi untuk mengangkat sisa kotoran yang lebih baik dibandingkan cuci muka. Jadi, cuci muka sebenarnya tidaklah cukup untuk membersihkan wajah. Masih ada debu yang menempel pada wajah terutama pria yang memiliki aktivitas tinggi.

Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan toner yang berfungsi untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Umumnya toner tersebut haruslah mengandung salicylic acid untuk mengatasi masalah tersebut.

Produk perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat contohnya adalah Innisfree Forest for Men Fresh Skin yang memberikan efek menyegarkan pada kulit.

Selanjutnya adalah Natasha Men’s Balancing Skin Toner yang juga berfungsi menjadi pembersih wajah, dsb.

4. Pakai Masker Wajah

Pakai Masker Wajah

Siapa bilang pria tidak boleh menggunakan masker wajah? Ya, masker wajah adalah perawatan yang membantu Anda bisa menghilangkan minyak dan jerawat. Perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat ini perlu dilakukan beberapa kali dalam seminggu.

Umumnya adalah 2 sampai 3 kali seminggu saja. Dengan menggunakan masker, kulit akan tampak lebih kenyal dan membuat wajah cerah. Minyak dan kotoran bisa terangkat dengan baik sehingga wajah Anda menjadi semakin bersih.

Ada banyak jenis masker yang bisa Anda pakai mulai dari bentuk peel off, masker bubuk, masker alami, sampai dengan masker kertas. Semua bisa didapatkan dengan mudah di pasaran.

Saat ini juga sedang tren memakai masker dengan bahan alami karena kandungannya yang efektif dan membuatnya terlihat lebih sehat. Adapun contoh bagan alami yang bisa dipakai sebagai masker adalah air lemon, madu, putih telur, lidah buaya, dan berbagai buah-buahan.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan masker alami ini juga memiliki efek samping terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, takaran yang dibuat harus pas supaya tidak mengiritasi kulit.

5. Oleskan Pelembab

Oleskan Pelembab

Perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat selanjutnya adalah dengan mengoleskan pelembap. Banyak orang salah mengira dan berasumsi bahwa pengolesan pelembap ini bisa menimbulkan kulit menjadi lebih berminyak.

Padahal, pelembap juga diperlukan untuk membuat kulit tidak memproduksi minyak secara berlebih sehingga lebih mudah terkontrol. Selain itu, Anda juga perlu menggunakannya sesuai dengan aturan pakai yang tepat.

Penting juga mempertimbangkan kandungan yang ada di dalam pelembap tersebut guna mendapatkan hasil yang optimal untuk mengatasi permasalahan wajah Anda. Contohnya, pilih pelembap yang tidak menimbulkan komedo atau non comedogenic.

Dengan demikian, tidak akan memperparah masalah kulit Anda. Selain itu, pilih juga yang tidak menimbulkan minyak berlebih sehingga kulit tetap lembap dan sehat.

6. Pakai Sunscreen

Pakai Sunscreen

Penting melindungi wajah dari sinar UV terutama apabila memiliki jenis kulit berminyak. Pakai sunscreen untuk mencegah paparan langsung dari sinar matahari. Untuk mencegah munculnya jerawat, gunakan sunscreen dengan kandungan zinc oxide dan titanium dioxide.

Selain itu, hindari yang mengandung wangi-wangian agar tidak memperparah kulit terutama jika Anda memiliki jenis kulit sensitif.

7. Pakai Kertas Minyak

Pakai Kertas Minyak

Apabila Anda memiliki aktivitas tinggi dan senang berolahraga, maka minyak berlebih bisa saja muncul saat sedang beraktivitas. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan kertas minyak untuk cepat menyerap kelebihan minyak pada pria.

Perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat perlu dilakukan agar membuat kulit lebih terawat. Pastikan kandungan yang di dalamnya agar efektif untuk menghilangkan minyak dan jerawat. Semoga bermanfaat.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.