Perawatan Wajah Bopeng Efektif dan Ampuh - Tagar Berita

Perawatan Wajah Bopeng Efektif dan Ampuh

Ada beberapa perawatan wajah bopeng yang bisa Anda lakukan yaitu chemical peeling, krim penghilang bekas jerawat, dermabrasi, terapi laser, dsb.
Perawatan Wajah Bopeng Efektif dan Ampuh - Masalah kulit yang sering terjadi adalah bopeng. Bopeng merupakan salah satu jenis bekas jerawat yang menyebabkan kulit seperti berlubang cukup dalam. Perawatan wajah bopeng berbeda dengan perawatan wajah normal karena untuk mengembalikannya tidak mudah.

Bekas luka yang cekung ini mengindikasikan terjadinya kerusakan pada wajah ini bisa disebabkan karena kebiasaan memencet jerawat. Ada beberapa cara yang bisa menghilangkan atau mengurangi bopeng, diantaranya adalah sebagai berikut:

Perawatan Wajah Bopeng

Perawatan untuk wajah bopeng tidaklah mudah. Anda dapat menggunakan beberapa perawatan sebagai berikut:

1. Chemical Peeling

Chemical Peeling

Cara ampuh perawatan untuk wajah bopeng yaitu dengan menggunakan chemical peeling. Langkah ini dilakukan dengan melarutkan bahan kimia tertentu pada wajah dengan maksud untuk menggantikan jaringan kulit mati.

Nantinya, kulit akan terkelupas sehingga jaringan parut menjadi berkurang. Umumnya, bahan dipakai untuk chemical peeling adalah asam salisilat dan asam gilkolat. Hal ini tentu saja harus dengan panduan dokter spesialis kulit yang sudah ahli di bidangnya.

Asam gilkolat menurut penelitian dapat memberikan perawatan yang maksimal dan tergolong aman terutama untuk kulit cenderung gelap. Sedangkan untuk asam salisilat sendiri merupakan jenis bahan kimia yang memiliki keuntungan dapat memutihkan.

Oleh sebab itu, perawatan ini cukup efektif memberikan dampak yang signifikan pada kulit. Biaya perawatan wajah bopeng ini berkisar Rp 200 ribu sampai Rp 800 ribu.

2. Krim Penghilang Bekas Jerawat

Krim Penghilang Bekas Jerawat

Perawatan wajah bopeng yang efektif lainnya adalah dengan menggunakan krim penghilang bekas jerawat. Pemakaian krim penghilang bekas jerawat ini terbilang cukup bebas karena bisa tanpa menggunakan resep dokter.

Cara kerjanya adalah membuat kulit menjadi lebih lembap sehingga mengurangi masalah lain yang lebih parah seperti kemerahan dan gatal. Namun, ketika Anda menggunakan perawatan wajah bopeng pria atau wanita ini, hasilnya tidak bisa langsung sembuh.

Butuh berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pemilihan krim ini juga tidak boleh sembarangan karena harus menyesuaikan dengan jenis kulit Anda.

Contohnya adalah memakai krim dengan bahan Centella asiatica yang bermanfaat untuk meredakan iritasi serta memperbaiki lapisan kulit. Namun, jika masih bingung untuk menentukan merek yang pas, konsultasikan dulu krim yang cocok pada dokter spesialis.

3. Dermabrasi

Dermabrasi

Dermabrasi adalah prosedur lain untuk perawatan wajah bopeng. Langkah yang dilakukan adalah dengan menggunakan kawat kecil halus yang berputar sehingga akan menyamakan tekstur kulit menjadi lebih rata.

Setelah melakukan prosedur ini, maka akan ada tahap pemulihan. Kulit akan ditumbuhi lapisan yang lebih baru serta halus. Tujuannya adalah untuk menggantikan kulit yang rusak. Dermabrasi dapat menggunakan bius lokal atau umum.

Perawatan bopeng ini lebih menarik perhatian karena hasilnya yang lebih cepat yaitu sekitar 10 hari sampai 3 minggu. Ingat! Prosedur ini hanya bisa dilakukan oleh dokter yang resmi.

4. Laser Resurfacing

Laser Resurfacing

Terapi laser juga merupakan cara meratakan kulit dengan cara menghilangkan lapisan epidermis lalu mengencangkan lapisan tengahnya. Laser resurfacing akan membuat kulit mengalami regenerasi kembali dan proses pemulihannya berlangsung cepat.

Namun, Anda harus rela ditutup perban sekitar 3 sampai 10 hari dan menjaga wajah tidak terkenal kontaminasi agar mengubah kulit menjadi normal kembali.

5. Dermal Filler

Dermal Filler

Dermal Filler adalah perawatan yang dilakukan dengan menyuntik wajah sehingga luka bopeng yang cekung akan terangkat.

Nantinya, ketinggiannya terlihat sama sehingga tidak terlalu dalam. Metode suntik ini menggunakan senyawa tertentu sehingga dapat menambal bagian yang cekung tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa perawatan ini tidak permanen.

Jadi, setelah beberapa bulan atau beberapa tahun, wajah akan kembali seperti kondisi awalnya. Meski begitu, pemakaiannya memberikan efek yang cepat dan instan. Anda juga perlu perhatikan risiko menggunakannya yaitu bisa terjadi iritasi kulit, infeksi, sampai alergi.

6. Microneedling

Microneedling

Fungsi dari perawatah ini yaitu untuk memperbanyak produksi kolagen pada kulit. Caranya dengan menusuk kulit yang pulih agar bisa menghasilkan lebih banyak zat kolagen. Nantinya, bopeng tersebut akan tertutup dengan zat kolagen ini.

Hasilnya bopeng tersebut menjadi lebih tersamarkan. Perawatan ni harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal yaitu setiap 2-6 minggu. Sedangkan hasilnya tidak bisa dilihat instan dan harus menunggu waktunya sampai sekitar 9 bulan.

7. Cangkok Kulit

Cangkok Kulit

Perawatan terakhir untuk wajah bopeng adalah dengan mencangkok kulit. Caranya adalah mengisi lubang di wajah dengan jaringan kulit sehat yang kecil. Kulit ini berasal dari pasien itu sendiri.

Biasanya, jaringan yang diambil adalah di bagian kulit belakang telinga. Dengan menggunakan prosedur ini, wajah yang bopeng akan berkurang.

Prosedur ini juga cocok dilakukan setelah proses dermabrasi. Tujuannya untuk menutup lubang yang bisa ditimbulkan dari proses dermabrasi tersebut.

Sedangkan prosedur alami yang bisa Anda lakukan adalah dengan pijat wajah atau menjaga kelembapan wajah sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Perawatan wajah bopeng bisa dilakukan melalui prosedur di atas atau bisa juga secara alami yang tidak membutuhkan dokter. Namun, proses alami ini memiliki penyembuhan yang lebih panjang lagi. Semoga bermanfaat.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.