Perawatan Sehari-hari untuk Wajah Berjerawat - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Perawatan Sehari-hari untuk Wajah Berjerawat

Perawatan sehari-hari untuk wajah berjerawat perlu dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Ada 7 cara yang bisa diterapkan simak ya.
Perawatan Sehari-hari untuk Wajah Berjerawat - Kulit berjerawat merupakan masalah yang membuat banyak orang kesal karena sangat mengganggu penampilan. Lalu, bagaimana langkah perawatan sehari-hari untuk wajah berjerawat? Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara seperti yang akan dijelaskan pada artikel.

Penyebab jerawat dapat terjadi karena beberapa faktor, contohnya adalah produksi kelenjar minyak yang berlebih, pori-pori yang tersumbat karena debu yang menempel, serta karena kuman. Oleh sebab itu, diperlukan adanya penggunaan skincare yang ampuh.

Perawatan Sehari-hari untuk Wajah Berjerawat

Perawatan sehari-hari untuk wajah dengan kondisi berjerawat perlu dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Hal ini karena perawatan tidak ada yang instan.

Anda harus sabar memakai skincare untuk wajah berjerawat setiap harinya untuk meredakan jerawat dan membuatnya mulus kembali. Berikut ini adalah beberapa jobsheet perawatan wajah berjerawat.

1. Double Cleansing

Double Cleansing

Perawatan sehari-hari untuk wajah berjerawat yang paling dasar adalah melakukan double cleansing. Jerawat rentan disebabkan karena bakteri sehingga pembersihan wajah harus maksimal.

Gunakan micellar water sebelumnya untuk membersihkan wajah dari make up dan kotoran sehingga bakteri penyebab jerawat hilang. Disarankan untuk tidak memakai skincare dengan kandungan pewangi untuk lebih aman dipakai bagi kulit berjerawat.

Pilih facial wash dengan kandungan salicylic acid yang merupakan bahan populer untuk atasi jerawat karena mampu membersihkan wajah lebih maksimal.

2. Lakukan Eksfoliasi

Lakukan Eksfoliasi

Jerawat biasanya disebabkan karena sel kulit mati yang menumpuk sehingga menutup pori-pori. Apabila dibiarkan terlalu lama, hal ini mengakibatkan peradangan sehingga muncul jerawat. Oleh sebab itu, perawatan wajah berjerawat dan berminyak dapat dilakukan dengan eksfoliasi kulit.

Anda bisa menggunakan exfoliating toner yang dipakai 2-3 kali seminggu. Kulit mati bisa terangkat dengan menggunakan toner ini. Bisa juga dengan mencari exfoliating toner dengan bahan aktif seperti AHA, BHA, PHA, yang bekerja baik untuk mengatasi jerawat.

3. Serum Khusus Jerawat

Serum Khusus Jerawat

Perawatan sehari-hari untuk wajah berjerawat lainnya adalah menggunakan serum khusus. Pilihlah serum yang memang dikhususkan untuk kulit jerawat sehingga perawatannya akan berlangsung efektif.

Bahan aktif yang ada di jerawat berbeda dengan serum pada umumnya. Serum mengobati jerawat contohnya adalah yang mengandung niacinamide, bakuchiol, dan bahan aktif lainnya yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Serum jerawat juga harus memiliki kandungan yang berfungsi sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Dengan demikian, jerawat berangsur-angsur akan menghilang dan bekas jerawat bisa lebih pudar dengan cepat.

4. Selalu Berikan Hidrasi Pada Wajah

Selalu Berikan Hidrasi Pada Wajah

Wajah yang berjerawat membutuhkan kelembapan kulit karena membuatnya tetap terhidrasi. Dengan memiliki kulit yang terhidrasi, Anda bisa mengatasi jerawat. Untuk membuatnya terhidrasi, Anda bisa menggunakan pelembap terbaik yang cocok untuk kulit berminyak.

Pilihlah pelembap yang tidak terlalu berminyak dan pilih yang anti comedogenic. Hal ini penting untuk membuat kulit lembap dan mencegah over moisturizing yang mengakibatkan penumpukan minyak berlebih.

Jika minyak tersebut berlebih, maka bisa menyumbat pori-pori. Jadi, kadar minyak harus stabil dengan mengoleskan pelembap ini secara maksimal. Anda juga bisa memilih dengan kandungan water based moisturizer yang memiliki formula ringan.

Apabila dipakai di kulit wajah, kandungan tersebut bisa mengatasi iritasi. Penggunaan pelembap juga baik dipakai sehari-hari. Gunakan juga pelembab dengan manfaat lainnya seperti mengatasi jerawat dan mencerahkan wajah.

5. Pakai Acne Spot Gel yang Bisa Mengurangi Inflamasi

Pakai Acne Spot Gel yang Bisa Mengurangi Inflamasi

Apabila jerawat baru muncul maka ini tentu mengganggu karena penyembuhannya yang terbilang lama. Untuk mempercepatnya, gunakan acne spot gel yang tersedia di apotik atau di toko terdekat.

Penggunaan bahan ini mampu membuat kuman penyebab jerawat dibasmi secara tuntas. Umumnya, bahan yang ada di acne spot gel mengandung salicylic acid yang mampu mengangkat kulit mati dan anti peradangan.

Akibatnya, kemerahan yang muncul pada wajah menjadi tersamarkan dengan baik. Adapun cara untuk mengaplikasikannya adalah dengan mengambil seujung jari lalu cukup ditotol ke area jerawat saja.

6. Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan

Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan

Kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan adalah masalah yang harus dihentikan. Hal ini karena tangan adalah tempat yang paling banyak mengandung bakteri. Apalagi jika Anda menyentuh benda-benda publik yang berisiko ikutnya bakteri di tangan.

Jika tangan tersebut menyentuh wajah, bakteri akan berpindah dari tangan ke wajah. Bakteri tersebut bisa tumbuh sehingga menyebabkan infeksi. Jerawat yang ada bisa lebih parah dan bekas jerawat bisa kembali mengalami infeksi.

Jadi, jangan terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan. Apabila ingin menggunakan skincare, cuci tangan terlebih dahulu agar lebih bersih dan tidak mengalami risiko bertambahkan jerawat yang lebih parah lagi.

7. Pakai Tabir Surya

Pakai Tabir Surya

Perawatan terakhir yang bisa dilakukan yaitu melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Tujuannya agar tidak meningkatkan sebum (produksi minyak) berlebih. Untuk itu, pakai sunscreen dengan SPF minimal 30 agar bebas minyak dan tidak muncul jerawat.

Perawatan sehari-hari untuk wajah berjerawat ini dapat dilakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil baik. Namun, perhatikan juga segi sensitifitas kulit Anda karena ada beberapa cara seperti eksfoliasi yang tidak bisa dipakai untuk kulit sensitif.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar