Inilah Treatment & Resep Dokter untuk Menghilangkan Flek Hitam - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Inilah Treatment & Resep Dokter untuk Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam bisa hilang dengan treatment dan resep dokter untuk menghilangkan flek hitam. Salah satu treatment ampuh chemical peeling, asam salisilat.
Inilah Treatment & Resep Dokter untuk Menghilangkan Flek Hitam - Flek hitam pada wajah tentunya akan sangat mengganggu penampilan. Ada berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah flek hitam di wajah ini. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan resep dokter untuk menghilangkan flek hitam.

Flek hitam sendiri bisa disebabkan oleh beberapa masalah. Untuk menemukan treatment terbaik, tentunya harus diketahui penyebabnya. Berikut beberapa resep dokter yang biasanya digunakan untuk treatment masalah flek hitam.

Treatment dan Resep Dokter untuk Menghilangkan Flek Hitam

Treatment dan Resep Dokter untuk Menghilangkan Flek Hitam

Masalah flek hitam ini sebenarnya tidak berbahaya selama dalam level normal. Jika masalah flek disebabkan bekas jerawat, Anda bisa mengatasinya dengan membeli obat penghilang flek hitam di apotik Kimia Farma.

Anda juga bisa menemukan cara alami menghilangkan flek hitam di pipi akibat jerawat. Namun untuk kasus yang lebih kompleks, sebaiknya Anda menemui dokter.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel untuk kepentingan estetika bisa juga dilakukan dengan bantuan dokter kulit. Ada beberapa treatment biasanya dilakukan. Berikut treatment dan resep dokter yang biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah flek hitam.

1. Penggunaan Cream Pemutih

Penggunaan cream pemutih dengan kandungan aktif ini biasanya diresepkan untuk menekan produksi melanin. Cara ini digunakan sebagai treatment mencerahkan wajah.

● Retinoid Cream
Cream oles ini biasanya jadi salah satu resep dokter untuk menghilangkan flek hitam. Cream ini memiliki kandungan vitamin A yang digunakan untuk mencerahkan dan mengatasi masalah flek hitam. Penggunaan resep dokter ini harus dilakukan secara rutin setiap hari.

● Prosedur Cryosurgery
Prosedur kecantikan ini menggunakan cairan nitrogen bersuhu rendah. Kegunaan treatment ini adalah untuk membekukan atau menghancurkan sel kulit yang menyebabkan flek hitam. Penggunaanya, dokter akan mendiagnosa masalah kulit dan memutuskan treatment ini perlu dilakukan atau tidak.

2. Peeling di Dokter Kulit

Chemical peeling menjadi treatmen yang biasanya dilakukan dalam perawatan dokter dengan menggunakan cairan kimia.

Menurut Jurnal Penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, chemical peeling juga disebut sebagai chemox foliation, chemosurgery, atau derma peeling. Chemical peeling adalah penggunaan dari satu atau lebih bahan aktif yang berfungsi untuk pengelupasan kulit.

Beberapa bahan peeling yang digunakan seperti asam salisilat, asam glikolat, atau asam trikloroasetat. Kegunaannya adalah mengangkat sel-sel kulit mati dan mendorong regenerasi kulit yang sehat.

Mengenali Penyebab Flek Hitam di Wajah

Mengenali Penyebab Flek Hitam di Wajah

Sebelum memilih treatment ataupun resep dokter untuk menghilangkan flek hitam. Ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja penyebab flek hitam pada wajah. Berikut beberapa penyebab yang menyebabkan flek hitam.

1. Gejala Flek Hitam

Flek hitam biasanya tidak langsung muncul pada kulit wajah. Ada beberapa gejala yang menandai adanya flek hitam ini. Dengan mengenali gejalanya akan lebih memungkinkan untuk menemukan cara menghilangkan flek hitam pada wajah lebih awal. Beberapa gejala yang muncul seperti:

● Bercak di Wajah – tanda awal munculnya flek hitam ini bisa berupa bintik kecil yang menyebar di bagian wajah. Bintik berukuran sekitar 1 mm ini bisa jadi tanda awal flek hitam

● Warna yang Berbeda – tanda lain yang biasanya terjadi di wajah adalah ada warna berbeda di bagian tertentu dari wajah. Warna ini bisa hitam atau cokelat tua yang samar-samar terlihat.

● Lokasi Tertentu – flek hitam tidak selalu ada dibagian wajah, bisa juga muncul di bagian dada, lengan atau leher. Untuk bagian wajah biasanya di pipi hingga tulang hidung

2. Penyebab Flek Hitam

Flek hitam ini umumnya terjadi sebagai akibat meningkatkan melanin yang ada di kulit wajah. Ada sebagian kasus dari masalah flek hitam yang disebabkan masalah genetik. Tandanya biasanya muncul pada saat masih kanak-kanak dan menghilang perlahan-lahan sejalan dengan waktu.

Untuk masalah genetic ini tentunya tidak bisa di treatment dengan resep dokter untuk menghilangkan flek hitam. Berikut penyebab umum penyebab flek hitam di wajah.

Paparan Sinar Matahari – berada di bawah terik matahari tanpa tabir surya secara terus menerus bisa jadi penyebab utama timbulnya flek hitam.

Penggunaan Obat – beberapa kasus penggunaan obat yang mempengaruhi hormonal seperti pil KB juga bisa menyebabkan flek hitam.

Perubahan Hormon – perubahan hormonal pada wanita seperti saat kehamilan atau menstruasi bisa juga jadi pemicu peningkatan melanin penyebab flek hitam.

Penggunaan Kosmetik – adakalanya kosmetik tertentu mengandung bahan kimia yang menyebabkan kerusakan pigmen yang menimbulkan flek hitam.

Proses Pemulihan Luka – bagi yang memiliki masalah dengan jerawat biasanya juga mengalami masalah flek hitam. Masalah ini lebih disebabkan proses penyembuhan luka akibat peradangan pada jerawat.

Bertambah Usia – faktor usia yang makin bertambah membuat kulit tidak lagi elastis yang membuat lebih mudah mendapatkan flek hitam.

Tanda Flek Hitam yang Berbahaya

Tanda Flek Hitam yang Berbahaya

Flek hitam yang normal pada umumnya tidak akan membahayakan kesehatan. Namun flek hitam yang dibiarkan tanpa treatment juga akan mengganggu keindahan pada wajah seseorang. Ada beberapa indikasi yang perlu Anda waspadai pada masalah flek hitam yang membahayakan seperti:
  1. Tumbuh menjadi benjolan atau menonjol
  2. Memiliki bentuk tidak beraturan
  3. Tekstur flek bergelombang atau tidak rata
  4. Warna flek berubah merah
  5. Flek menimbulkan rasa nyeri pada wajah
Penggunaan resep dokter untuk menghilangkan flek hitam ini bisa jadi solusi permasalahan kulit yang mengganggu penampilan. Untuk hasil optimal gunakan secara teratur dan disertai dengan penggunaan tabir surya.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar