8+ Cara Mengetahui Cream Mengandung Merkuri, Penting! - Tagar Berita

8+ Cara Mengetahui Cream Mengandung Merkuri, Penting!

Ini dia cara mengetahui cream mengandung merkuri dengan mudah. Bisa dipraktikkan di rumah. Baca sampai tuntas untuk tutorial lengkapnya.
8+ Cara Mengetahui Cream Mengandung Merkuri, Penting! - Merkuri merupakan zat yang membahayakan kalau sampai mengendap di kulit manusia. Apalagi sekarang sedang sangat marak cream yang mengandung zat berbahaya tersebut. Sebaiknya, Anda memahami cara mengetahui cream mengandung merkuri.

Hal ini penting supaya Anda bisa menghindari atau terlepas dari cream berbahaya kalau sudah terlanjur menggunakannya. Bagaimana cara mengetahuinya?

Cara Membedakan Cream Aman dan Berbahaya

Berikut adalah beberapa cara mengetahui cream mengandung merkuri atau tidak. Simak baik-baik dan Anda bisa langsung mempraktikkannya kemudian.

1. Periksa Kemasan

Cara Mengetahui Cream Mengandung Merkuri - Periksa Kemasan

Langkah paling awal yang bisa dilakukan adalah memeriksa kemasan produk. Periksa secara detail kemasan yang dipakai untuk mengemas produk. Apakah kemasan rapi atau tidak, apakah segel masih utuh atau sudah rusak, serta pastikan kemasan tidak terkontaminasi hal-hal dari luar.

Kalau cream sudah terkontaminasi, sebaiknya jangan gunakan. Anda juga tidak perlu melakukan langkah selanjutnya karena cream tersebut pasti tidak aman.

2. Periksa Izin Edar

Cara Mengetahui Cream Mengandung Merkuri - Periksa Izin Edar

Setelah itu, periksa izin edar atau nomor pendaftaran di BPOM RI. Jika pada kemasan tidak terdapat nomor izin edar atau bukti pendaftaran BPOM RI, cream tersebut perlu diwaspadai. Jangan-jangan ada zat berbahaya di dalamnya.

Untuk mengecek nomor BPOM, Anda bisa langsung melakukan pencarian di website resmi BPOM. Di sana, Anda bisa mencari data mengenai produk tersebut berdasarkan merek, nama produk, maupun nama pendaftar.

3. Periksa Waktu Kadaluwarsa

Cara Mengetahui Cream Mengandung Merkuri - Periksa Waktu Kadaluwarsa

Sekarang lakukan pemeriksaan waktu kadaluwarsa atau expired date dari sebuah produk. Pastikan bahwa expired date masih lama. Jangan sampai Anda menggunakan produk skincare yang sudah kedaluwarsa.

Pasalnya, produk kadaluwarsa pasti sudah tidak bisa berfungsi maksimal seperti seharusnya. Bisa jadi, produk kedaluwarsa tersebut adalah harus tarikan dari pasar yang dijual kembali.

4. Analisis Tekstur

Cara Mengetahui Cream Mengandung Merkuri - Analisis Tekstur

Setelah memeriksa bagian luar dari kemasan produk cream, sekarang waktunya untuk membuka kemasan. Setelah itu, Anda bisa melihat dan mengetahui bagaimana teksturnya. Ciri-ciri cream yang mengandung merkuri adalah keras sehingga susah untuk dicolek.

Terkadang campuran antara satu bahan dengan bahan lainnya tidak menyatu. Ada juga sebagian yang menggumpal.

5. Analisis Aroma

Cara Mengetahui Cream Mengandung Merkuri - Analisis Aroma

Tak hanya tekstur, Anda juga perlu melakukan analisis aroma. Umumnya, produk yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri memiliki bau yang aneh. Aroma yang timbul sangat mirip dengan logam.

Sebagian produsen cream abal-abal mencoba menyamarkan bau tersebut dengan memberikan parfum pada produk. Alih-alih membuat aroma logam samar, perpaduan aroma yang sama-sama menyengat tersebut malah membuat cream terasa janggal.

6. Cara Mengetahui Krim Mengandung Merkuri dengan Emas

Cara Mengetahui Cream Mengandung Merkuri - Cara Mengetahui Krim Mengandung Merkuri dengan Emas

Cara mengetahui cream mengandung merkuri yang berikutnya harus menggunakan logam mulia, yaitu emas. Cara yang satu ini cukup mudah dilakukan dan ampuh. Berikut ini cara untuk melakukan pengetesan cream bermerkurinya:
  • Oleskan cream wajah yang akan diuji pada telapak tangan.
  • Siapkan cincin emas, kemudian gunakan untuk menggosok bagian tangan yang sudah diolesi cream tadi.
  • Perhatikan apakah terjadi perubahan warna atau tidak pada cream yang sedang digosok. Kalau warnanya masih sama, artinya cream tidak mengandung merkuri. Sebaliknya, kalau ada perubahan warna menjadi hitam, artinya cream tersebut menggunakan merkuri.

7. Tes Krim Bermerkuri dengan Air

Cara Mengetahui Cream Mengandung Merkuri - Tes Krim Bermerkuri dengan Air

Kalau tidak punya cincin emas, tenang saja. Masih ada alternatif lain untuk menguji cream merkuri. Kali ini caranya jauh lebih mudah karena hanya menggunakan air.
  • Siapkan air pada sebuah wadah, kemudian masukkan cream yang akan diuji. Aduk-aduk campuran dua zat tersebut. Jika cream menyatu ke air, artinya cream bersih dari merkuri.
  • Kalau cream tampak menggumpal dan tidak menyatu dengan air, kemungkinan besar cream tersebut menggunakan merkuri.

8. Menggunakan Setrika

Cara Mengetahui Cream Mengandung Merkuri - Menggunakan Setrika

Cara mengetahui cream mengandung merkuri yang selanjutnya adalah menggunakan setrika. Caranya juga tidak begitu sulit. Ikuti saja tutorial yang ada di bawah ini:
  • Siapkan kertas HVS atau kertas jenis lain yang berwarna putih.
  • Oleskan cream wajah pada kertas yang sudah disiapkan.
  • Setrika kertas tersebut menggunakan suhu sedang.
  • Jika cream di kertas berubah menjadi hitam, maka ada kandungan merkuri di dalamnya. Jika tidak terjadi perubahan warna, berarti aman.

9. Bawa ke Lab Untuk Melakukan Pengujian yang Valid

Cara Mengetahui Cream Mengandung Merkuri - Bawa ke Lab Untuk Melakukan Pengujian yang Valid

Jika masih ragu, bawa cream ke lab untuk dilakukan pengujian dengan lebih valid. Hasilnya akan muncul yaitu detail mengenai komponen pembuatannya.
Contoh Krim Bermerkuri

Berikut adalah beberapa krim yang mengandung merkuri dan sempat beredar secara luas:
  • Tabitha Daily & Nightly Cream
  • Night Cream SJ Sin Jung
  • Ling Zhi Vitamin E
  • Diamond Cream
  • Pemutih Dokter
  • HN SP Special UV Whitening Cream
  • Night Natural 99 Vitamin E
  • Temulawak Cream
Cara mengetahui cream mengandung merkuri sebenarnya mudah. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Jika cream yang Anda pakai selama ini mengandung merkuri, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi cara menghilangkan merkuri di wajah.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.