Propylene Glycol Apakah Berbahaya? Simak Jawabannya Disini! - Tagar Berita

Propylene Glycol Apakah Berbahaya? Simak Jawabannya Disini!

propylene glycol adalah, propylene glycol untuk wajah, propylene glycol terbuat dari, efek samping propylene glycol, propylene glycol dalam skincare
Propylene Glycol Apakah Berbahaya? Simak Jawabannya Disini! - Beberapa dari Anda pasti sudah mendengar atau bertanya tentang Propylene Glycol apakah berbahaya? Singkatnya, bahan ini adalah zat cair sintetis yang cenderung tidak berwarna dan lebih mirip seperti sirup yang diletakkan di suhu kamar.

Namun untuk mengetahui jawaban dari apakah bahaya jika ada bahan Propylene Glycol untuk wajah, maka simak pembahasan lengkapnya di bawah ini ya!

Pengertian Propylene Glycol

Propylene Glycol Apakah Berbahaya - Pengertian Propylene Glycol

Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya untuk mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Propylene Glycol adalah sebuah zat cair sintetis yang mampu menyerap kedalam air. Apabila dilihat dari segi bentuknya, maka cenderung tidak berbau, berwarna dan bening.

Propylene Glycol ini biasanya digunakan untuk melarutkan beberapa zat. Cara kerjanya lebih baik dibandingkan air, bahkan bisa dibilang apik dalam menjaga kelembaban. Inilah alasan mengapa bahan ini digunakan sebagai tambahan makanan kemasan.

Contohnya adalah pewarna makanan, popcorn, makanan cepat saji, produk susu, roti dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak jarang juga digunakan pada obat-obatan injeksi seperti Lorazepam dan krim atau salep oleh.

Nama lain dari Propylene Glycol ini sendiri adalah 1,2 Propanediol, 1,2 dihydroxypropane, trimethyl glycol yang masuk kedalam golongan zat aditif. Jadi tidak boleh sembarangan dalam penggunaannya.

Manfaat Propylene Glycol

Propylene Glycol Apakah Berbahaya - Manfaat Propylene Glycol

Menjawab pertanyaan Propylene Glycol apakah berbahaya? Sebenarnya tidak, asalkan penggunaannya dalam dosis yang tepat dan diawasi oleh badan yang berwenang. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Agen Anti Caking

Manfaat yang pertama ialah agen anti caking yang membantu mencegah komponen makanan menempel antara satu dengan lainnya hingga membentuk gumpalan seperti keju parut. Zat ini membantu agar semua komposisi berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Antioksidan

Manfaat yang kedua adalah sebagai antioksidan yang mampu memperpanjang daya simpan makanan dan melindunginya dari kerusakan akibat paparan oksigen atau zat lainnya yang berlebih.

3. Penguat Adonan

Manfaat Propylene Glycol juga mampu melakukan modifikasi gluten dan pati pada makanan agar lebih stabil.

4. Emulsifier

Emulsifier yaitu mencegah pemisahan antara bahan makanan. Contohnya adalah cuka dan minyak yang ada di dalam saus salad.

5. Menstabilkan Bahan Satu dengan Lainnya

Jika Anda bertanya bagaimana manfaat Propylene Glycol dalam skincare? Mengingat beberapa yang sudah disebutkan di atas hanya untuk makanan saja. Berdasarkan riset dari Dr. Talitha Najmillah Sabtiari, zat ini tidak berbahaya.

Propylene Glycol terbuat dari minyak mentah yang digunakan sebagai pencampur yang mampu menstabilkan dan mengemulsi antara satu bahan dengan lainnya. Tidak hanya itu, Propylene Glycol juga mampu menjaga kelembaban kulit.

Propylene Glycol Apakah Berbahaya?

Propylene Glycol Apakah Berbahaya - Propylene Glycol Apakah Berbahaya?

Berdasarkan pemaparan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa bahan ini sifatnya aman dan non toxic, sehingga sangat boleh jika digunakan untuk produk perawatan rambut dan kulit. Namun tidak boleh dilupakan, ada efek samping penggunaan, walaupun mampu menjaga kelembaban kulit.

Jika pemakaian yang berlebih dan jangka panjang, maka lapisan terdalam kulit akan menjadi kering sehingga bisa mengganggu keseimbangan minyak natural atau lemak yang ada di dalam kulit. Mengingat bahwa cara kerjanya adalah menarik air dari lapisan kulit dalam ke lapisan kulit luar.

Selain itu, karena dikategorikan sebagai bahan iritan, maka berpotensi merusak membran sel, kulit kering, ruam dan lain sebagainya. Jadi sebelum menggunakan skincare yang mengandung bahan ini, periksa terlebih dahulu apakah Anda alergi atau tidak.

Efek Samping Propylene Glycol

Propylene Glycol Apakah Berbahaya - Efek Samping Propylene Glycol

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya Propylene Glycol sudah disetujui menjadi zat aditif dalam produk farmasi, makanan atau kosmetik yang tidak luput dari timbulnya efek samping. Hanya saja perlu digaris bawahi, reaksi antara satu orang dengan lainnya bisa saja berbeda.

Ketika Propylene Glycol masuk ke dalam tubuh melalui makanan, penggunaan kosmetik atau obat, sebenarnya tidak perlu ada kekhawatiran yang berarti sebab yang masuk jumlahnya relatif sedikit. Selain itu, zat ini akan rusak selama kurang lebih 48 jam.

Namun sekali lagi, jika paparannya terjadi secara berulang walaupun dalam waktu yang singkat, maka efeknya bisa menyebabkan iritasi pada tubuh. Terlebih jika disuntikkan dalam jumlah tinggi terlalu cepat, maka zat ini bisa memicu gangguan irama jantung.

Jadi sekarang Anda sudah menemukan jawaban Propylene Glycol apakah berbahaya atau tidak kan? Aman, asalkan kadarnya tidak berlebih dan jangka waktu penggunaannya tidak terlalu sering.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Propylene Glycol Apakah Berbahaya - Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebaiknya Anda harus memperhatikan dosis setiap kosmetik atau produk obat yang dijual. Sampaikan juga kepada dokter jika Anda memiliki alergi obat tertentu, termasuk Propylene Glycol ini agar tidak menimbulkan masalah yang lebih lanjut.

Selain itu, Anda juga harus mengkonsultasikan terlebih dahulu jika ingin menggunakan produk dengan bahan Propylene Glycol.

Mengapa banyak masyarakat yang bertanya Propylene Glycol apakah berbahaya? Karena ini adalah kabar baik yang artinya mereka sudah mulai sadar terhadap apa-apa yang masuk ke dalam tubuh, sehingga bisa menjaga kesehatan.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.