Daun Sirih untuk Flek Hitam - Tagar Berita

Daun Sirih untuk Flek Hitam

cara menghilangkan flek hitam dalam 1 jam, apakah daun salam bisa menghilangkan flek hitam di wajah, efek samping daun sirih untuk wajah
Daun Sirih untuk Flek Hitam - Daun sirih sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu bahan herbal yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan. Namun tahukah Anda jika daun sirih juga cukup efektif untuk perawatan kecantikan. Salah satunya dengan memanfaatkan daun sirih untuk flek hitam.

Munculnya flek hitam sendiri sering dikaitkan dengan faktor usia, paparan sinar matahari, penggunaan kosmetik hingga kontrasepsi hormonal seperti pil KB. Selain menggunakan cream pencerah wajah, Anda juga bisa memanfaatkan daun sirih dan bahan alami lainnya untuk mengatasi flek hitam di wajah.

Apakah Daun Salam bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Apakah Daun Salam bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Saat ini banyak yang memanfaatkan bahan alami untuk perawatan wajah karena dianggap lebih aman dan minim efek samping, salah satunya adalah dengan daun salam. Daun salam akan membantu mengatasi kondisi hiperpigmentasi yang menyebabkan munculnya bercak atau flek hitam di wajah.

Adapun cara menghilangkan flek hitam menggunakan daun salam cukup mudah, Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun salam sampai mendidih dan selanjutnya mendiamkannya hingga dingin. Setelah disaring, air rebusan tersebut bisa digunakan sebagai toner wajah dua kali sehari.

Cara Menghilangkan Flek Hitam dalam 1 Jam

Cara Menghilangkan Flek Hitam dalam 1 Jam

Menghilangkan flek hitam dalam 1 jam mungkin sulit untuk dilakukan karena pada dasarnya semua perawatan dengan bahan alami membutuhkan proses dan ketelatenan. Namun untuk cara yang cepat dan efektif Anda bisa mencobanya dengan bahan alami seperti berikut ini:

1. Lemon

Lemon banyak dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan karena memiliki kemampuan yang cukup efektif untuk mencerahkan kulit. Hal ini tidak terlepas dari kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Cara penggunaan lemon untuk menghilangkan flek hitam cukup mudah, karena Anda hanya perlu mengoleskan irisan lemon pada area yang ada flek hitamnya. Kemudian diamkan selama 10 menit, bilas dan keringkan. Anda bisa melihat perbedaannya, kulit akan terlihat lebih cerah.

2. Teh Hijau

Selain lemon, Anda juga bisa mengandalkan teh hijau untuk mencerahkan kulit wajah yang mengalami flek hitam. Karena kandungan di dalam teh hijau mampu menghambat produksi melanin yang menyebabkan kulit terlihat gelap.

Caranya cukup sederhana, Anda bisa menyeduh satu kantung teh hijau selama 3-5 menit dan diamkan sampai tidak terlalu panas. Kemudian tempelkan pada area flek hitam selama kurang lebih 20 menit. Tanpa perlu dibilas, Anda akan melihat flek hitam terlihat lebih cerah.

3. Daun Sirih

Memanfaatkan daun sirih untuk flek hitam juga bisa menjadi pilihan yang paling tepat karena bahan alami ini terbukti efektif membantu mencerahkan kulit. Sebagai langkah awal, Anda bisa menghaluskan daun sirih yang sudah dicuci bersih dan menggunakannya sebagai masker.

Cukup diamkan masker di wajah selama beberapa saat dan selanjutnya bisa dibilas sampai bersih. Anda bisa melihat bagaimana perbedaannya, flek hitam akan terlihat lebih cerah dari sebelumnya.

Efek Samping Daun Sirih untuk Wajah

Efek Samping Daun Sirih untuk Wajah

Meskipun daun sirih banyak dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, namun Anda juga perlu memperhatikan efek sampingnya untuk wajah. Tidak jarang daun sirih ini dimanfaatkan sebagai obat jerawat karena memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi.

Namun ada beberapa kasus penggunaan masker wajah pada kulit yang sensitif dan berjerawat menyebabkan kondisi kulit terlihat memerah. Memerahnya kulit ini bisa menjadi tanda adanya gejala iritasi sehingga penggunaan masker sirih perlu dihentikan.

Hal ini bisa saja terjadi karena kondisi kulit dari masing-masing orang tidak sama. Ada yang mungkin cocok menggunakan bahan alami seperti daun sirih, namun ada juga yang mungkin tidak cocok. Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan bagaimana efek pemakaian daun sirih pada kulit Anda.

Selain memanfaatkan bahan alami, Anda juga bisa menggunakan sabun penghilang flek hitam di wajah. Namun sebelum menggunakan sabun cuci muka tersebut pastikan kandungan zat di dalamnya aman dan tidak mengandung merkuri.

Minuman untuk Menghilangkan Flek Hitam

Minuman untuk Menghilangkan Flek Hitam

Selain melakukan perawatan kulit dari luar melalui bahan alami atau skincare pencerah kulit, Anda juga perlu mengimbanginya dengan perawatan dari dalam. Yaitu dengan mengkonsumsi minuman yang kaya akan vitamin C.

Vitamin C sendiri dikenal sebagai antioksidan yang cukup kuat sehingga mampu menangkal radikal bebas yang merusak sel. Dengan konsumsi minuman yang mengandung vitamin C maka hal itu akan membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan mempercepat proses peremajaan kulit.

Selain itu, kandungan vitamin C juga akan menstimulasi produksi kolagen yang membantu menjaga kesehatan dan elastisitas kulit sehingga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Dan yang tidak kalah penting, vitamin C akan menghambat tirosinase yang berperan dalam pembentukan melanin.

Melanin sendiri bisa menyebabkan munculnya bintik hitam dan hiperpigmentasi yang menyebabkan kulit mengalami flek hitam. Dengan konsumsi minuman yang mengandung vitamin C maka flek hitam akan lebih cepat memudar.

Selain memanfaatkan bahan alami yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu mengimbangi cara menghilangkan flek hitam yang menahun dengan beberapa upaya seperti menggunakan krim malam sebelum tidur, sunscreen saat berada di luar rumah dan banyak mengkonsumsi air putih.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.