Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah

Daftar Isi [Tutup]

    Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah - Demi mendapatkan kulit yang putih secara instan, banyak yang menggunakan cream pemutih dengan kandungan merkuri tanpa memperhatikan efeknya. Padahal penggunaan merkuri bisa menimbulkan efek yang membahayakan kesehatan. Lantas bagaimana cara menghilangkan merkuri di wajah?

    Memang tidak dipungkiri ketika menggunakan produk skincare yang mengandung merkuri, kondisi kulit akan terlihat lebih cerah dalam waktu singkat. Hal ini terjadi karena merkuri mampu menghambat pembentukan melanin yang membuat kulit gelap.

    Apa saja Ciri-ciri Wajah Terkena Merkuri?

    Meskipun bisa menunjukkan hasil yang cepat saat digunakan, namun penggunaan kosmetik berbahan merkuri beresiko menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan. Terutama jika penggunaannya dilakukan secara terus menerus.

    Ketika penggunaan produk bermerkuri dihentikan, maka hal itu akan menimbulkan beberapa kondisi tertentu yang perlu diwaspadai. Adapun ciri-ciri dari wajah yang terkena merkuri antara lain adalah:
    • Kulit menjadi kemerahan.
    • Timbul sensasi gatal dan perih.
    • Kondisi warna kulit yang tidak merata.
    • Timbul ruam di kulit.
    • Mengalami iritasi.
    • Munculnya jaringan parut di kulit.
    • Kulit mengelupas.
    Bahkan untuk kondisi yang parah, paparan merkuri akibat pemakaian cream pemutih juga bisa menimbulkan efek seperti nyeri otot, sensasi rasa logam di mulut, rasa cemas serta berkurangnya kemampuan saraf. Hal ini menunjukkan adanya gejala keracunan merkuri pada tubuh.

    Bagaimana Cara Menetralkan Wajah akibat Pemutih?

    Meskipun sudah ada larangan penggunaan merkuri pada produk kosmetik, namun tetap saja ada oknum nakal yang menggunakan zat berbahaya ini. Padahal kulit sangat efisien dalam menyerap zat kimia sehingga dikhawatirkan menimbulkan masalah kesehatan yang fatal.

    Jika sudah terlanjur menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung merkuri, maka langkah yang perlu dilakukan untuk menetralkan merkuri di wajah adalah seperti berikut:

    1. Menghentikan Pemakaian Produk Pemutih

    Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah - Menghentikan Pemakaian Produk Pemutih

    Langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah menghentikan pemakaian produk pemutih tersebut. Hal ini bertujuan agar kondisi kulit yang terpapar merkuri tidak semakin parah. Dengan cara ini maka kulit akan kembali mengatur ulang fungsinya secara alami.

    Ketika Anda menghentikan pemakaian produk pemutih, maka bisa melakukan perawatan wajah menggunakan bahan alami yang berkhasiat. Seperti misalnya masker stroberi dan madu yang akan membantu mengangkat sel kulit mati serta meremajakan kulit secara efektif.

    2. Mengganti Produk Skincare

    Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah - Mengganti Produk Skincare

    Pada saat Anda menghentikan pemakaian produk kosmetik dan kondisi kulit mulai membaik serta tidak ada lagi tanda-tanda iritasi atau ruam, maka Anda bisa mengganti produk skincare dengan yang lain. Namun tetap pastikan di dalamnya tidak mengandung merkuri ya!

    Untuk mengetahui apakah suatu produk kosmetik mengandung merkuri atau tidak, Anda hanya perlu meneliti komposisi pada kemasan produk. Sebaiknya hindari produk kosmetik yang mengandung komposisi mercuric, mercury, mercurio, calomel dan mercurous chloride.

    3. Detoksifikasi melalui Pola Makan dan Olahraga

    Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah - Detoksifikasi melalui Pola Makan dan Olahraga

    Cara menghilangkan merkuri di wajah juga bisa dilakukan melalui pengaturan pola makan yang sehat. Sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi kopi, memperbanyak asupan sayur dan buah serta konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

    Selain itu, cara alami menghilangkan merkuri di wajah juga bisa dilakukan dengan tidur yang cukup serta olahraga secara rutin. Dengan aktivitas olahraga maka hal itu akan membantu tubuh mengeluarkan racun yang ada di kulit wajah.

    4. Konsumsi Suplemen

    Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah - Konsumsi Suplemen

    Mengkonsumsi suplemen akan membantu tubuh menghilangkan efek logam berat yang berbahaya. Adapun beberapa jenis suplemen yang dianjurkan antara lain adalah:
    · Selenium organik
    · Glutathione
    · Pektin jeruk
    · Asam amino
    · Asam alfa-lipoat

    5. Terapi Khelasi

    Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah - Terapi Khelasi

    Terapi khelasi dilakukan dengan menggunakan obat-obatan khusus, termasuk obat penghilang merkuri di wajah. Jenis obat-obatan ini akan mengikat logam di dalam darah dan kemudian mengeluarkannya bersama urine.

    Namun sebelum melakukan terapi, Anda akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan apakah mengalami keracunan logam atau tidak. Meskipun terapi ini hanya disarankan pada kasus keracunan logam, namun pada beberapa kasus kesehatan juga digunakan.

    Berapa Lama Merkuri Hilang di Wajah

    Mengenai berapa lama merkuri bertahan di wajah dan hilang dari wajah bisa berbeda antara satu orang dengan yang lain. Karena semua itu tergantung dari banyaknya paparan merkuri yang masuk, lama penggunaan serta cara penggunaannya. Selain itu juga tergantung pada usia dan kondisi kesehatan.

    Adapun paparan merkuri yang terserap melalui kulit jumlahnya tentu akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang tertelan atau terhirup. Untuk jenis merkuri non organik seperti yang ada di kosmetik biasanya penyerapannya jauh lebih sedikit dari merkuri organik.

    Meski begitu, paparan merkuri yang masuk ke dalam tubuh bisa bertahan dalam jangka waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Dan secara perlahan akan dikeluarkan melalui urine atau feses.

    Jika Anda masih penasaran berapa lama menghilangkan merkuri di wajah, maka hal itu bisa saja berlangsung cepat selama Anda langsung melakukan upaya untuk menghilangkannya. Seperti menghentikan pemakaian kosmetik, pola makan yang sehat, serta cara lainnya yang dianjurkan.

    Cara menghilangkan merkuri di wajah bisa menjadi solusi paling tepat bagi Anda yang selama ini terbiasa menggunakan kosmetik berbahan merkuri. Karena yang terpenting adalah memiliki kulit yang sehat, bukan hanya sekedar putih namun menyimpan efek yang berbahaya akibat paparan merkuri.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel