Bagaimana Merawat Kulit Sawo Matang yang Benar? - Tagar Berita

Bagaimana Merawat Kulit Sawo Matang yang Benar?

skincare untuk kulit sawo matang, kulit sawo matang bisa putih, mencerahkan kulit sawo matang, lulur untuk kulit sawo matang
Bagaimana Merawat Kulit Sawo Matang yang Benar? - Memiliki warna kulit yang agak gelap atau sawo matang seringkali membuat banyak orang tidak percaya diri. Namun, bagaimana merawat kulit sawo matang dengan tepat tanpa harus memutihkan kulit dengan susah payah.

Anda bisa melakukan saja perawatan dengan tepat dan tetap menjadi diri sendiri. Anda juga bisa menggunakan produk lulur untuk kulit sawo matang yang mencerahkan tetapi tetap membuat kulit tetap sehat dan glowing.

Bagaimana Merawat Kulit Sawo Matang dengan Tepat?

Bagaimana Merawat Kulit Sawo Matang dengan Tepat

Walaupun kulit Anda termasuk jenis kulit dengan warna sawo matang, tetapi kulit tetap harus dijaga dan dirawat dengan baik. Berikut ini beberapa cara merawat kulit sawo matang dengan tepat dan menjaga kulit selalu sehat:

1. Menggunakan Sunblock Setiap Hari

Kulit wajah gelap atau sawo matang memiliki ekstrak melanin yang membuat kulit tidak mudah terbakar atau rusak karena sinar UV. Hal ini membuat banyak orang yang memiliki kulit sawo matang tidak takut beraktivitas di bawah sinar matahari secara langsung.

Namun, untuk sinar UVA dan UVB biasanya tetap bisa merusak kulit terutama di bagian pipi dan wajah. Hal itu disebabkan oleh paparan sinar matahari yang tidak merata. Oleh sebab itu, tetap gunakan sunblock setiap hari sebelum mulai beraktivitas di bawah sinar matahari.

2. Memulai Perawatan Anti Penuaan Dini

Melanin akan membantu melindungi kulit rusak yang disebabkan oleh sinar UV berlebihan. Melanin ini nantinya akan membantu melawan penuaan dini. Misalnya, pembuluh darah yang terlihat, kerutan, atau noda hitam.

Namun, Anda tetap harus melakukan perawatan untuk menunda penuaan dini supaya kulit tetap terjaga dan sehat.

3. Mengatasi Kulit yang Terluka

Biasanya, warna kulit sawo matang memiliki bekas luka yang lebih terlihat dan juga hiperpigmentasi. Banyak juga para dermatolog yang menyarankan untuk melakukan perawatan secara klinis bagi ruam, eksema, atau bekas jerawat.

Karena jika tidak ditangani dengan baik maka masalah kulit akan menimbulkan hiperpigmentasi setelah inflamasi. Untuk itu sebelum bekas luka di kulit mengganggu penampilan maka segera atasi hal itu dengan perawatan yang tepat.

4. Pilih Produk yang Bisa Mengatasi Hiperpigmentasi

Kulit yang gelap di area tertentu atau hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh efek inflamasi akibat dari jerawat atau eksema yang semakin parah. Biasanya, hal ini muncul pada kulit sawo matang yang juga merupakan efek setelah melahirkan, konsumsi obat kontrasepsi, dan paparan sinar matahari.

Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan treatment klinis dan menggunakan sunblock. Kulit sawo matang bisa putih atau setidaknya kulit cerah secara merata sehingga tidak menimbulkan hiperpigmentasi tersebut.

Pilih juga produk skincare yang mengandung bahan mencerahkan. Konsultasikan dengan dokter untuk pemilihan jenis produknya.

5. Jangan Menggunakan Perawatan Laser

Sebaiknya pemilik kulit sawo matang berhati-hati dalam menjalankan perawatan laser. Perawatan laser bisa menimbulkan panas dan merusak lapisan melanin dan menimbulkan inflamasi. Lebih buruknya, laser bisa membuat hiperpigmentasi pada kulit.

Maka pertimbangkan perawatan laser ini untuk tipe kulit sawo matang. Laser juga bisa menimbulkan kulit terbakar karena alat laser kesulitan mengenali kulit atau rambut.

6. Berkonsultasi Pada Dermatolog yang Paham Kebutuhan Kulit Sawo Matang

Jika ingin mencerahkan kulit sawo matang sebaiknya Anda berkonsultasi pada dermatolog terbaik dan terpercaya. Alasannya karena tidak semua ahli dermatolog paham dengan kondisi kulit gelap seseorang.

Untuk itu pilih dermatolog yang akan membantu Anda dalam perawatan terbaik untuk kulit sawo matang yang juga aman untuk kulit dan kesehatan.

Jenis-Jenis Skincare Untuk Kulit Sawo Matang

Jenis-Jenis Skincare Untuk Kulit Sawo Matang

Bagi Anda yang memiliki warna kulit sawo matang, sebaiknya pahami beberapa produk yang cocok, tepat, serta aman untuk kulit berikut ini:

1. Chemical Peel atau DIY Peel

Perawatan peeling akan membantu Anda mengatasi luka di kulit, jerawat, dan penuaan dini. Apabila kulit Anda sawo matang, maka lakukan peeling dengan chemical peeling atau DIY peeling yang aman di rumah. Pilih produk peeling yang ringan dan mengandung ekstrak buah-buahan.

2. Gunakan Retinoid yang Pas untuk Kulit Gelap

Retinoid juga menjadi produk skincare yang tepat dalam merawat kulit sawo matang. Misalnya gunakan produk The Ordinary Advance Retinoid 2%, yang akan mencegah hiperpigmentasi dan timbulnya jerawat.

3. Gunakan SPF untuk Perlindungan dari Sinar UV

Produksi melanin dalam jumlah berlebihan pada kulit bisa menyebabkan hiperpigmentasi. Dengan begitu, pemilik kulit sawo matang tetap harus menggunakan SPF untuk perlindungan dari sinar UV.

4. Gunakan Moisturizer untuk Kelembapan Kulit

Kulit sawo matang akan terkesan kusam jika tidak dirawat dengan baik. Penting untuk gunakan moisturizer yang akan membuat kulit selalu lembab dan terjaga. Kiehls Ultra Facial Moisturiser adalah salah satu produk moisturizer yang cocok digunakan oleh jenis kulit sawo matang.

Bagaimana merawat kulit sawo matang? Kini Anda sudah tahu cara perawatan yang tepat untuk jenis kulit sawo matang atau cenderung gelap. Pastikan kesehatan dan kebersihan kulit tetap terjaga dengan baik.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.