Cara Agar Penciuman Kembali Normal Secara Alami - Tagar Berita

Cara Agar Penciuman Kembali Normal Secara Alami

Cara Untuk Mengembalikan Indera Penciuman, Melatih Penciuman, Bersihkan Saluran Hidung, Gunakan Nasal Spray, Konsumsi Cabai, Konsumsi Bawang Putih.
Cara Agar Penciuman Kembali Normal Secara Alami - Indera penciuman yang hilang merupakan salah satu indikasi bahwa seseorang terkena virus Covid-19. Indera penciuman yang hilang tentu membuat seseorang tidak leluasa untuk makan atau minum, kualitas hidup seseorang tentu juga akan turun.

Meski tidak menyenangkan, namun penciuman yang hilang ini bisa Anda sembuhkan dengan cara yang alami. Caranya memang panjang dan membutuhkan waktu, namun jika dilakukan secara rutin, tanpa waktu lama Anda akan bisa mencium aroma dan merasakanya kembali.

Tentang Hilangnya Penciuman karena Covid

Tentang Hilangnya Penciuman karena Covid

Sebelum mengetahui cara merangsang agar penciuman kembali normal, ada baiknya Anda mengetahui tentang hilangnya penciuman dalam dunia kesehatan. Hilangnya indera penciuman biasanya juga diikuti dengan hilangnya indera pengecap, kemungkinan besar karena virus Corona.

Hilangnya indera penciuman bisa juga terjadi karena hal yang lain, misalnya masalah sinus dan hidung, gangguan sistem saraf, atau mengalami cedera kepala. Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke instansi dan layanan kesehatan untuk informasi yang lebih jelas.

Dalam dunia medis, hilangnya indera penciuman disebut dengan anosmia. Jika tidak segera ditangani dengan baik, maka kebocoran gas ataupun membedakan aroma makanan tidak bisa dilakukan. Apabila berlangsung secara terus menerus, anosmia bisa mengganggu pemenuhan nutrisi pada tubuh karena nafsu makan yang terus menurun.

Cara Untuk Mengembalikan Indera Penciuman

Cara Untuk Mengembalikan Indera Penciuman

Cara agar penciuman kembali normal bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melatih Indera Penciuman

Jika tidak dilatih dengan aroma yang kuat, waktu sembuh anosmia tentu bertambah panjang. Latihan bisa dilakukan tidak hanya untuk hidung, namun juga untuk lidah. Latihan ini dinamakan dengan smell training, manfaatnya untuk membantu kemampuan indera pulih kembali.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan indera penciuman, sehingga ia bisa berfungsi normal kembali, diantaranya adalah:
  • Mencium benda dengan aroma yang kuat dan khas, misalnya jeruk, mint, mawar, kayu putih ataupun cengkeh.
  • Letakkan benda beraroma khas di bawah hidung, kemudian hirup selama 15 sampai 20 detik.
  • Ulangi 2-3 kali dalam sehari untuk hasil yang lebih baik.
Umumnya indera penciuman dapat kembali normal dalam jangka waktu 3-6 bulan atau lebih, tergantung dengan kondisi kesehatan penderita.

2. Membersihkan Saluran Hidung

Cara mengatasi agar indera penciuman kembali normal lainnya adalah membersihkan saluran hidung. Ini merupakan cara yang direkomendasikan banyak ahli medis agar indera penciuman bisa normal kembali.

Caranya adalah dengan mencuci hidung dengan menggunakan larutan garam atau cairan saline. Produk ini bisa Anda dapatkan dengan melakukan pembelian di toko obat atau apotik, cairan saline aman digunakan dan dijual dengan bebas.

Ada fungsi dan manfaat yang besar ketika Anda melakukan pencucian hidung, yakni untuk membersihkan sumbatan pada hidung. Jika sumbatan lendir dan yang lainnya menghilang, maka penciuman bisa segera kembali normal.

3. Menggunakan Nasal Spray

Menggunakan Nasal Spray

Sebagaimana prosedur untuk mencuci hidung, Anda juga bisa menyemprotkan nasal spray untuk membuat hidung bisa segera kembali normal. Nasal spray merupakan obat steroid dengan jumlah lebih sedikit dibandingkan dengan steroid pada umumnya, sehingga aman digunakan sebagai cara cepat agar penciuman kembali normal.

Anda bisa membeli nasal spray di apotik ataupun toko obat terdekat yang menyediakan. Selain untuk mereka yang kehilangan indera penciuman, menyemprotkan nasal spray juga direkomendasikan untuk mereka yang memiliki polip nasal atau sinusitis.

4. Mengkonsumsi Cabai

Anda tentu sudah tidak asing dengan cabai, bumbu dapur yang mudah didapatkan ini ternyata bisa membantu Anda membuat indera penciuman segera berfungsi normal. Cabai mengandung senyawa khusus yang bisa meredakan inflamasi dan meningkatkan imun tubuh.

Di dalam cabai juga terkandung vitamin C yang membuat tubuh lebih tahan terhadap virus dan bakteri yang masuk. Kondisi tubuh yang lemah setelah terkena Covid-19 juga bisa membaik dengan mengkonsumsi cabai di makanan yang Anda konsumsi.

5. Mengkonsumsi Bawang Putih

Cara agar penciuman kembali normal selanjutnya adalah mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan anti virus yang efektif, sehingga bisa meningkatkan imun yang ada di dalam tubuh. Anda bisa menambahkan bawang putih di berbagai makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Bawang putih jika dikonsumsi dengan teratur akan membuat rongga mulut lebih lega karena bisa meredakan inflamasi. Cara untuk mendapatkan manfaat yang maksimal ketika mengkonsumsi bawang putih adalah membukanya dan memasukkannya ke dalam air, kemudian minum secara teratur setiap harinya.

6. Bersihkan Gigi dan Mulut

Cara alami lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat indera penciuman kembali normal adalah rutin membersihkan gigi dan mulut. Mulut dan gigi merupakan bagian penting dari tubuh yang juga berhubungan langsung dengan hidung.

Lakukan sikat gigi minimal dua kali sehari atau setelah mengkonsumsi makanan, gunakan pula obat kumur untuk membunuh kuman yang masuk ke dalam mulut. Cara agar penciuman kembali normal ini juga disarankan untuk mereka yang kehilangan indera pengecap karena sakit.

Untuk memulihkan kembali indera penciuman memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun jika Anda melakukan cara cara diatas secara teratur, indera penciuman bisa segera kembali normal dalam waktu yang lebih singkat, apalagi jika kondisi tubuh dalam keadaan sehat.

Semoga informasi mengenai cara agar penciuman kembali normal ini bisa membantu Anda, terutama yang sedang sakit dengan gejala yang sama. Jangan khawatir, gejala ini akan terus membaik jika kondisi tubuh Anda terus membaik kedepannya.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.