Ketahui Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dulu Sampai Sekarang

Daftar Isi [Tutup]

    Ketahui Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dulu Sampai Sekarang! Sudah Anda ketahui, bahwa teknologi semakin lama semakin berkembang dengan sangat pesat. Apalagi teknologi informasi dan komunikasi, sangat banyak sekali alat informasi dan komunikasi yang dibuat lebih canggih dan lebih lengkap.

    Maka, tidak heran jika semua orang sudah menggunakan alat untuk mendapatkan informasi dan juga menggunakan alat komunikasi untuk bisa berkomunikasi dengan yang lainnya walaupun dengan jarak yang sangat jauh. Banyak sekali teknologi informasi dan komunikasi yang sudah diciptakan, yaitu diantaranya sebagai berikut.

    Adanya Internet

    Perkembangan Teknologi Adanya Internet

    Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini, dimana internet ini merupakan sumber informasi yang sangat cepat dalam menyebarkan suatu peristiwa atau hal yang ingin anda ketahui. Semuanya ada di internet, anda hanya tinggal melakukan pencarian untuk mendapatkan informasi yang anda inginkan. Perkembangan teknologi yang satu ini, berawal pada tahun I960 an, saat departemen pertahanan Amerika Serikat meluncurkan Advanced Research projects Agency Network (ARPANET).

    Kemudian, yang ditunjuk sebagai kepala ARPANET yaitu J.C. Licklider program ini bertujuan untuk bisa menghubungkan semua komputer melalui jaringan. Sehingga program ini pun terus dikembangkan dan semakin maju, dengan seiring berjalanya waktu pun internet semakin maju pada tahun 1990-an. Sebuah Institut Teknologi Massachusetts, berhasil menemukan program World Wide Web Consortium dan Tim Berners Lee akhirnya menemukan program browser dengan berbasis jaringan yang sampai saat ini digunakan oleh banyak orang. Dengan begitu, semua orang bisa menggunakan internet bisa digunakan dengan melalui jaringan tanpa kabel.

    Adanya Televisi

    Perkembangan Teknologi Adanya Televisi

    Yang satu ini, juga merupakan salah satu perkembangan teknologi informasi yang sudah diciptakan untuk memudahkan semua orang untuk bisa mengetahui informasi apa saja yang sedang terjadi. Ini bermula dari penemuan Kinescope oleh Vladimir Kozma, yang mampu menciptakan suatu sistem yang bisa menangkap gambar, system receiving dan transmisi. Kemudian, penemu tersebut melakukan komersialisasi televisi pada tahun I939 dan bisa dinikmati oleh semua orang yang ada di dunia.

    Dengan begitu, teknologi tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas untuk bisa menonton mulai dari menonton berita, drama korea sampai sinetron dan film pun bisa dilihat di televisi tersebut. Jadi, sangat bermanfaat sekali, apalagi pada zaman sekarang ini, pasti setiap rumah mempunyai televisi dan yang tidak punya disebut orang ketinggalan zaman.

    Adanya Satelit

    Perkembangan Teknologi Adanya Satelit

    Untuk perkembangan teknologi yang selanjutnya yaitu satelit, yang dimana satelit ini pada tahun I957 Uni Soviet sudah berhasil meluncurkan satelit yang pertama dengan nama Sputnik I untuk kepentingan politik, ilmu pengetahuan dan militer. Kemudian, Amerika Serikat juga menyusul Uni Soviet dengan meluncurkan satelit dengan nama Explorer I. untuk perkembangan satelit tersebut berfungsi untuk pencitraan bumi, komunikasi data dan telekomunikasi telepon.

    Teknologi semakin berkembang dengan seiring berjalannya waktu, tanpa kita sadari sangat banyak perubahan yang terjadi karena pengaruh adanya teknologi. Apalagi untuk zaman sekarang, semua aktivitas bisa dilakukan dengan online. Mulai dari membeli makanan sampai kebutuhan yang lainnya bisa dipesan secara online. Dengan adanya satelit diluar angkasa, maka bisa memberikan jaringan ke seluruh dunia karena setiap negara mempunyai satelit masing-masing.

    Adanya Telepon

    Perkembangan Teknologi Adanya Telepon

    Selanjutnya, perkembangan teknologi yang yaitu adanya telepon. Konsep awal kerja telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun I876. Yaitu bertepatan dengan adanya perang dunia II, pada saat itu telepon berfungsi sebagai alat informasi untuk mengetahui posisi musuh pada saat itu. Karena, dengan adanya telepon pada saat itu, pasukan perang pun bisa terus berkomunikasi dan saling berhubungan atau pun berbeda tempat. Selain untuk mengetahui posisi musuh, telepon juga untuk meningkatkan kualitas radar pada saat itu.

    Hingga saat ini, telepon pun masih ada dengan berbagai jenis karena dipengaruhi oleh teknologi yang semakin lama semakin canggih. Oleh karena itu, telepon pun banyak sekali bentuknya sampai setiap tahunnya ada saja produk baru dengan bentuk dan keunggulan yang berbeda-beda. Jadi, setiap tahunnya semua orang bisa saja mengganti teleponnya atau kalau sekarang sering disebut dengan istilah smartphone karena dengan alasan tidak ingin ketinggalan zaman.

    Adanya Radio

    Perkembangan Teknologi Adanya Radio

    Alat informasi yang satu ini, merupakan alat informasi yang sudah ada sejak tahun I920-an. Pada saat itu kolonial belanda mendirikan beberapa stasiun radio yang terletak di kota-kota besar. Di Indonesia sendiri, tepatnya pada tahun I945 berhasil mendirikan stasiun radio nasional Indonesia dengan nama Radio Republik Indonesia atau disingkat menjadi RRI. Pada saat itu, radio menjadi alat komunikasi dan informasi antara tokoh nasionalis di Yogyakarta dengan Pemerintah Darurat Republik Indonesia ketika dalam revolusi kemerdekaan Indonesia. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, radio pun juga mengalami beberapa kemajuan.

    Sampai saat inipun, radio masih ada dan masih digunakan oleh banyak orang. Apalagi pada saat ini, radio bukan hanya bisa didengarkan langsung dari radionya langsung, tetapi bisa didengarkan melalui televisi dan smartphone. Jadi, jika anda rindu ingin mendengarkan radio kesukaan anda, anda bisa mendengarkannya dengan mudah. hal ini terjadi karena teknologi saat ini semakin canggih dan banyak sekali penemuan-penemuan baru yang ditemukan oleh peneliti.

    Itulah penjelasan tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dulu sampai sekarang, semoga dengan anda membaca penjelasan diatas, anda bisa mengetahui bagaimana perkembangan dari teknologi dulu dan sekarang. Dan anda bisa mengetahui kapan alat tersebut muncul dan digunakan, dan anda bisa mengetahui apakah alat tersebut semakin canggih dan semakin lengkap dan lebih bagus lagi. kemudian, alat informasi dan komunikasi pun sekarang sudah banyak bentuk dan jenis yang berbeda, contohnya seperti laptop.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Ketahui Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dulu Sampai Sekarang"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel