Jenis-jenis Motor Jadul Desain Klasik

Daftar Isi [Tutup]

    Jenis-jenis Motor Jadul Desain Klasik - Apakah Anda adalah salah satu dari sekian orang yang menyukai motor-motor dengan desain klasik dan retro? Di Indonesia, ada beberapa sepeda motor klasik yang bertebaran, mulai dari merk rakitan asal Jepang, Inggris, Italia, hingga Jerman. Nah, salah satu motor klasik yang banyak sekali dikoleksi oleh beberapa orang di Indonesia adalah motor Jerman jadul.

    Setidaknya ada satu brand motor Jerman yang terkenal dengan desainnya yang retro dan unik. Wah, jadi penasaran ya seperti apa saja sih seri motor asal negara Jerman ini dan bagaimana spesifikasinya? Yuk, coba cari tahu beberapa jenis motor Jerman jadul dan motor klasik merk lain yang hampir mirip-mirip.

    Jenis Motor Jerman dengan Desain Klasik

    1. DKW Union 125

    Jenis-jenis Motor Jadul Desain Klasik

    Bagi pecinta motor klasik dan motor antik, pastinya Anda tidak asing dong lagi dengan yang namanya DKW. Motor DKW atau Dampf Kraft Wagen adalah pabrikan Jerman yang didirikan pada tahun 1916. Pada tahun 1919, perusahaan memproduksi sepeda motor bermesin 2 tak bernama Das Knaben Wunsch atau disingkat dengan DKW.

    Pada tahun 1932, pabrik asal Jerman ini bergabung dengan Audi, Horch dan Rangers untuk membentuk Auto Union. Pada tahun 1930-an DKW memproduksi sepeda motor yang kemudian dinamakan dengan DKW Union RT 125.

    Singkatan "RT" pada motor yang diproduksi DKW ini adalah Reichs Tipe atau Model Nasional. Sepeda motor itu sendiri diproduksi sebanyak 450.000 unit antara tahun 1939 dan 1964. Untuk model aslinya, motor DKW Union RT 125 hanya diproduksi 21.000 unit antara tahun 1939 dan 1941.

    Sepeda motor ini dibekali mesin berpendingin udara 2 tak berkapasitas 123cc yang diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal 4,75 HP dan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam. Sepeda motor ini pernah menjadi sarana transportasi selama Perang Dunia II.

    Saat itu, DKW Union RT 125 digunakan sebagai alat transportasi ekspres. Sepeda motor ini dipilih karena tergolong lincah, dengan berat hanya 68 kg, sehingga sangat fleksibel dan bandel. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, banyak pabrikan yang membuat sepeda motor yang sejenis DKW Union RT 125.

    2. DKW Hummel

    Jenis-jenis Motor Jadul Desain Klasik

    Hummer Harley Davidson adalah salah satu model yang meniru jenis motor DKW Union RT 125 dibekali dengan mesin 125cc dua tak dan silinder tunggal.

    DKW Hummel sendiri adalah produk yang dikenal sebagai "Beetle Motor". Sepeda motor yang diproduksi tahun 1950-an dan 1960-an ini memiliki bodi yang ramping, kapasitas silinder kecil (50cc), dan karakteristik pedal yang unik.

    DKW Hummel super adalah motor bebek yang diproduksi oleh DKW dan Auto Union di Ingolstadt dan pertama kali dijual pada tahun 1956. Secara tampilan, motor ini mengadopsi desain mirip dengan Union RT 125, bentuk desain dan lampu depan mini yang melingkar membuat motor ini terkesan mirip dengan yang sebelumnya.

    Pada bagian kaki-kakinya, motor ini menggunakan model suspensi, footstep dan velg dengan jari yang cukup banyak. Roda depan sepeda motor dibekali dengan suspensi lengan ayun pendek, sedangkan di bagian roda belakang ditopang oleh suspensi yang cukup elastis.

    Di bidang pacu, DKW membekali Hummel dengan mesin berpendingin udara silinder tunggal 2 tak berkapasitas 49cc. Motor unik ini juga mampu mengeluarkan tenaga maksimal 1,35 PS pada 4.400 hingga 4.500 rpm melalui sistem transmisi manual 3 percepatan.

    Hingga tahun 1958, setidaknya motor Jerman jadul ini mampu memproduksi sekitar 117.617 unit seri Hummel. Pada tahun 1960, sepeda motor tersebut terus diproduksi dengan nama yang sama, namun dibekali mesin yang lebih besar dengan kapasitas 113cc. Selain itu, Hummel juga menawarkan dua pilihan tempat duduk yang bisa dipilih sesuai preferensi Anda.

    3. BSA

    Jenis-jenis Motor Jadul Desain Klasik

    Sepeda motor BSA adalah salah satu brand motor ternama dengan desain klasiknya yang diproduksi di Birmingham, Inggris dari tahun 1950 hingga 1959. BSA ini adalah jenis motor jadul yang irit bahan bakar dan tenaga mesin yang lebih bertenaga.

    BSA mengadopsi mesin dengan kapasitas 350cc yang bisa menampung sekitar 30 liter bahan bakar. Sementara di bagian sisi kanan mesin jenis ini terdapat simbol berupa tiga senapan angin yang masing-masing berbentuk kerucut panjang.

    4. Ducati Monster 795

    Jenis-jenis Motor Jadul Desain Klasik

    Ducati Monster 795 adalah jenis motor asal negara Italia yang memiliki mesin cukup kokoh dan dapat diandalkan. Ducati membekali seri Monster 795 ini dengan mesin dua silinder tipe L berkapasitas 803 cc, sehingga sepeda motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 64 kW pada 8.250 rpm, dan torsi maksimal 78 Nm pada 6.250 rpm.

    Dengan mesin yang lebih bertenaga tersebut, tidak mengherankan jika sepeda motor ini dapat berakselerasi cukup cepat dengan menempuh jarak 0-400 meter hanya dalam beberapa detik saja. Nah, buat Anda yang memang suka ngebut, motor Ducati Monster 795 ini sangat cocok untuk Anda gunakan.

    Selain desainnya yang keren dan jadul, motor Ducati Monster 795 juga memiliki performa yang bertenaga, sehingga menjadikan motor ini sebagai alternatif terbaik.

    5. Ducati Streetfighter 848

    Jenis-jenis Motor Jadul Desain Klasik

    Produk motor dari Ducati Streetfighter 848 ini juga bisa menjadi salah satu motor sport Eropa klasik yang Anda miliki. Selain desain motornya yang keren, Streetfighter 848 ini juga dilengkapi dengan mesin 4 katup yang digerakkan secara desmodromic, dengan sistem pendingin udara untuk setiap silindernya. Bisa dibilang Streetfighter ini masuk kategori motor sport Eropa terbaik di Indonesia.

    Motor tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 97 kW pada putaran mesin 10.000 rpm, dan torsi maksimal 93,5 Nm pada 9.500 rpm. Selain itu, Ducati Streetfighter 848 ini juga dibekali dengan suspensi yang kokoh di kategorinya yang akan membuat motor ini semakin nyaman.

    6. Benelli Tornado TNT 250

    Jenis-jenis Motor Jadul Desain Klasik

    Motor milik negara Italia ini mengusung desain yang jadul dan spesifikasi menarik. Memang motor asal negeri Pizza ini terbilang cukup mahal, sekitar Rp45 juta. Meskipun mahal, harganya sangat sebanding dengan performa dari sepeda motor yang diusungnya.

    Desain dari sepeda motor ini juga disebut-sebut sangat elegan dan simple di kelasnya. Motor yang diberi nama Benelli Tornado TNT 250 ini menjadi salah satu motor Eropa klasik terbaik di negeri ini, karena memiliki performa seperti motor 250 cc dengan mesin 4-tak 2 silinder dan sistem DOHC 6.

    7. BMW S1000RR

    Jenis-jenis Motor Jadul Desain Klasik

    BMW S1000RR juga motor klasik yang mempunya desain hampir mirip dengan motor Jerman jadul. BMW S1000RR ini menjadi salah satu motor dengan desain yang lebih agresif dan keren. Dilengkapi fairing yang menutupi seluruh bagian rangka motor, maka fairing di menjadikan tampilan motor semakin stylish, layaknya motor race.

    Sepeda motor BMW S1000RR ini dibekali dengan mesin 4 tak berkapasitas 1000 cc, dan dilengkapi dengan sistem gearbox 6 percepatan yang membuat sepeda motor lebih mudah untuk dijalankan dan berakselerasi.

    Nah, di antara semua jenis motor klasik yang sudah dijelaskan di atas, baik motor Jerman jadul atau merk dari negara-negara selain Jerman, mana nih yang paling memikat hati Anda dan sangat ingin sekali Anda bawa pulang?

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Motor Jadul Desain Klasik"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel