Aksesoris Motor Yang Bermanfaat

Daftar Isi [Tutup]

    Aksesoris Motor Yang Bermanfaat - Mengendarai sepeda motor itu menyenangkan, murah, dan yang terpenting, memberi Anda perasaan kebebasan yang luar biasa. Namun, dalam mengendarai sepeda motor, selalu utamakan keselamatan. Keselamatan memang menjadi prioritas nomor 1 saat mengendarai sepeda motor. Untungnya, ada banyak perlengkapan keselamatan dan aksesoris motor yang bermanfaat tersedia.

    Menurut data kecelakaan yang terjadi di Indonesia, kematian pengendara sepeda motor terjadi sekitar 28 kali lebih sering daripada kematian pada kecelakaan pada kendaraan lain. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan aksesoris kendaraan yang bermanfaat di jalan untuk meminimalisir kecelakaan yang terjadi. Apa saja sih aksesoris variasi motor yang bermanfaat untuk sepeda motor Anda?

    Macam-macam Aksesoris Motor yang Bermanfaat

    Untuk memenuhi beberapa kebutuhan aksesoris motor yang baru, kemungkinan besar, Anda akan menghabiskan beberapa ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Meski demikian, hal itu tidak akan menjadi masalah selama itu bisa bermanfaat dan memberikan tampilan yang lebih menarik pada sepeda motor Anda. Berikut adalah jenis-jenis aksesoris yang bisa Anda manfaatkan:

    1. Knalpot

    Aksesoris Motor Yang Bermanfaat

    Salah satu dari nama-nama aksesoris motor matic, bebek dan jenis motornya yang paling penting keberadaannya adalah knalpot. Knalpot sepeda motor adalah salah satu aspek terpenting dari para bikers. Knalpot merupakan sistem pembuangan yang dirancang untuk mengurangi suara. Nah, Anda bisa mencoba untuk memodifikasi knalpot bawaan pabrik dengan jenis yang baru.

    Suara dari knalpot yang diupgrade biasanya berbeda dari yang bawaan pabrik, sehingga cocok untuk jalan raya, di hutan, atau lokasi off-road. Saat Anda memilih knalpot yang paling keras, pastikan knalpotnya tidak melewati tingkat kebisingan.

    Pipa knalpot baru pasti dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar Anda secara keseluruhan. Knalpot membantu mesin Anda bekerja lebih baik dan meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Hal ini terjadi karena knalpot memompa udara yang terbakar dan bahan bakar dari mesin ke udara.

    Meningkatkan efisiensi pompa sama halnya i meningkatkan aliran udara dan asupan bahan bakar. Jadi, mengganti knalpot adalah cara yang terjangkau untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan performa mesin.

    Knalpot adalah aksesoris modifikasi motor yang tidak hanya bermanfaat untuk sistem pembuangan, namun juga bagus untuk setiap pengendara motor menginginkan tampilan yang stylish dan menarik.

    2. Side Box

    Aksesoris Motor Yang Bermanfaat

    Sebagian besar pengendara sepeda motor yang suka menambahkan aksesoris tambahan adalah orang-orang yang suka touring. Nah, sidebox ini adalah salah satu dari aksesoris motor touring matic yang paling banyak dicari dan digunakan.

    Ada banyak jenis sidebox yang diproduksi oleh sejumlah pabrikan dan tersedia dalam berbagai model. Anda dapat dengan mudah menemukan yang paling cocok untuk sepeda motor Anda. Namun, pastikan Anda memilih side box yang ringan agar berat sepeda motor tidak terlalu signifikan.



    Keunggulan utama dari adanya side box pada sepeda motor dibandingkan dengan jenis penyimpanan yang lain adalah karena tidak menambah lebar sepeda. Sidebox juga bisa menghalangi angin dari belakang, tahan udara, mudah dipasang, dan dilepas.

    Aksesoris satu ini benar-benar memberikan perlindungan yang optimal untuk semua peralatan Anda, dapat dikunci, dapat digunakan sebagai sandaran, dan Anda dapat mengikat barang-barang lainnya dengan lebih aman. Buat pecinta touring, side box ini adalah hal wajib yang mungkin perlu Anda miliki.

    3. Speaker Klakson

    Aksesoris Motor Yang Bermanfaat

    Audio sepeda motor atau sistem speaker bisa menjadi pertimbangan, ketika Anda ingin melakukan peningkatan dan modifikasi sepeda motor. Cobalah mengganti suara klakson yang baru, sehingga membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan.

    Memasang klakson yang suaranya unik dan berbeda bisa membuat sepeda motor Anda menjadi lebih bagus dan menarik. Namun, pastikan jika Anda tidak memilih klakson dengan suara yang keras karena bisa saja itu membuat orang menjadi jantungan.

    4. Lampu LED

    Aksesoris Motor Yang Bermanfaat

    Lampu LED memiliki masa pakai yang jauh lebih lama daripada lampu pijar motor Anda yang biasa. Lampu depan sepeda motor LED dapat bertahan lebih dari 25 kali lipat daripada lampu yang biasa. Jika dibandingkan dengan halogen, LED sama terangnya.

    Namun, yang menjadi kelebihan dari LED dari halogen meski memancarkan cahaya yang sama adalah, LED menggunakan 85% lebih sedikit daya untuk memancarkan jumlah cahaya yang sama, sehingga bisa dikatakan LED ini tahan lebih lama. LED yang terang bisa membuat perjalanan Anda di malam hari semakin nyaman. Aksesoris motor yang bermanfaat satu ini mesti Anda miliki.

    5. Fairing

    Aksesoris Motor Yang Bermanfaat

    Fairing sepeda seperti ‘cangkang’ yang dipasang di tepi sepeda. Fairing berfungsi untuk mempercantik tampilan sepeda motor, mengurangi hambatan udara dan bagus untuk keamanan. Nah, buat Anda yang bosan dengan tampilan fairing yang itu-itu saja, maka Anda bisa kok mengganti aksesoris fairing baru.

    Keuntungan lain dari penggunaan fairing motor adalah agar tampilan motor Anda menjadi lebih baik. Sepeda motor dengan fairing memungkinkan Anda memiliki kendaraan yang akan bertahan lebih lama dari kebanyakan yang lain, karena masa pakai motor yang diperkuat.

    6. USB

    Aksesoris Motor Yang Bermanfaat

    Aksesori sepeda motor satu ini merupakan barang yang wajib digunakan oleh penggemar sport touring. Ketika Anda dalam perjalanan yang jarak tempuhnya cukup lama, maka USB adalah barang yang penting untuk mencharger smartphone atau gadget Anda lainnya.

    Anda hanya perlu pasang pengisi daya USB ke kabel ekstensi lalu pasang kabel sambungan baterai yang menyatu ke dalam kabel ekstensi. Charger USB adalah alat yang sangat membantu, apalagi ketika perjalanan Anda hanya mengandalkan navigasi GPS dan baterai smartphone habis. Wah, bisa bahaya sekali, bukan?

    7. Tabung master rem

    Aksesoris Motor Yang Bermanfaat

    Aksesoris motor yang bermanfaat selanjutnya adalah tabung master rem. Bisa dibilang barang satu ini menjadikan tampilan sepeda motor Anda menjadi lebih menarik lagi, karena memang modelnya yang cukup unik.

    Saluran rem karet akan sering mengembang di bawah tekanan yang diciptakan saat Anda menginjak rem. Pemuaian berkelanjutan ini akan meregangkan selang karet hingga tidak lagi dapat memberikan kinerja yang diperlukan.

    Nah, mengganti tabung master rem bisa memberikan kinerja yang lebih konsisten saat berkendara, dan sepeda motor Anda juga menjadi lebih menarik untuk dipandang.

    8. Crash Protection

    Aksesoris Motor Yang Bermanfaat

    Tidak ada orang yang suka memikirkan tentang kecelakaan sepeda motor, entah itu tabrakan atau menyerempet. Tetapi namanya juga mengantisipasi, jadi Anda bisa kok membeli crash protection untuk melindungi bagian-bagian yang penting pada motor Anda, seperti frame sliders, swingarm spools, atau bar ends.

    Adanya aksesoris motor yang bermanfaat satu ini bisa meminimalkan kekhawatiran Anda. Hanya dengan beberapa ratus ribuan saja, Anda dapat melindungi sepeda motor Anda dari kerusakan akibat kecelakaan yang mungkin tidak disengaja.

    Mengganti crash protection jauh lebih murah daripada mengganti semua komponen penting pada sepeda motor Anda ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, bukan?


    9. Cover

    Aksesoris Motor Yang Bermanfaat

    Tidak semua orang memiliki garasi sepeda motor. Jika Anda tidak memiliki garasi luas untuk menyimpan sepeda motor, maka Anda bisa kok membeli aksesoris motor berupa cover. Adanya cover memberikan perlindungan sepeda motor Anda dari debu, hujan, dan intaian maling.

    Buat Anda yang masih bingung ingin membeli jenis-jenis aksesoris motor yang bermanfaat apa saja untuk sepeda motor Anda. 9 daftar di atas mungkin bisa menjawab kebingungan Anda. Pilih saja mana yang mungkin paling Anda butuhkan saat ini.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Aksesoris Motor Yang Bermanfaat"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel