Daftar Aki Mobil Avanza Terbaik

Daftar Isi [Tutup]

    Daftar Aki Mobil Avanza Terbaik - Aki mobil memiliki fungsi yang sangat penting yakni menyalakan mesin mobil. Setelah aki mobil menyalakan mesin, alternator mengambil alih dan mengisi aki, sehingga saat Anda perlu menyalakan mobil lagi, alternator terisi ulang dan siap digunakan. Aki mobil Avanza adalah hal yang sering dicari oleh orang-orang dengan jenis moda transportasi mobil brand Toyota.

    Jika aki mobil Anda buruk, maka hal itu bisa menyebabkan mesin mobil tidak dapat menyala. Umur aki mobil Avanza memang tidak bisa diprediksi. Namun jika sekiranya mesin mobil Anda susah sekali menyala, maka bisa jadi itu disebabkan oleh keadaan aki yang sudah tekor dan minta diganti. Berikut daftar merk aki mobil Avanza yang bagus yang bisa Anda gunakan:

    Daftar Aki Mobil Avanza yang Bagus

    1. Yuasa

    Aki Mobil Avanza Terbaik

    Yuasa adalah salah satu merk aki yang terkenal dan tidak begitu asing oleh pemilik mobil Avanza. Bisa dibilang Yuasa adalah salah satu aki terbaik yang bisa Anda lirik. Aki ini diproduksi dengan bahan yang berkualitas tinggi dan benar-benar dijamin awet serta tahan lama. Adapun harga aki merk Yuasa adalah sekitar Rp660.000,- per buah.

    2. NS Cheetah

    Aki Mobil Avanza Terbaik

    NS Cheetah juga menjadi salah satu aki mobil Avanza yang bisa diandalkan. Nah, yang membuat brand aki ini banyak dilirik oleh orang-orang otomotif adalah adanya masa garansi hingga 1,5 tahun lamanya. Bahkan, perusahaan siap mengganti aki yang sudah Anda beli, jika tiba-tiba rusak tanpa ada sebab apapun. Hanya saja, harga aki merk satu ini cukup mahal, yakni sekitar Rp800.000,- saja.

    3. Motolite DIN

    Aki Mobil Avanza Terbaik

    Kalau brand aki satu ini berasal dari Filipina dan sudah ada sejak 1 abad yang lalu, tepatnya tahun 1919. Motolite DIN merupakan jenis aki yang sengaja dirancang untuk kendaraan roda empat di iklim tropis. Nah, Motolite DIN ini dijual dengan harga yang terbilang mahal, jika dibandingkan dengan aki brand lokal lainnya yakni Rp1.200.000,-.

    4. Amaron

    Aki Mobil Avanza Terbaik

    Selanjutnya, ada merk aki bernama Amaron dengan seri NS40ZL. Nah, sama halnya dengan merk Aki asal Filipina sebelumnya, Amaron ini adalah aki yang sengaja diproduksi khusus untuk bisa maksimal digunakan oleh kendaraan yang ada di iklim tropis.

    Nah, karena salah satu penyebab aki tekor adalah korosi, maka keunggulan dari brand aki satu ini adalah materialnya dijamin bebas dari korosi maupun karat. Buat Anda yang bertanya aki mobil Avanza berapa volt, Amaron ini adalah yang paling tepat untuk Avanza yang membutuhkan 12 Volt saja. Untuk bisa menggunakan brand aki Amaron, maka Anda perlu membayar sekitar Rp900.000,- saja.

    5. GS Astra

    Aki Mobil Avanza Terbaik

    Siapa sih yang tidak mengenal brand aki ternama di Indonesia satu ini? Ya, GS Astra bisa dibilang adalah aki mobil yang paling banyak digunakan. Brand aki lokal ini dipercaya oleh hampir semua masyarakat Indonesia karena kemampuannya yang bagus dan harganya yang murah. Harga aki merk GS Astra sendiri cukup variatif, mulai dari Rp600.000,- hingga Rp 1,5 juta.

    Penyebab Aki Mobil Avanza Mati

    1. Musim Hujan atau Kondisi Cuaca yang Dingin

    Cuaca dingin menjadi penyebab nomor satu mengapa aki mobil mati. Cuaca tidak harus terlalu ekstrim untuk menyebabkan aki mobil melemah. Bahkan pada suhu 32 derajat saja, aki mobil bisa 35% lebih lemah.

    Nah, ketika aki lemah, maka lampu interior Avanza juga ikut melemah. Ketika bulan Desember atau musim hujan terjadi terus menerus dan mobilitas Anda juga turut tinggi, maka pastikan Anda memiliki cadangan aki.

    Jika melihat lampu depan mobil Avanza meredup saat mobil hanya diam, atau mendengar bunyi klik aneh saat menyalakan kendaraan, maka itu adalah pertanda bahwa aki Anda mungkin sudah saatnya diganti.

    Untuk memastikan bahwa aki mobil Avanza tekor, Anda dapat pergi ke bengkel mobil terdekat untuk dapat menguji aki. Anda memang tidak bisa mengubah cuaca, tetapi Anda bisa bersiap untuk hal yang terburuk dengan membawa cadangan aki.

    2. Sudah Lama

    Jika aki Anda sudah hampir 5 tahun tidak pernah diganti, maka bisa jadi itu adalah hal yang menyebabkan mobil Anda sulit sekali dinyalakan. Aki mobil rata-rata mati setelah tiga sampai lima tahun digunakan. Aki mobil memiliki umur yang lebih pendek jika Anda berada di daerah yang cenderung memiliki cuaca yang sangat dingin, seperti di Dieng atau Malang.

    Awasi kapan terakhir Anda ganti aki dan cari tanda peringatan kegagalan pada aki. Jangan lupa untuk menguji aki Anda secara teratur.

    Aki mobil diisi oleh alternator, yang hanya menyala jika mobil berjalan. Jika Anda tidak dapat mengemudikan mobil untuk sementara waktu, ada baiknya Anda berinvestasi untuk membeli battery tender charger aki. Tender aki ini bisa dimanfaatkan sebagai sistem pengisian untuk aki Anda, memastikan aki tetap terisi penuh meski mobil lama tidak digunakan.

    3. Korosi

    Asam pada mesin aki bersifat korosif. Salah satu alasan lain mengapa aki mobil mati berulang kali adalah karena adanya korosi pada sambungannya. Terminal aki adalah titik kontak di bagian atas aki, yang satu ditandai dengan positif, yang lain ditandai negatif.

    Keduanya adalah media atau cara agar aki Anda dapat diisi oleh alternator. Jika koneksi macet, alternator mungkin tidak melakukan fungsinya untuk mengisi ulang aki Anda. Jika melihat ada warna biru atau hijau menggantung di terminal aki mobil Anda, maka itu pertanda bahwa aki telah sedikit rusak oleh korosi.

    Korosi juga dapat terlihat seperti zat tepung putih tipis, hampir seperti ‘ketombe’. Jika tidak banyak korosi, Anda dapat menggunakan lap kering untuk menyeka kotoran. Jika tidak berhasil, gunakan sikat kawat untuk membersihkan korosi ini dengan hati-hati.

    4. Kelalaian

    Mungkin Anda semua pernah tidak sengaja membiarkan lampu depan menyala atau lupa mematikan mesin mobil. Nah, hal inilah yang menjadi salah satu dari banyak alasan mengapa aki mobil juga bisa mudah tekor.

    Setiap orang mungkin pernah melakukan kesalahan yang dapat menyebabkan kematian aki. Untuk menghindari hal ini terjadi, pastikan untuk membiarkan mobil ‘istirahat’ dengan tidak lupa mematikan lampu mobil.

    5. Kerusakan Elektronik

    Kerusakan elektronik adalah hal yang tidak dapat diprediksi. Salah satu bentuk kerusakan yang paling sering terjadi adalah alternator yang buruk. Aki mobil bergantung pada alternator untuk mengisi ulang. Jika alternator tidak menarik beratnya, aki Anda mungkin sering mati meskipun cuaca sedang cerah dan aki sedang tidak habis.

    Terkadang sekring yang rusak dapat menguras aki, bahkan saat mobil Anda dalam keadaan mati. Untuk masalah kelistrikan, sebaiknya Anda memanggil mekanik yang terampil untuk mengatasi permasalahan aki satu ini.

    Adapun tarif harga aki mobil Avanza bekas yang tersedia di pasaran sendiri biasanya dipatok sekitar Rp200.000,- sampai Rp100.000,-. Bagi Anda yang mungkin ingin membeli aki mobil Avanza dan tidak tahu kisaran harga dan apa merk yang terbaik, daftar aki di atas bisa membantu Anda.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Daftar Aki Mobil Avanza Terbaik"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel