Simak Cara Transfer ATM BRI yang Mudah dan Tepat - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Simak Cara Transfer ATM BRI yang Mudah dan Tepat

Simak Cara Transfer ATM BRI yang Mudah dan Tepat
Simak Cara Transfer ATM BRI yang Mudah dan Tepat - Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak pula kemudahan yang tercipta, salah satunya dalam hal mengirim uang. Siapa yang tidak tahu tentang ATM atau Anjungan Tunai Mandiri? Lewat ATM ini, Anda bisa mengirim atau istilahnya mentransfer uang kapanpun, tak terbatas waktu seperti Anda melakukannya di bank yang hanya bisa diakses pada jam kerja saja.

Anda bisa dengan mudah menemukan mesin ATM di berbagai tempat, seperti di area perbelanjaan, di tempat pengisian bensin yang besar, ataupun di pinggir-pinggir jalan. Mesin ATM ini juga bisa diakses selama 24 jam, sehingga apabila ada keperluan mendesak di jam malam sekalipun Anda tidak akan kesulitan untuk mengaksesnya. Nah, bagaimana sih cara transfer ATM BRI yang tepat?

Simak Cara Transfer ATM BRI yang Mudah dan Tepat

Yang pertama yang harus Anda lakukan ketika akan mentransfer di ATM BRI adalah masukkan kartu ATM pada slot yang sudah disediakan. Slot untuk kartu ini sangat mudah untuk ditemukan karena bentuk slotnya yang pipih serta ada ikon dan tulisan kartu ATM di bagian atasnya.

Setelah Anda memasukkan kartu ATM, akan muncul pilihan bahasa, yaitu ada bahasa Inggris dan juga bahasa Indonesia. Anda bisa memilih akan menggunakan bahasa mana yang paling Anda kuasai. Namun, apabila Anda baru pertama kali mencobanya, maka disarankan untuk menggunakan bahasa Indonesia saja agar Anda tidak kesulitan di tengah-tengah.

Setelah memilih bahasa, kemudian Anda perlu memasukkan pin Anda. Pastikan Anda memasukkan pin Anda dengan aman tanpa diketahui oleh orang lain. Setelah itu, akan muncul berbagai menu, pilihlah menu “Transfer”, selanjutnya pilih tujuan transfer ke Bank BRI.

Cara transfer ATM BRI ini sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan nomor rekening penerima transferan uang dari Anda, kemudian masukkan pula nominal uang yang akan Anda transfer. Setelah itu, akan muncul kotak dialog yang menampilkan nomor rekening tujuan beserta nominal uang, Anda hanya perlu mengkonfirmasi apakah data yang ditampilkan sudah benar atau salah.

Setelah Anda memastikan bahwa data tersebut sudah benar, maka Anda tinggal mengkonfirmasinya dengan menekan pilihan “Ya”. Tunggu sampai proses transfer selesai dilakukan, yang mana akan muncul bukti transfer dari mesin ATM BRI tersebut. Nah, apabila Anda tidak akan melakukan transaksi lainnya, maka Anda hanya perlu memilih untuk “Tidak melakukan transaksi”, sehingga kartu ATM Anda akan keluar dengan sendirinya.

Di ATM BRI ini juga Anda bukan hanya bisa melakukan transfer ke sesama Bank BRI, melainkan Anda juga bisa mentransfer uang Anda ke bank yang lainnya. Cara transfer uang lewat ATM BRI ke bank lain ini sangat mudah, tidak berbeda jauh dengan mentransfer uang ke sesama bank BRI.

Simak Cara Transfer ATM BRI yang Mudah dan Tepat

Langkah-langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu sama seperti sebelumnya, hanya saja ketika Anda sudah masuk ke menu “Transfer”, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memilih tujuan transfer ke “Bank Lain”. Maka dengan begitu, mesin ATM akan memproses permintaan Anda dengan memunculkan kolom kode bank dan nomor rekening yang harus Anda isi.

Mengapa harus memasukkan kode bank? Hal ini dilakukan untuk mengarahkan transfer ke tujuan bank yang tepat, sehingga tidak terjadi kesalahan pengiriman. Apabila Anda tidak mengetahui kode bank dari bank tujuan transfer Anda, maka Anda tidak perlu khawatir karena di mesin ATM juga sudah disediakan pilihan “Daftar Kode Bank” yang bisa Anda lihat terlebih dahulu.

Misalnya, Anda akan melakukan transfer ke Bank BNI, maka cara transfer uang lewat ATM BRI ke BNI ini bisa Anda lakukan dengan melihat kode Bank BNI yang ada di daftar kode bank. Kode Bank BNI adalah 009, sehingga sebelum Anda memasukkan nomor rekening tujuannya, Anda harus mengawalinya dengan memasukkan angka 009 sebagai kode dari Bank BNI.

Lanjut ke langkah selanjutnya, yaitu Anda harus memasukkan nominal uang yang akan Anda transfer. Kemudian akan muncul kotak dialog konfirmasi mengenai kebenaran data dari nomor rekening dan nominal uang yang akan Anda transfer. Sama seperti sebelumnya, apabila data sudah benar, Anda hanya perlu memilih “Ya”.

Kemudian tunggu sampai mesin ATM memproses transaksi Anda dan tunggu juga sampai struk bukti transfernya keluar. Apabila nominal uang yang ada di saldo tabungan Anda tidak mencukupi untuk ditransfer, maka Anda tidak perlu bingung. Karena saat ini sudah ada yang namanya transfer uang tunai lewat ATM, lalu bagaimana cara transfer uang tunai lewat ATM BRI ini?

Anda hanya perlu mencari mesin ATM yang menyediakan setor tunai, kemudian Anda juga perlu menyiapkan uang pecahan 50.000 atau 100.000 yang ada dalam keadaan bagus atau tidak lecek sama sekali. Sama seperti biasanya, Anda harus memasukkan kartu, memilih bahasa, dan memasukkan pin, lalu pilih menu “Setor Tunai”. Setelah itu akan muncul perihal Syarat dan Ketentuan, Anda hanya perlu menekan tombol “Lanjutkan’’.

Selanjutnya, Anda pilih pilihan “Rekening Tabungan”, maka dengan itu tempat setor uang pada mesin ATM akan terbuka. Barulah Anda masukkan uang yang akan Anda transfer tersebut, kemudian tunggu sampai mesin ATM mengkonfirmasi jumlah uang yang telah Anda masukkan. Apabila jumlahnya sudah sesuai, maka Anda tekan pilihan “Setor”, dengan begitu mesin ATM akan menyatakan bahwa setoran Anda telah diterima.

Setelah itu, pilihlah pilihan untuk melakukan transaksi lainnya, kemudian Anda bisa melakukan transfer uang seperti langkah-langkah yang sudah dibahas sebelumnya. Nah itulah beberapa cara transfer ATM BRI yang pastinya bisa Anda lakukan dengan mudah.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar