Motor Manual Atau Matic, Pilihan Ada Ditangan Anda

Daftar Isi [Tutup]

    Motor Manual Atau Matic, Pilihan Ada Ditangan Anda selama menguasai dan paham mengenai kendaraan. Sekarang ini Anda memiliki banyak pilihan untuk berkendara, baik menggunakan motor, mobil atau pun transportasi umum. Begitu pula dengan pilihan transmisi yang akan digunakan pada kendaraan.

    Memiliki kendaraan pribadi seperti motor menjadi hal biasa Anda temukan dimana pun. Apalagi kini hampir semua orang memilikinya bahkan ada yang lebih dari satu. Tak heran jika Anda tinggal di kota besar akan menemukan kemacetan yang luar biasa dengan didominasi oleh motor.

    Bukan lagi menjadi hal mewah saat seseorang memiliki sebuah motor, karena kini banyak pilihan dari berbagai merek atau perusahaan pembuat. Anda dapat memilih berbagai merek motor mulai dari produksi dalam negeri, negara Asia hingga Eropa. Masing-masing motor memiliki kelebihan serta kekurangan sesuai dengan harga jual yang ditawarkan.

    Motor menjadi pilihan banyak orang terutama karena mudah memiliki dan dapat mencapai jalan kecil juga gang sempit. Walaupun kendaraan yang satu ini memiliki kekurangan pada jumlah atau kapasitas penumpang. Namun, kini memiliki kelebihan yaitu pilihan transmisi manual atau matic yang akan digunakan.

    Kini hampir semua merek motor mengeluarkan jenis transmisi matic, sehingga semakin memberikan keleluasaan dalam memilih. Beberapa jenis atau merek motor yang masih memproduksi transmisi manual juga matic diantaranya adalah :
    • Honda
    • Yamaha
    • BMW
    • Piaggio
    • Peugeot
    • Suzuki
    Diantara begitu banyak merek motor, hampir semuanya dapat Anda temukan di Indonesia walaupun dengan tipe yang terbatas. Bahkan ada diantaranya yang tergolong pada motor mewah dan hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Namun, hal itu tak membuat jumlah pemilik motor berkurang, justru setiap tahunnya semakin bertambah.

    Ditambah dengan hadirnya motor yang harganya terjangkau serta kualitas yang tak kalah bagusnya. Anda dapat pula memilih transmisi manual atau pun bukan, tergantung kemampuan serta kenyamanan dalam mengendarainya. Karena masing-masing transmisi menuntut kemampuan dalam menguasai kendaraan.

    Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Motor Manual Atau Matic

    Motor Manual Atau Matic, Pilihan Ada Ditangan Anda

    Memilih motor tentulah tak boleh sembarangan apalagi jika Anda menggunakannya setiap hari atau pun untuk jarak yang cukup jauh. Perlu untuk memperhatikan jenis atau tipe, transmisi serta merek dan tak lupa dana yang dimiliki. Dana besar yang dimiliki tentulah memberikan pilihan lebih luas, akan tetapi transmisi yang digunakan harus dipertimbangkan pula.

    Sekarang ini Anda dapat memilih untuk memiliki motor dengan transmisi manual atau bukan yaitu matic. Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya mengetahui kelebihan serta kekurangan dari motor manual atau matic. Berikut ini beberapa kelebihan serta kekurangannya, yaitu :

    Kelebihan Motor Manual yang dimilikinya adalah Anda dapat mengatur kecepatan dan perseneling sendiri. Sehingga akselerasinya akan lebih baik dibandingkan dengan yang matic. Selain itu biaya perawatannya juga lebih murah serta tidak boros dalam konsumsi bahan bakar.

    Namun, ada pula Kekurangan Motor Manual yang dimilikinya yaitu Anda akan cepat merasa lelah akibat dari memindahkan kopling dan gigi berkali-kali. Jika tinggal di kota besar dengan kemacetan yang luar biasa, maka semua itu akan Anda alami.

    Kelebihan Motor Matic yang dimiliki transmisi ini adalah mudah untuk dikendarai karena tidak perlu repot memindahkan kopling serta gigi. Sesuai dengan namanya, maka transmisi ini akan menghemat energi dengan perseneling berganti secara otomatis.

    Namun, transmisi ini juga memiliki kekurangan yaitu Anda akan membutuhkan biaya perawatan yang lebih besar. Hal ini dikarenakan masih jarangnya bengkel dan teknisi yang menguasai cara kerja motor matic. Selain itu diperlukan penggantian oli yang lebih sering dibandingkan dengan yang manual.

    Karena transmisi ini berpindah secara otomatis, mengakibatkan perputarannya lebih sering. Kekurangan lainnya adalah konsumsi bahan bakar lebih besar dibandingkan dengan motor manual. Belum lagi tidak adanya engine break, sehingga saat menemui jalan yang menurun serta curam, Anda dituntut untuk dapat menguasainya.

    Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing transmisi. Anda yang berencana membeli motor ada baiknya mempertimbangkan hal-hal diatas agar tak menyesal nantinya. Motor manual atau matic yang dipilih, semua tergantung dengan kemampuan Anda dalam menguasai kendaraan. Kedua transmisi akan terasa sesuai selama sesuai dengan kemampuan dan penggunaannya.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Motor Manual Atau Matic, Pilihan Ada Ditangan Anda"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel