Mengatasi Mesin Mobil Rembes dan Penyebab Kerusakannya

Mengatasi Mesin Mobil Rembes dan Penyebab Kerusakannya - Mobil merupakan kendaraan roda empat yang harus dirawat dengan baik. Hal ini karena komponen dan mesin yang digunakan saling bersinggungan antara satu dengan yang lain. Sehingga, jika ada kerusakan sedikit saja, bisa mempengaruhi kinerja seluruh mesin di dalam mobil.

Salah satu yang kurang mendapatkan perhatian pada mesin mobil adalah oli. Karena letaknya yang tidak terlihat, kebocoran merupakan hal yang sering ditemui. Masalah yang umum terjadi dalam terjadinya rembesan oli di sekitar mesin mobil. Apabila ini dibiarkan secara terus-menerus tanpa mendapatkan perawatan, maka kondisi mesin akan memburuk, kinerja mobil akan menurun, dan kemungkinan untuk mengganti spare-part yang rusak cukup besar.

Penyebab Kebocoran Oli di Mesin Mobil

Mengatasi Mesin Mobil Rembes dan Penyebab Kerusakannya

Sebelum mengatasi mesin mobil rembes, sebaiknya Anda mengerti apa saja yang membuat oli bisa bocor dan rembes di mesin mobil. Dengan begitu, Anda bisa melakukan perawatan sesuai jenis kerusakan yang ada. Berikut merupakan penyebab oli rembes yang sering terjadi:

a. Tutup Oli Mesin Hilang atau Rusak

Oli ditempatkan pada wadah tertutup di samping mesin mobil, sehingga fungsi penutup menjadi penting untuk menjaganya tidak tumpah. Ketika mengganti mesin atau oli, pastikan tutup oli terpasang dengan baik, rapat, dan sesuai dengan ukuran lubang oli. Karena jika hilang atau tidak rapat, oli bisa merembes keluar dan bahkan terciprat di jalanan, terutama ketika melewati rute yang tidak rata.

b. Kerusakan pada Filter Oli

Ketika hendak mengganti oli, pastikan Anda juga memeriksa bagian lain di komponen yang dekat dengan wadah oli. Karena bisa jadi terjadi kerusakan di sekitar wadah oli, sehingga mengakibatkan rembesan. Anda terutama harus memeriksa filter oli, sebab jika sudah lama digunakan tapi tidak diganti, ia bisa bergeser, rusak, bahkan aus. Pengecekan sebaiknya dilakukan secara rutin filter oli yang digunakan.

c. Wadah Oli yang Rusak

Masalah selanjutnya yang harus Anda periksa ketika mengganti oli adalah wadahnya. Jangan sampai wadah oli mengalami kerusakan dan membuatnya mengalami retakan. Jika ini dibiarkan, oli akan merembes dan membuat performa mobil Anda tidak maksimal. Terutama ketika Anda melewati jalanan yang tidak rata, oli akan terciprat. Untuk mengatasi mesin mobil rembes karena masalah ini, Anda bisa mengganti wadah yang rusak tersebut.

Solusi untuk Mesin Mobil yang Rembes

Mengatasi Mesin Mobil Rembes dan Penyebab Kerusakannya

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi mesin mobil yang olinya mudah rembes. Anda bisa menyesuaikan solusi tersebut dengan penyebab dari kebocoran oli. Jika diatasi dengan cara yang tepat, kebocoran dan rembesan oli pada mesin mobil bisa diatasi dengan lebih cepat. Beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah oli yang rembes adalah sebagai berikut:

a. Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Anda bisa melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin untuk mobil Anda guna mencegah oli mengalami kebocoran. Ketika datang ke bengkel, Anda bisa meminta mekanik untuk memeriksa mesin dan melihat apakah ada kerusakan di komponen mesin di sekitarnya. Dengan begitu, Anda bisa mencegah kebocoran dan rembesan oli terjadi.

b. Mengganti Spare-part

Ketika terjadi kerusakan pada spare-part mobil Anda, terutama di bagian wadah oli dan salurannya, jangan ragu untuk meminta mekanik menggantinya dengan yang baru. Mengatasi mesin mobil rembes karena kerusakan wadah oli jika hanya ditambal atau ditutupi dengan perekat tidak akan bertahan lama. Sebaiknya ganti dengan wadah dan spare part baru untuk mencegah rembesan kembali lagi.

c. Mengganti Spare-part yang Sudah Lama Digunakan

Terakhir, Anda bisa mengganti spare part disekitar wadah oli dan salurannya dengan yang baru, khususnya jika sudah lama digunakan. Walaupun belum rusak, akan lebih baik menggantinya untuk mencegah hal yang kurang diinginkan, seperti oli rembes di saat yang tidak tepat. Ganti spare part secara berkala untuk menjaganya dari kerusakan.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, Anda bisa mengatasi mesin mobil rembes dengan mudah dan cepat. Setelah mengetahui penyebabnya pun, Anda bisa lebih berhati-hati dalam memperlakukan mobil Anda, sehingga mesin dan spare part-nya bisa digunakan dengan jangka waktu yang lebih lama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Mesin Mobil Rembes dan Penyebab Kerusakannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel