Mobil Jarang Digunakan Karena Karantina Wilayah, Inilah Langkah Sebelum Mobil Hibernasi

Mobil Jarang Digunakan Karena Karantina Wilayah, Inilah Langkah Sebelum Mobil Hibernasi

Mobil Jarang Digunakan Karena Karantina Wilayah, Inilah Langkah Sebelum Mobil Hibernasi - Adanya wabah covid-19 yang sudah meresahkan membuat pemerintah mengambil tindakan untuk menekan penyebaran  wabah ini. Salah satunya dengan karantina wilayah atau Pembatasan Sosial Berskala Besar yang membatasi warga untuk bepergian lintas wilayah.

Memutuskan untuk mematuhi aturan pemerintah dan tidak bepergian merupakan suatu langkah cerdas menghadapi pandemi ini. Memang belum pasti sampai kapan namun beberapa waktu selanjutnya mobil tidak banyak digunakan apalagi kini ada larangan mudik di berbagai wilayah.

Karena tidak banyak digunakan biasanya mobil harus membutuhkan perhatian yang ekstra agar tidak mengalami kerusakan karena jarang digunakan. Berikut ini tips sebelum mobil hibernasi yang sebaiknya dilakukan agar mobil tetap bagus!

Bahan bakar diisi secara penuh sebelum mobil disimpan dalam waktu yang lama. Sebelum disimpan di garasi pastikan bahwa bensin memang sudah terisi secara penuh. Hal ini agar dapat menjaga isi tangki dari kondisi yang lembab. Karena jika terjadi kelembaban maka efeknya dapat mengalami gangguan jangka panjang yaitu dapat membuat dinding tangki menjadi berkarat serta seal menjadi lebih kering.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan juga adalah menambah zat aditif pada fuel stabilizer yang dilakukan agar bensin tidak terlalu menguap juga kualitasnya terjaga meski mobil disimpan sampai 3 minggu.

Jangan lupa mengisi angin pada ban hingga tingkat yang sesuai dan direkomendasikan. Biasanya pada bagian bawah pilar pintu sopir atau bisa juga pada owners manual. Jika mobil akan beri hibernasi lebih dari satu bulan maka sebaiknya disokong dengan Jack stand. Tujuan melakukan hal ini tujuannya agar ban tidak menjadi peyang karena berdiri statis dalam waktu yang cukup lama.

Jika akan disimpan sebaiknya tidak menggunakan parking brake. Apalagi saat berdiri pada jackstand, maka mobil tidak akan mundur. Akan tetapi alasan yang sebenarnya agar rem tidak terkunci jika suatu saat akan digunakan kembali. Ketika rem parker menjadi aktif, maka maka kampas akan menekan lebih kuat drum atau rotor. Jika terlalu lama maka bis-bisa terus menempel dan tidak lepas meski rem tangan dalam keadaan nonaktif.

Tips mobil sebelum hibernasi selanjutnya adalah mengIsi tekanan angin sehingga sesuai dengan yang direkomendasikan. Jika bisa mengganti oli sendiri maka disarankan untuk menyegarkan filter dan oli juga. Oli bekas umumnya mengandung elemen yang dapat mengancam nyawa mesin jika tinggal diam.

Selanjutnya  lepas konektor negatif pada kepala aki sehingga dapat mengurangi serapan daya dan baterai tidak kaget. Hati-hati karena mungkin pada beberapa mobil tertentu dibutuhkan prosedur yang khusus.

Cuci eksterior mobil hingga bagian interiornya juga. Jangan biarkan remah-remah dari makanan menempel terus pada karpet sehingga menimbulkan bau jika terlalu lama. Setelah dengan teliti dicuci kemudian dibungkus dengan menggunakan penutup. Hal ini penting sebagai tips mobil sebelum hibernasi terutama jika akan disimpan di tempat yang terbuka. Tutup juga celah ke mesin misalnya intake dan knalpot. Bisa saja ada hewan yang menyelinap melalui celah tersebut.

Setelah masa karantina selesai dan dapat kembali beraktivitas seperti semula, kemudian bangunkan mobil kesayangan Anda dengan baik. Lakukan perlahan tanpa buru-buru. Awali dengan buka penutup lalu mengecek apakah mesin kelistrikan atau belt dalam kondisi yang baik khawatir sudah digerogoti tikus.

Periksa pula cairan mesin apakah aman atau tidak. Anda bisa menambahkan cairannya jika dirasa masih kurang. Silahkan nyalakan mobil jika sudah yakin bahwa mobil bisa dioperasikan. Jangan langsung menyalakan mobil sebaiknya mobil dibiarkan menyala beberapa saat hingga temperature optimal dan juga oli bisa bersirkulasi dengan baik.

Kemudian jika sudah jalan maka kemudikan dengan cara perlahan. Terlebih dahulu pastikan rem berfungsi lalu meneliti suara-suara yang tak biasa. Jika dirasa semua sudah aman maka Anda pun bisa beraktivitas kembali dengan aman bersama mobil kesayangan Anda.

Tips mobil sebelum hibernasi ini tentunya bisa dilakukan jika Anda khawatir pandemi berlangsung cukup lama. Sekalian dapat menghabiskan waktu bersantai di rumah. Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan mobil agar tetap terawat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mobil Jarang Digunakan Karena Karantina Wilayah, Inilah Langkah Sebelum Mobil Hibernasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel