Cara Klaim Asuransi Mobil Termurah

Seiring meningkatnya jumlah pemilik kendaraan mobil di Indonesia, banyak orang yang kini mencari asuransi mobil termurah. Apalagi dengan padatnya lalu lintas di perkotaan, kendaraan pasti akan lebih berisiko tinggi mengalami kecelakaan, terserempet kendaraan lain, hingga tindak kejahatan seperti pencurian hingga perampokan. Untuk itu, memiliki asuransi untuk mobil memang sangat penting.

Dengan mengajukan klaim ke pihak perusahaan, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk melakukan perbaikan mobil di saat-saat yang tidak terduga. Namun masih banyak yang beranggapan bahwa biaya asuransi mobil sangat mahal. Padahal, hal tersebut tergantung pada jenis asuransi apa yang Anda ajukan. Asuransi mobil termurah memiliki premi yang rendah sehingga Anda tidak keberatan membayarnya tiap bulan.

Kenali Jenis-Jenis Asuransi Mobil


Cara Klaim Asuransi Mobil Termurah

1. Asuransi All Risk atau Comprehensive

Jenis asuransi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan ganti rugi dari perusahaan atas semua tipe kerusakan, ringan maupun berat, serta apabila terjadi kehilangan karena pencurian atau perampokan.

Kelebihan jenis asuransi comprehensive ini adalah, Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan apapun, mulai dari tergores, mogok di tengah jalan, terserempet, terendam banjir, hingga terbakar. Kerusakan mobil Anda pun akan diperbaiki di bengkel yang bekerja sama dengan pihak asuransi, dan Anda hanya tinggal menunggu sampai kembali seperti semula.

Namun jenis asuransi ini juga memiliki kekurangan, diantaranya, harga premi yang tinggi, bahkan bisa lebih tinggi dari biaya perbaikan, serta klaim asuransi yang belum tentu digunakan dalam setahun.

2. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi ini, hanya mengcover biaya ganti rugi apabila kerusakan mobil sudah mencapai 75% saja. Di angka persentase tersebut, mobil sudah pasti tidak bisa digunakan, dan pihak asuransi tidak akan mengganti biaya perbaikan apabila kurang dari angka tersebut. Jenis asuransi ini pada umumnya lebih dipilih oleh masyarakat karena harga premi yang cenderung rendah dan terjangkau.

Namun kekurangannya, Anda tidak bisa mencairkan klaim apabila yang kerusakan yang terjadi hanya berupa goresan. Padahal, meskipun berupa gores, biaya perbaikannya seringkali membutuhkan biaya yang cukup besar.

Nah, jika Anda sudah mempelajari jenis-jenis asuransi mobil, Anda pun bisa menyesuaikan dengan budget Anda. Untuk mendapatkan asuransi mobil termurah, Anda harus membanding-bandingkan fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh pihak perusahaan asuransi. Meskipun dengan harga premi yang sama, beberapa perusahaan bisa memberikan manfaat lebih dibanding yang lainnya.

Cara Klaim Asuransi Mobil Termurah



1. Menghubungi perusahaan asuransi

Langkah pertama untuk klaim asuransi adalah dengan menghubungi pihak asuransi, maksimal 72 jam setelah kejadian yang menimpa Anda, baik kecelakaan, atau yang lain-lain. Anda kemudian akan dimintai data berupa nomor polis asuransi, nama pemilik polis, merk kendaraan, nomor polis kendaraan, dan kronologi kejadian beserta kerugian yang dialami.

2. Mengisi formulir dan melengkapi dokumen yang disyaratkan

Setelah itu, pihak asuransi mobil termurah akan meminta Anda untuk mengisi formulir. Perusahaan yang memiliki layanan berkualitas akan menyediakan formulir dalam bentuk daring yang memudahkan Anda dalam prosesnya. Selain itu, ada beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan untuk klaim, seperti foto copy KTP, foto copy polis asuransi, fotocopy SIM, dan foto copy STNK.

3. Mendatangi bengkel rekanan

Baru setelah menyelesaikan kedua proses di atas, Anda pun bisa mendatangi bengkel rekanan, atau bengkel tertentu yang bekerja sama dengan pihak perusahaan asuransi. Jika Anda mendaftar asuransi jenis All Risk, tentu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun dalam perbaikannya.

Sedangkan apabila jenis asuransi Anda Comprehensive, Anda akan diminta foto bukti kerusakan berat yang dialami hingga 75%, maka semua biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Demikian tadi adalah cara menemukan dan klaim asuransi mobil termurah. Pada prinsipnya, Anda harus menemukan perusahaan asuransi yang meminta harga premi yang sebanding dengan layanan ganti rugi yang sepadan. Pastikan juga bahwa perusahaan itu tidak mengharuskan prosedur klaim yang berbelit-belit, sebab hal tersebut akan menyulitkan Anda di masa mendatang.

Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi yang berguna bagi Anda. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya yang tak kalah bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Klaim Asuransi Mobil Termurah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel