Inilah Fakta Unik Mengenai Riders MotoGP, Yuk Cari Tahu

Daftar Isi [Tutup]

    Inilah Fakta Unik Mengenai Riders MotoGP, Yuk Cari Tahu! Siapa yang tidak pernah menonton acara MotoGP? Acara balapan yang satu ini memang begitu diminati terlebih bagi kaum pria. Nah pada artikel kali ini kita akan mengulas mengenai fakta unik riders MotoGP yang tidak kamu ketahui selama ini. Untuk lebih jelasnya yuk disimak!

    Inilah Fakta Unik Mengenai Riders MotoGP, Yuk Cari Tahu

    Kecepatannya

    Fakta unik pertama ialah mengenai kecepatan motor riders MotoGP itu sendiri. Umumnya angka kecepatan MotoGP berada hingga 346 km per jam lho! Untuk kecepatan rata-rata untuk riders MotoGP ialah 110 meter per jam atau sekitar 117 km per jam. Melihat hal ini tentu cukup menarik ya dan tidak kalah menakjubkan.

    Berat atau Bobot Motor

    Fakta unik mengenai riders MotoGP kedua ialah tentang bobot atau berat motor itu sendiri. Jika kamu mengira para pembalap mengendarai motor dengan mesin yang besar dan sangat berat maka kamu keliru. Umumnya untuk bobot motor MotoGP ialah seberat 160 an kg saja. Dapat dimisalkan dengan dua buah motor bobot motor eropa untuk ukuran dewasa ya. Jika dibandingkan dengan Harley Davidson juga tidak ada apa-apanya.

    Riders Tetap Berkeringat

    Meski yang telah kita singgung jika pembalap akan melaju dengan kecepatan tinggi, nyatanya tidak membuat pembalap bebas keringat. Sistem aerodinamika yang telah di build tidak menjamin riders merasa kedinginan ketika melaju cepat. Nyatanya karena satu dan lain hal tak jarang pemain sampai menghasilkan sebanyak dua liter keringat. Terlebih jika sirkuit yang dilalui memang memiliki suhu yang tinggi juga pemusatan konsentrasi yang tinggi agar tidak cidera.

    Outfit Berkualitas

    Fakta unik tentang riders MotoGP selanjutnya ialah kostum outfit yang sangat berkualitas. Menggunakan outfit yang berkualitas memang sudah menjadi suatu peraturan yang wajib ditegakkan. Mengingat jika peluang para riders untuk kontak fisik dengan aspal sangat besar ketika mengalami kecelakaan nantinya. Wajar saja jika pada akhirnya Kangaroo Leather memang wajib dikenakan oleh riders. Hal ini dikarenakan kualitas bahan yang begitu bagus.

    Perlengkapan Pelindung

    Selanjutnya yang tak kalah menarik ialah perlengkapan pelindung yang digunakan. Para pembalap bahkan harus dibekali dengan berbagai peralatan pelindung melebihi superhero batman. Pasalnya pembalap harus menggunakan pelindung dada, siku, lutut, tulang kering, pelindung tulang belakang juga masih banyak lagi. Sekali lagi semua ini terdengar sangat wajar dan memang sudah seharusnya dikenakan. Apalagi untuk aktivitas balapan yang setiap saat berhadapan dengan kematian juga kecelakaan yang tak diinginkan.

    Motor

    Hal unik lainnya dari riders MotoGP ialah motor yang digunakan. Pasalnya MotoGP bukanlah motor biasa yang digunakan dengan cara dinyalakan, masukkan gigi juga pencet saja koplingnya. MotoGP sendiri memiliki kompleksitas yang sangat luar biasa sekali. Bahkan terdapat 50 database yang ada dalam setiap MotoGP. Selain itu terdapat timing per lap, indikator guna memindahkan gigi juga sistem pencatat lap yang baik.

    Waktu

    Selanjutnya yang tak kalah unik islah masalah waktu. Untuk satu musim saja MotoGP akan menghabiskan sembilan bulan. Selain itu terdapat kegiatan aktif yang harus dilakukan riders masing-masing selama 180 hari. Hal ini disebabkan karena adanya banyak sirkuit dan terletak di berbagai negara. Wajar saja jika pembalap akan berada di luar rumah selama setengah tahun lebih.

    Bahan Bakar

    Fakta unik tentang riders MotoGP terakhir ialah mengenai bahan bakarnya. Pasalnya setiap riders membutuhkan asupan nutrisi untuk menjalankan pertandingan. Untuk itu mengonsumsi karbo merupakan salah satu hal wajib. Nah dalam hal ini memakan ayam juga ikan tuna tiga jam sebelum pertandingan dapat membantu pembalap.

    Nah itulah tadi beberapa fakta unik tentang riders MotoGP yang dapat kita ulas. Bagaimana cukup menakjubkan bukan? Selamat beraktifitas kembali!

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Inilah Fakta Unik Mengenai Riders MotoGP, Yuk Cari Tahu"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel