Ini Lho Fakta Unik Sirkuit MotoGP Terpendek, Kamu Harus Tahu

Daftar Isi [Tutup]

    Ini Lho Fakta Unik Sirkuit MotoGP Terpendek, Kamu Harus Tahu! Siapa yang tidak mengenal pertandingan MotoGP? Pertandingan balap kendaraan yang satu ini memang sejak dulu selalu populer.

    Meskipun begitu, ada beberapa fakta unik tentang sirkuit terpendek MotoGP ini lho! Nah agar lebih jelas pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa sirkuit MotoGP terpendek yang pernah ada. Yuk disimak!

    Sirkuit MotoGP Sachsenring

    Ini Lho Fakta Unik Sirkuit MotoGP Terpendek, Kamu Harus Tahu

    Meski sudah menggelar pertandingan balap motor sejak puluhan tahun silam akan tetapi baru menjadi tuan rumah sejak tahun 1998.

    Ketika tahun 1927 untuk pertama kalinya diadakan balap motor di sirkuit ini. Ketika itu panjang sirkuit ini sepanjang 8,7 kilometer di jalanan umum. Pada tahun 1937, akhirnya tempat yang dijadikan jalanan guna pembalap ini dinamakan dengan sirkuit Sachsenring.

    Perlu diketahui jika sirkuit MotoGP ini masih kerap digunakan untuk balapan dan menjadi tuan rumah MotoGP.

    Akan tetapi yang masih digunakan sebagai sirkuit MotoGP hanya sepanjang 3,7 kilometer saja. Hal ini pula yang menjadikan sirkuit ini masuk ke dalam kategori sirkuit terpendek MotoGP yang pernah ada.

    Uniknya sirkuit ini memiliki 3 tikungan ke kanan juga 10 tikungan ke kiri. Untuk panjang trek lurus mencapai 700 meter dan lebarnya 12 meter.

    Sirkuit Ricardo Tormo

    Ini Lho Fakta Unik Sirkuit MotoGP Terpendek, Kamu Harus Tahu

    Sirkuit terpendek kedua adalah sirkuit yang dikenal sebagai Circuit de Valencia. Terletak di Cheste, Valencia di negara Spanyol.

    Sirkuit terpendek ini dibangun pada tahun 1999 dengan tribun yang mampu menampung 150 ribu orang. Uniknya sirkuit ini berjalan melawan arah jarum jam dengan panjang yang berbeda-beda.

    Bahkan karena tata letaknya yang bagus memungkinkan kamu untuk melihat sirkuit dari arah mana saja.

    Nah sirkuit MotoGP yang satu ini pernah menjadi trek terbaik versi IRTA. Memiliki panjang sirkuit 4 kilometer.

    Terdapat lima tikungan ke kanan juga sembilan tikungan ke kiri. Untuk lebar sirkuit yakni 12 meter dengan trek lurus sepanjang 876 meter. Bagaimana, cukup menarik tentunya ya.

    Sirkuit Le Mans

    Ini Lho Fakta Unik Sirkuit MotoGP Terpendek, Kamu Harus Tahu

    Sirkuit yang satu ini pertama kali dibangun ketika tahun 1965. Sirkuit Le Mans pernah batal sebagai tuan rumah MotoGP lantaran kecelakaan yang terjadi dan menimpa seorang pembalap.

    Namun pada tahun 2000 sirkuit ini diperbaiki dan kembali menjadi tuan rumah MotoGP. Dilengkapi dengan sembilan tikungan ke kanan dan lima tikungan ke kiri. Untuk lebar trek yakni 13 meter untuk trek lurus 674 meter.

    Sirkuit Misano

    Ini Lho Fakta Unik Sirkuit MotoGP Terpendek, Kamu Harus Tahu

    Sirkuit MotoGP selanjutnya yang tak kalah menakjubkan ialah sirkuit Misano yang memiliki nama resmi Misano World Circuit Marco Simoncelli. Perlu diketahui jikalau sirkuit yang satu ini memang sudah lama menjadi tuan rumah dari MotoGP.

    Pada tahun 1982 sirkuit ini berganti nama menjadi San Marino Grand Prix. Terletak di dekat Rimini dwn dibangun pada tahun 1972. Bahkan sirkuit ini mampu menampung sebanyak 60 ribu penonton lho! Untuk panjang sirkuit yakni 4.226 meter dengan searah jarum jam.

    Uniknya sirkuit MotoGP ini memiliki 10 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Untuk lebar sirkuit yakni 24 meter sedang trek lurus sepanjang 530 meter. Wah tentunya cukup menarik ya.

    Nah itulah tadi beberapa fakta unik mengenai sirkuit MotoGP terpendek yang pernah ada. Bagaimana, cukup menakjubkan bukan? Semoga artikel ini bermanfaat!

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Ini Lho Fakta Unik Sirkuit MotoGP Terpendek, Kamu Harus Tahu"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel