Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kembung yang Wajib Diketahui

Daftar Isi [Tutup]

    Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kembung yang Wajib Diketahui - Gejala gangguan kesehatan sering kali menjadi salah satu hal yang cukup mengganggu aktifitas sehari-hari. Ada berbagai gangguan kesehatan ringan yang menjadi gejala dari penyakit berat tertentu, namun ada juga gangguan kesehatan ringan yang bukan gejala penyakit berat namun tetap mengganggu aktifitas sehari-hari.

    Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh berbagai kalangan dan cukup mengganggu adalah gejala perut kembung. Gejala ini sering dialami dalam waktu yang cukup lama namun terkadang juga tiba-tiba terasa untuk waktu yang singkat. Gejala yang muncul tiba-tiba sering menjadi alasan mengapa gejala perut kembung dinilai cukup membantu.

    Karena ketidaknyamanan yang ditimbulkan, banyak kalangan yang mencari informasi mengenai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung. Sebelum mencari tahu cara untuk mengobati gejala penyakit ini, Anda tentu harus mengetahui terlebih dahulu hal yang menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan yang satu ini. Adapun beberapa penyebab perut kembung diantaranya :
    • Masuk angin
    • Penyakit maag
    • Kekurangan enzim pencernaan
    • Sembelit
    • Makan terlalu banyak
    Selain penyebab-penyebab diatas, gejala perut kembung juga bisa menandakan beberapa gejala penyakit lainnya seperti kanker lambung, kanker usus besar, penyakit crohn, kanker hati, dan lain sebagainya. Tentu tidak ada orang yang ingin mengalami penyakit-penyakit tersebut, sehingga banyak orang yang mulai mencari obat perut kembung di apotik setiap menderita gejala tersebut. Selain dengan mengonsumsi obat, Anda juga bisa mengobati gejala perut kembung dengan beberapa cara diantaranya :

    Kompres Air Hangat

    Cara Mengatasi Perut Kembung - Kompres Air Hangat

    Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengobati perut kembung adalah dengan mengompres area perut menggunakan air hangat. Lakukan cara ini dengan durasi sekitar 10 sampai 15 menit setiap kalinya agar Anda bisa mengobati gejala perut kembung yang dirasakan.

    Dengan mengompres area perut menggunakan air hangat, pembuluh darah di area perut akan melebar sehingga rasa sakit pada area perut akan berkurang sekaligus dengan gejala kembung yang ada. Dengan mengompres area perut, Anda juga bisa mengistirahatkan tubuh Anda sejenak dari aktivitas yang dijalani sehingga proses pengobatan bisa memberikan manfaat yang maksimal.

    Mengonsumsi Makanan Penghilang Perut Kembung

    Cara Mengatasi Perut Kembung - Mengonsumsi Makanan Penghilang Perut Kembung

    Selain dengan mengompres area perut dengan air hangat, Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan tertentu untuk membantu menghilangkan gejala perut kembung Anda. Seperti dibahas sebelumnya, gejala perut kembung sering disebabkan oleh kesalahan pola makan sehingga akan sangat tepat jika Anda juga mengobati gangguan kesehatan ini dengan memakan makanan tertentu untuk mengobatinya dari dalam tubuh.

    Beberapa makanan yang bisa membantu menghilangkan gejala perut kembung diantaranya kacang polong yang telah direndam air, sayuran rendah serat (bayam, mentimun, selada), susu bebas laktosa, serta buah-buahan rendah serat (pepaya, semangka, persik). Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, Anda bisa mengatasi perut kembung dengan lebih efektif.

    Memperbaiki Pola Makan

    Cara Mengatasi Perut Kembung - Memperbaiki Pola Makan

    Selain mengonsumsi makanan pembantu untuk meredakan gejala perut kembung, Anda juga harus mengatur pola makan Anda dengan baik mulai dari mengkondisikan agar tidak makan terlalu cepat, menyesuaikan asupan makanan, serta mengurangi porsi makan. Anda juga harus memperbaiki pola makan dengan menghindari asupan makanan atau minuman yang memicu gejala perut kembung seperti soda.

    Sebagai penggantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman tertentu untuk menjaga kondisi pencernaan agar gejala perut kembung bisa dihindari. Ada beberapa contoh minuman untuk perut kembung yang bisa Anda konsumsi seperti air putih hangat, teh hijau, teh jahe, air putih dengan irisan lemon hingga jus buah. Mengonsumsi makanan sehat dengan rutin dan mengatur pola makan dengan baik bisa membantu Anda mencegah dan mengobati gejala perut kembung yang dialami.

    Memijat Area Perut

    Cara Mengatasi Perut Kembung - Memijat Area Perut

    Gejala perut kembung tentu akan menyebabkan ketidaknyamanan selama beraktivitas, sehingga Anda harus mengetahui cara yang tepat untuk mengobatinya sebagai langkah antisipasi jika gejala ini dirasakan di tengah aktifitas yang padat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memijat area perut Anda.

    Dengan memijat area perut, Anda bisa mengurangi gas yang ada dalam perut serta melancarkan pencernaan Anda. Memijat area perut juga bisa menjadi cara mengatasi perut kembung dan mual yang cukup efektif jika Anda melakukannya dengan baik.

    Namun Anda tidak bisa hanya mengandalkan cara ini untuk mengobati gejala perut kembung yang dialami. Lakukan cara pengobatan lain atau kunjungi dokter jika gejala perut kembung yang dialami tidak kunjung membaik.

    Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengobati gejala perut kembung yang dialami. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa gejala perut kembung bisa disebabkan oleh berbagai hal, sehingga alangkah baiknya jika Anda segera mengenali kondisi kesehatan Anda untuk mengetahui apakah gangguan perut kembung ini berbahaya atau tidak.

    Jika dibiarkan, gangguan perut kembung ini bisa mengganggu pencernaan Anda dan membuat kondisi kesehatan Anda terganggu. Meski mengetahui cara mengatasi perut kembung yang tepat, namun alangkah lebih baik jika Anda mencegah hal ini terjadi dengan menjaga pola hidup dengan baik.

    Anda harus rutin mencari informasi mengenai gejala-gejala gangguan kesehatan ringan yang mungkin dialami beserta dengan penyebab dan cara mengobatinya untuk mengantisipasi jika hal tersebut terjadi pada Anda atau lingkungan sekitar Anda. Mengonsumsi makanan sehat dan menjaga pola hidup sehat bisa menjadi salah satu cara paling dasar untuk menghindari gangguan kesehatan ini.

    Anda juga perlu memilih cara mengobati perut kembung yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Menggunakan cara mengatasi perut kembung yang tepat bisa membantu proses pengobatan berjalan lebih efektif. Cara yang efektif akan membuat Anda lebih mudah terhindar dari berbagai gangguan kesehatan sehingga aktivitas Anda bisa berjalan dengan lancar.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kembung yang Wajib Diketahui"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel