7 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kecil dan Nyaman agar Terlihat Luas

Daftar Isi [Tutup]

    7 tips dekorasi ruang tamu kecil dan nyaman agar terlihat luas - Menempati sebuah lokasi hunian milik sendiri, tentu menjadi idaman semua orang. Meski proses mendapatkannya tak selalu mudah, tetapi ada kepuasan tersendiri ketika bisa mewujudkannya.

    Tak semua orang bisa langsung menempati rumah yang besar dan luas. Ada kalanya, beberapa orang mendapatkan lahan yang kecil dan sempit, sehingga harus menciptakan ruang-ruang yang kompatibel dan tetap mengutamakan rasa nyaman bagi penghuninya. Nah, Bagaimana cara menyiasati agar rumah, terutama bagian ruang tamu, agar terlihat lebih luas dan menyenangkan untuk ditinggali? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

    Pasanglah Cermin Besar

    7 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kecil dan Nyaman agar Terlihat Luas

    Cermin merupakan salah satu media yang akan memberikan kesan luas pada sebuah ruangan. Oleh karenanya, gunakanlah properti cermin sebagai salah satu cara untuk menyiasati lokasi ruang tamu agar tidak terasa kosong dan sempit. Pantulan yang dihasilkan dari cermin tersebut akan mengisi suasana menjadi lebih hidup. Tak hanya itu saja, cermin besar juga akan memudahkan Anda mematut diri bila hendak keluar rumah.

    Dominasi Ruangan dengan Warna Pastel

    7 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kecil dan Nyaman agar Terlihat Luas

    Salah satu cara dekorasi ruang tamu kecil supaya lebih terlihat luas yakni dengan penggunaan warna netral seperti pastel sebagai cat dinding maupun penggunaan perabotan. Warna yang kalem seperti putih, coklat susu, krem, dan sejenisnya akan membuat kesan hangat dan lega. Tak perlu heran bila Anda akan sering menghabiskan waktu di sana.

    Gunakan Jendela Besar dan Memanjang

    7 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kecil dan Nyaman agar Terlihat Luas

    Fungsi utama menggunakan jenis jendela besar pada bagian ruang tamu yakni bisa mendapatkan pencahayaan alami dari matahari. Dengan banyaknya sinar yang datang, ruang tamu mungil akan terlihat luas dan berspektif. Bahkan Anda juga bisa menghemat listrik karena tidak selalu bergantung pada lampu untuk pagi, siang, dan sore hari.

    Letakkan Tanaman Kecil

    7 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kecil dan Nyaman agar Terlihat Luas

    Selain menciptakan rasa asri, tanaman berukuran mini bisa dijadikan dekorasi ruang tamu kecil agar terkesan lebih hidup. Anda bisa menggunakan berbagai tanaman hias yang banyak dijual di toko tumbuhan atau bisa juga menggunakan bunga atau tanaman plastik. Dengan adanya aksesori tersebut, dijamin rumah Anda akan terlihat lebih indah dipandang mata.

    Gunakan Desain Minimalis

    8 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kecil dan Nyaman agar Terlihat Luas

    Desain built-in sangat terkenal sebagai salah satu cara menyiasati rumah kecil. Desain minimalis yang mengutamakan optimalisasi ruangan akan membuat hunian sempit Anda tetap bisa memberikan nilai guna pada setiap sudutnya. Carilah lokasi pembuatan furniture custom agar bisa memaksimalkan keinginan Anda dalam memanfaatkan segala celah.

    Furniture yang multifungsi juga akan memudahkan segala urusan Anda jika harus dilakukan dalam satu waktu. Anda tidak perlu beranjak jauh karena segala properti bisa ditempatkan di lokasi yang dekat dengan jangkauan Anda. Sangat fleksibel dan tidak ribet, bukan?

    Gunakan Wallpaper yang Senada dengan Tema Ruang Tamu

    7 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kecil dan Nyaman agar Terlihat Luas

    Tak banyak orang yang senang menggunakan wallpaper sebagai aksesoris. Hanya saja, untuk kondisi rumah yang kecil, kehadiran wallpaper akan menolong keadaan agar ruangan terlihat lebih lebar, luas, dan lapang. Jika Anda ingin memasangnya, pilihlah warna atau hiasan yang ringan dan tidak terlalu mencolok. Gunakan warna yang senada dengan tema dekorasi ruang tamu kecil milik Anda agar tidak timpang.

    Jika rumah Anda dikerjakan oleh arsitek bangunan, biasanya tim tersebut juga bisa melayani konsultasi beberapa hal teknis seperti wallpaper. Mereka akan memberikan opsi yang bisa dijadikan referensi dalam memilih hiasan dinding. Dengan demikian, Anda tidak akan terlalu kesulitan untuk menentukan warna, gambar, dan sejenisnya.

    Gunakan Alas Karpet Polos

    7 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kecil dan Nyaman agar Terlihat Luas

    Jika ruang tamu Anda sudah mendapatkan wallpaper yang sesuai, gunakanlah alas lantai tak bercorak alias polos agar terlihat seimbang. Letakkan pada beberapa lokasi yang membutuhkan, tak perlu menghiasinya di seluruh ruangan. Hal ini akan mengurangi nilai estetik yang akan tercipta dari ruang tamu mungil Anda.

    Menyibukkan diri dengan dekorasi ruang tamu kecil memang menyenangkan. Segala impian, angan-angan, dan harapan ketika hendak memiliki istana sendiri sudah bisa diaplikasikan. Dengan memperhatikan luas dan tipe hunian, tentu Anda akan lebih mudah dalam memberikan desain dan aksen yang cocok untuk mengisi segala hal dalam griya idaman Anda. Dengan demikian, keluarga kecil Anda akan lebih betah menghabiskan waktu di rumah, bercengkrama dengan hangat dengan seluruh anggota keluarga.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "7 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kecil dan Nyaman agar Terlihat Luas"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel