Tips Merawat Mobil agar Tidak Cepat Rusak Walau Jarang Dipakai

Daftar Isi [Tutup]

    Tips Merawat Mobil agar Tidak Cepat Rusak Walau Jarang Dipakai

    Tips Merawat Mobil agar Tidak Cepat Rusak Walau Jarang Dipakai - Memiliki mobil pribadi sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Namun, sebagian kalangan terkadang enggan untuk menggunakannya. Banyak sekali alasan yang dikemukakan, mulai dari ingin menikmati pemandangan, jalanan macet, hingga capek.

    Kondisi tersebut menyebabkan kendaraan yang dimiliki hanya sebagai pajangan dan tersimpan dengan aman di garasi. Walaupun demikian, tidak berarti mobil Anda akan tetap mulus dan tanpa masalah. Justru sebaliknya, mobil tersebut akan menjadi rusak atau bahkan mogok jika tidak dirawat dengan tepat. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menerapkan tips-tips jitu berikut ini:

    Panaskan Mesin Mobil Tiap Hari

    Agar mobil tetap dalam kondisi baik, Anda harus memanaskan mesin mobil setiap hari. Tidak perlu terlalu lama, cukup dinyalakan sekitar 5-7 menit setiap hari. Selain komponen mesin tetap terlumasi karena dipanasi setiap hari, hal tersebut juga bisa mencegah terjadinya korosi pada mobil.

    Lokasi Parkir yang Datar

    Tips merawat mobil agar kondisinya tetap prima adalah perhatikan lokasi parkirnya. Pilihlah lahan parkir yang tempatnya datar. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa mengganjal ban mobil agar posisinya tetap sama walaupun tempat parkirnya kurang datar.

    Tutupi dengan Cover

    Mobil yang dibiarkan terlalu lama tanpa perawatan yang tepat akan kotor dan rusak walaupun berada di garasi yang tertutup. Lebih baik, tutupi mobil Anda dengan cover agar partikel debu tidak bisa masuk melalui celah-celah mobil.

    Cuci secara Rutin

    Walaupun lama tidak digunakan, tidak berarti mobil harus dibiarkan kotor. Cucilah mobil Anda secara rutin agar cat mobil tetap mulus dan bersih. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam mobil dengan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu yang melekat. Selain itu, interior mobil akan terhindar dari jamur dan bau apek jika dibersihkan secara berkala.

    Wiper Diganjal Busa

    Salah satu komponen mobil yang sering rusak jika jarang dipakai adalah wiper. Pada bagian karetnya akan mengeras jika terlalu lama menganggur. Jika digunakan secara paksa, bisa mengakibatkan kaca mobil Anda akan tergores. Untuk itu, tips merawat mobil yang berikutnya adalah dengan memberi ganjalan berupa busa pada wiper. Ini dilakukan agar karet wiper tidak menempel secara langsung ke kaca mobil.

    Perhatikan Rem Tangan

    Umumnya, saat memarkir mobil pasti menggunakan rem tangan agar mobil tidak bergerak. Namun berbeda jika Anda berniat untuk memarkirnya dalam waktu yang lama. Rem tangan yang digunakan terlalu lama akan membuat minyak yang berada di sekitar piringan rem menjadi lengket. Lebih baik, ganjal ban mobil dengan batu agar tidak bergerak dan parkirlah di tempat yang datar.

    Cek Tekanan Ban

    Mobil yang lama tidak digunakan akan membuat ban mobil menjadi kempis. Jika dibiarkan berlarut-larut akan membuat pelek ban cepat rusak. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengecek dan tambahkan angin secara berkala.

    Isi Penuh Tangki Bahan Bakar

    Tips merawat mobil yang akan ditinggal dalam waktu lama adalah mengisi bahan bakarnya dengan penuh. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya embun karena terdapat ruang kosong pada tangki bahan bakar. Jika sampai terjadi, kualitas bahan bakar akan menurun dan bisa mengganggu kinerja mesin mobil Anda.

    Cek Oli Mesin

    Seperti halnya bahan bakar, oli mesin juga perlu diisi penuh atau pada posisi volume yang cukup agar tidak menimbulkan embun yang bisa merusak mesin. Bila perlu, kuras dan ganti oli mesin mobil terlebih dahulu ketika berniat tidak menggunakan mobil dalam waktu lama.

    Cabut Kutub Aki

    Komponen listrik adalah yang rawan mengalami kerusakan jika terlalu lama tidak digunakan. Saat daya listrik lemah, maka mobil akan mogok dan tidak mau dinyalakan. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa mencabut kutub aki pada mobil.

    Caranya adalah dengan mencabut kabel negatif terlebih dahulu dan setelah itu barulah kabel yang positif. Saat akan memasangnya kembali, lakukan hal sebaliknya yaitu pasang kabel positif dulu baru kabel yang negatif.

    Memiliki mobil namun jarang digunakan dan tidak dirawat dengan baik akan membuat mobil tersebut rusak. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa menerapkan tips merawat mobil yang jitu. Mulai dari membersihkannya secara berkala, mengecek bahan bakar dan oli mesin, serta memanaskan mesin mobil setiap hari. Dengan cara tersebut, mobil Anda akan tetap prima walaupun jarang digunakan.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Mobil agar Tidak Cepat Rusak Walau Jarang Dipakai"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel