Jangan Biarkan Dinding Rumah Polos, Berikan Sentuhan Berikut, Supaya Lebih Ciamik!

Jangan Biarkan Dinding Rumah Polos, Berikan Sentuhan Berikut Supaya Lebih Ciamik! Renovasi adalah proyek yang paling menyita tenaga, emosi dan pikiran. Bayangkan saja, tidak hanya masalah dekorasi dalam dan luar rumah, tapi juga harus berjibaku sebelumnya dengan hitungan semen, pekerja, instalasi listrik, pipa air bersih dan kotor, serta masih banyak lagi.

Rumah menjadi tempat yang paling nyaman untuk berkumpul bersama keluarga. Saat ini desain rumah sudah bermacam-macam yang dapat dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Untuk tanah yang luas maupun sempit dapat menjadi rumah idaman dengan segala macam bentuk desain.

Arsitektur untuk desain rumah ternyata ada bermacam-macam. Sebelum membangun rumah biasanya akan memilih model dan desain rumah. Dapat meniru atau mendesain menurut keinginan sendiri. Tetapi pada dasarnya desain rumah ada jenisnya. Membangun rumah memang sebaiknya memiliki desain agar dapat diperhitungkan termasuk biayanya.

Saya adalah orang yang sangat perhatian pada dinding. Dinding adalah batas pemisah antara ruang dalam dan luar. Dinding pula yang dominan sebagai bagian bangunan dan menahan udara dingin, panas dan air masuk ke dalam. Jadi kalau dinding ini kurang bagus dari segi fisik maupun estetika maka saya akan menyesal.

Estetika dinding khususnya, saya memilih tidak mainstream dengan hanya satu warna. Saya memilih memodifikasi dinding dengan beberapa pilihan berikut untuk menghindari kebosanan akan dinding rumah polos pada umumnya:

Memberi Tekstur Pada Dinding

Jangan Biarkan Dinding Rumah Polos, Berikan Sentuhan Berikut, Supaya Lebih Ciamik!

Tekstur dinding yang kasar memang bukan favorit banyak orang. Pasalnya dinding bertekstur semacam ini pun didaulat kurang memantulkan cahaya dari dinding satu sama lain. Namun kelebihan dan keunikannya adalah bisa menutupi retak, gelembung karena lembab, gurat-guratan, sampai lubang bekas paku. Pola kasarnya dapat dibentuk menggunakan rol cat atau jari tangan untuk memberikan kesan kasar.

Selama konsistensi catnya benar, maka cat dapat menggunakan kuas dinding pada umumnya. Ulangi beberapa kali pengecatan untuk hasil yang lebih tebal. Kalau tebal maka teksturnya akan pas dan enak dilihat. Lain hal jika terlalu encer malah menyisakan tekstur lelehan cat yang kurang rapi. Kalau terlalu padat maka teksturnya akan kering dan kaku.

Memberi Ornamen Dinding Dengan Sentuhan Tradisional

Jangan Biarkan Dinding Rumah Polos, Berikan Sentuhan Berikut, Supaya Lebih Ciamik!

Salah satu alternatif menghias dinding rumah adalah dengan memasangkan ornamen pada dinding. Ornamen yang sangat kental unsur tradisionalnya adalah Gebyok. Gebyok adalah bagian rumah semacam dinding knock down yang berdaun pintu. Gebyok ini juga berguna sebagai pintu masuk atau sekat antar ruangan dan akan terbuka lebar jika si pemilik rumah sedang hajatan. Dinding rumah polos kini tak akan ada lagi.

Kelebihan lain memilih ornamen gebyok di rumah adalah dominasi warna hijau yang memberikan efek kesegaran. Karena itu gebyok juga cocok digunakan untuk atribut di taman. Perawatan gebyok harus tepat. Mewarnai gebyok dengan cat deko akan membuatnya lebih tahan perubahan cuaca dingin dan panas matahari.

Memasang Wallpaper

Jangan Biarkan Dinding Rumah Polos, Berikan Sentuhan Berikut, Supaya Lebih Ciamik!

Ruangan dengan wallpaper akan tampak berbeda dalam waktu instan. Yang Anda perlu lakukan hanya memilih wallpaper yang sesuai dengan keinginan baik itu motif, warna atau teksturnya. Dinding baru adalah media paling ideal untuk ditempeli wallpaper, namun dinding lama atau bekas pun bisa juga.

Ada beberapa hal yang jadi perhatian jika dinding yang hendak dipasangi adalah dinding rumah polos yang sudah lama. Anda perlu melakukan koreksi jika dinding terdapat retak, jamur, atau tidak rata. Syarat wallpaper terpasang sempurna adalah dinding yang halus dan mulus. Sebagai contoh dinding yang berjamur akan membuat jamur terus berkembang di belakang dinding dan wallpaper akan membusuk.

Melakukan Variasi Saat Pengecatan

Jangan Biarkan Dinding Rumah Polos, Berikan Sentuhan Berikut, Supaya Lebih Ciamik!

Sebenarnya Anda tidak terpaku mengecat dinding hanya dengan satu warna. Anda dengan bebas bisa memberikan variasi pada dinding hanya dengan aplikasi cat. Banyak teknik cara mengecat tembok yang Anda bisa cari di internet. Misalnya saja dengan motif geometris, polkadot, motif bata, sampai membuat motif dengan sikat dan sapu.

Demikian ragam memodifikasi dinding yang bisa jadi inspirasi Anda untuk mengatasi kebosanan pada dinding rumah polos. Semoga bisa membantu menghilangkan sedikit galau Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Jangan Biarkan Dinding Rumah Polos, Berikan Sentuhan Berikut, Supaya Lebih Ciamik!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel