2 Cara Mengetahui Skincare Asli atau Palsu, Wajib Tahu! - Tagar Berita

2 Cara Mengetahui Skincare Asli atau Palsu, Wajib Tahu!

Pahami cara mengetahui skincare asli atau palsu. Jangan ketipu produk abal-abal yang berbahaya. Ketahui juga ciri-ciri dari skincare palsu di sini.
2 Cara Mengetahui Skincare Asli atau Palsu, Wajib Tahu! - Skincare saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi wanita maupun pria. Namun, Anda harus berhati-hati karena belakangan ini sangat marak skincare palsu alias abal-abal. Supaya tidak tertipu, sebaiknya pahami cara mengetahui skincare asli atau palsu dengan cek BPOM.

Hal ini perlu dipahami karena penipu sudah semakin pintar. Mereka tidak segan meniru produk-produk yang sudah dikenal dan dicintai banyak orang. Jangan sampai Anda menjadi salah satu korbannya. Oleh karena itu, simak penjelasan lengkap berikut ini.

Cara Mengetahui Skincare Asli atau Palsu

Cara Mengetahui Skincare Asli atau Palsu

1. Cara Cek Keaslian Produk via BPOM

Untuk memeriksa keaslian produk kosmetik atau skincare, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Berikut detailnya:

a. Kunjungi Laman Resmi BPOM

Badan Pengawasan Obat dan Makanan membuka datanya untuk masyarakat luas. Data yang dimaksud berkaitan dengan merek atau produk-produk yang sudah didaftarkan. Ini memudahkan Anda untuk memeriksa apakah suatu produk sudah terdaftar di BPOM atau belum.

Laman resmi BPOM bisa diakses melalui alamat berikut cek.bpom.pom.go.id. Laman ini bisa diakses melalui browser yang ada di smartphone maupun perangkat desktop.

b. Cek Keaslian Berdasarkan Nomor Registrasi

Jika sudah berhasil membuka situs BPOM, ada dua kolom yang bisa dilihat, yaitu “Cari Berdasarkan” dan “Kata Kunci”. Untuk pilihan yang pertama, Anda bisa mengklik “Cari Berdasarkan” terlebih dahulu, kemudian masukkan nomor registrasi yang tertera di kemasan produk pada “Kata Kunci”.

Pastikan sudah memasukkan nomor yang benar, lalu klik tombol Cari. Jika produk didaftarkan secara legal, hasil yang muncul di layar akan sesuai dengan data produk tersebut.

c. Cek Keaslian Berdasarkan Nama

Anda juga bisa memilih untuk mencari berdasarkan nama. Jika memilih cara ini, klik “Cari Berdasarkan” terlebih dahulu. Kemudian pilih “Nama Produk”. Masukkan nama produk yang Anda maksud pada kolom “Kata Kunci”. Klik “Cari”.

Hasil pencarian akan ditampilkan dalam bentuk tabel. Cari dan temukan nama produk yang sesuai dengan produk Anda. Jika tidak ditemukan data yang sesuai, artinya produk tersebut belum terdaftar di BPOM.

d. Cek Keaslian Berdasarkan Merek

Cara mengetahui skincare asli atau palsu yang selanjutnya adalah mencari di database BPOM berdasarkan mereknya. Masih di laman yang sama, Anda hanya perlu memilih kategori “Merek” pada “Cari Berdasarkan”.

Lalu masukkan nama mereknya di kolom kata kunci dan klik tombol Cari. Jika merek sudah terdaftar, data akan muncul dan disertai dengan list produknya. Pastikan produk yang Anda miliki ada di dalam daftar tersebut.

e. Cek Keaslian Berdasarkan Nama Pendaftar

Cara terakhir yaitu mengecek keaslian skincare berdasarkan nama pendaftarnya. Anda hanya perlu mengganti kategori pencarian menjadi “Nama Pendaftar”. Isi juga kolom kata kunci dengan nama perusahaan atau produsen skincare. Jangan lupa klik tombol Cari.

2. Cara Cek Barcode Skincare Ori

Sebagian skincare menyertakan barcode BPOM dalam kemasannya. Umumnya, kode tersebut berbentuk QR dengan keterangan BPOM RI. Kalau Anda menemukan QR Code sejenis, tinggal praktikan saja cara cek barcode keaslian produk berikut ini:

a. Download dan Install Aplikasi

Pertama, download dan install aplikasi BPOM Mobile yang dipublikasikan melalui Playstore dan App Store. Cara instalnya mudah. Anda bisa mencarinya melalui search bar di Play Store atau App Store. Jika sudah menemukan aplikasi yang dimaksud, klik Install atau Get. Tunggu sampai selesai.

b. Buka Aplikasi

Kalau proses install sudah selesai, sekarang buka aplikasinya. Caranya adalah dengan mengklik ikon aplikasi yang ada di home screen.

c. Scan Barcode

Untuk scan barcode, pilih menu Scan Produk. Selanjutnya aplikasi mungkin akan meminta akses kamera, izinkan saja.

Arahkan kamera mendekati barcode atau QR Code yang ada di kemasan produk skincare. Jika memang terdaftar, di layar akan muncul informasi detail produk yang Anda miliki. Sebaliknya, jika produk tidak terdaftar secara resmi di BPOM, aplikasi juga akan memberikan pemberitahuan.

Ciri-Ciri Skincare Palsu

Ciri-Ciri Skincare Palsu

Selain mengecek langsung ke database BPOM, Anda bisa mempraktikkan tutorial cara mengetahui skincare asli atau palsu. Skincare palsu umumnya memiliki beberapa ciri khusus. Berikut penjelasannya:

1. Harga Sangat Murah

Ciri yang pertama adalah harga jual yang sangat murah. Bahkan, harganya jauh lebih mudah dibandingkan produk yang biasa beredar di pasaran atau drugstore. Jika menemukan skincare dengan harga super murah, sebaiknya waspada.

2. Kualitas Kemasan Rendah

Ciri selanjutnya ada pada kemasan yang berkualitas buruk. Misalnya cetakan tampak pudar atau material kemasan mudah rusak.

3. Warna Mencolok

Warna skincare yang palsu biasanya sangat mencolok dan tidak terlihat alami. Skincare asli cenderung memiliki warna yang soft dan kalem.

4. Aroma Menyengat

Coba gunakan indra penciuman Anda untuk mengetahui keaslian skincare. Kalau aromanya lebih menyengat dari produk asli, ada kemungkinan bahwa skincare tersebut palsu.

5. Tidak Mencantumkan Bahan pada Kemasan

Ciri yang selanjutnya adalah tidak adanya label keterangan bahan pembuatan pada kemasan. Jika sudah begini, bisa dipastikan bahwa produk skincare tersebut palsu.

6. Tidak Terdaftar BPOM

Ciri terakhir yang paling mutlak adalah tidak terdaftar di BPOM. Artinya, skincare tersebut mungkin saja mengandung bahan berbahaya.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa cara mengetahui skincare asli atau palsu sebenarnya mudah. Intinya, Anda harus teliti demi kesehatan dan keselamatan kulit. Jangan sampai menggunakan produk palsu yang justru membuat kulit Anda rusak.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.