Teknologi Ramah Lingkungan Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan

Daftar Isi [Tutup]

    Teknologi Ramah Lingkungan Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan. Hingga sekarang kondisi bumi terlihat makin mengkhawatirkan. Banyak bencana alam yang terjadi semakin menjelaskan bahwa alam tak bersahabat. Makin banyak pencemaran lingkungan terjadi baik itu tanah, udara, dan air. Salah satu sumber pencemaran itu berasal dari penggunaan energi fosil.

    Sehingga orang-orang akhirnya berpikir untuk menciptakan teknologi ramah lingkungan. Tujuannya untuk menyelamatkan lingkungan supaya lebih baik. Apa maksud dari teknologi yang ramah lingkungan? Teknologi tersebut mengacu pada suatu metode yang dilaksanakan dengan berpedoman pada wawasan untuk mencapai tujuan dan tetap memperhatikan kaidah lingkungan sekitar. Apa saja penemuan teknologi yang ramah lingkungan yang selama ini sudah ditemukan? Berikut informasi selengkapnya

    Kincir Angin

    Kincir Angin Teknologi Ramah Lingkungan Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan

    Pertama ada teknologi kincir angin yang sepertinya sudah banyak yang tahu. Kincir angin yang menjadi ciri khas negara Belanda ini merupakan teknologi yang juga banyak digunakan di negara maju. Bahkan di Indonesia teknologi kincir angin sebenarnya sudah diterapkan yaitu di PLTB Sidrap. Angin sebagai tenaga penggerak kincir ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengganti bahan bakar fosil. Hembusan angin akan membuat kincir berputar dan menghasilkan energi lainnya yaitu energi listrik.

    Energi listrik ini bisa dipakai untuk bermacam-macam keperluan. Sebagai penerangan, membuat alat elektronik dapat hidup, dan masih banyak lagi. Kincir angin ini dipandang sebagai teknologi ramah lingkungan karena terbukti sama sekali tidak menyebabkan polusi udara. Energi listrik yang dihasilkan tak akan membawa dapat buruk pada atmosfer karena tidak menggunakan bahan bakar fosil.

    Biogas

    Biogas Teknologi Ramah Lingkungan Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan

    Ada lagi teknologi yang dipandang ramah lingkungan yaitu Biogas. Biogas ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif bagi manusia. Bagi yang belum tahu, Biogas sendiri merupakan hasil fermentasi dari kotoran hewan atau bahan-bahan organik. Biogas memang kebanyakan dihasilkan dari kotoran hewan. Namun sekarang sudah mulai banyak yang memanfaatkan kotoran manusia dan limbah industri menjadi Biogas.

    Biogas disebut sebagai teknologi ramah lingkungan bukan tanpa alasan. Bahan bakar biogas ini sama sekali tak menggunakan energi fosil. Melainkan dari gas karbondioksida dan monoksida yang dikeluarkan oleh kotoran. Sehingga tak hanya murah harganya tapi juga dianggap sebagai alternatif terbaik dalam pengelolaan limbah.

    Selain menjadi bahan bakar alternatif untuk kendaraan, Biogas pun bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Biogas sendiri dikenal bisa menjadi sumber energi listrik. Menjadikan Biogas merupakan teknologi paling tepat untuk kenyamanan kehidupan di masa sekarang atau nanti.

    Mobil Listrik

    Mobil Listrik Teknologi Ramah Lingkungan Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan

    Selama ini rata-rata yang digunakan masyarakat di dunia adalah mobil dengan bahan bakar fosil. Tanpa disadari, hal tersebut adalah penyumbang terbanyak dari kerusakan lingkungan. Penemuan mobil listrik menjadi teknologi ramah lingkungan yang bertujuan untuk meminimalisir kerusakan lingkungan supaya tidak makin parah.

    Hingga sekarang jumlahnya memang belum sebanding dengan mobil konvensional yang masih menggunakan bahan bakar fosil. Namun melihat makin tinggi antusiasme masyarakat dalam aksi penyelamatan lingkungan, diharapkan pemakai mobil listrik pun makin meningkat. Masyarakat harus tahu jika selain ramah lingkungan, mobil listrik ini juga sangat mudah perawatannya sehingga sangat direkomendasikan.

    Rooftop Garden

    Rooftop Garden Teknologi Ramah Lingkungan Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan

    Sekarang ini sudah banyak sekali bermunculan konsep-konsep rumah modern. Seperti yang paling populer adalah rumah dengan tema teknologi ramah lingkungan. Rumah dengan tema tersebut ditandai dengan pemasangan rooftop garden. Bagian atap rumah yang sengaja dibuat semacam taman dengan beragam tumbuhan hijau yang segar.

    Taman di atap rumah ini bukannya tanpa fungsi. Tanaman-tanaman dianggap mampu menyerap panas sehingga tak akan langsung mengenai rumah. Udara di dalam rumah jadi tak terasa panas bahkan cenderung sejuk sekalipun tanpa menggunakan pendingin ruangan. Selain itu tanaman pun dapat mengurangi gas CO2. Ditambah lagi keberadaan rooftop garden bisa jadi nilai estetika tersendiri pada rumah.

    Panel Surya

    Panel Surya Teknologi Ramah Lingkungan Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan

    Siapa yang tidak tahu panel surya? Panel surya adalah salah satu teknologi ramah lingkungan yang keberadaannya semakin dibutuhkan di kehidupan masyarakat. Panel surya dapat mengubah energi panas dari cahaya matahari menjadi energi listrik. Banyak yang menyebut penemuan ini sebagai photovoltaic atau cahaya listrik.

    Sel panel surya akan aktif ketika terjadi efek photovoltaic tersebut, di mana saat menyerap energi matahari dan menyebabkan adanya arus yang mengalir. Uniknya arus tersebut mengalir diantara 2 lapisan yang muatannya berlawanan. Energi listrik yang dihasilkan dari panel surya ini akan disimpan pada semacam baterai. Jadi bisa dipakai untuk saat-saat ketika tidak ada matahari seperti malam atau musim dingin berlangsung.

    Panel Surya menjadi teknologi ramah lingkungan dengan banyak keunggulan. Mulai dari tidak akan menghasilkan gas emisi rumah kaca yang menjadi penyebab utama adanya pemanasan global. Selain itu panel Surya pun mudah dipasang, bisa menghasilkan energi cukup besar, hingga dapat dipindah-pindah atau dikembangkan sesuai kebutuhan.

    Lantai Penghasil Listrik

    Lantai Penghasil Listrik Teknologi Ramah Lingkungan Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan

    Lantai penghasil listrik ini sepertinya baru dikembangkan di Jepang. Negara tersebut sengaja menciptakan lantai stasiun yang dibuat dari keramik khusus. Keramiknya punya kemampuan mengubah tekanan menjadi energi listrik. Jadi dalam pengaplikasiannya, makin banyak orang yang melewati keramik tersebut, maka energi listrik yang dihasilkan pun main besar.

    EcoATM

    EcoATM Teknologi Ramah Lingkungan Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan

    Faktanya teknologi ramah lingkungan EcoATM memang belum diterapkan di Indonesia. Namun ada baiknya Indonesia segera merealisasikan penemuan ini demi menjaga kelestarian lingkungan. Seperti ATM yang bisa mengeluarkan uang pada umumnya, EcoATM pun demikian adanya. Bedanya mesin EcoATM ini sifatnya membeli ponsel atau MP3 bekas dari pengguna.

    Mesin ini akan bekerja untuk menganalisis barang elektronik dan mencoba menghargainya. Nanti jika pengguna setuju dengan harga yang ditawarkan bisa langsung mengambil uang di mesin tersebut. Mesin EcoATM akan mencoba menjual kembali ponsel atau MP3 bekas pada orang lain. Walaupun sebagian lagi akan didaur ulang.

    Itu tadi beberapa penemuan teknologi ramah lingkungan terbaik. Semuanya sangat membantu dalam kehidupan manusia. Semoga informasi di atas dapat berguna dan bisa dipergunakan sebagai bahan referensi terbaik.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Teknologi Ramah Lingkungan Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel