Mengenal Cyber Security dalam Dunia Teknologi - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Mengenal Cyber Security dalam Dunia Teknologi

Mengenal Cyber Security dalam Dunia Teknologi. Konsep Dasar Cyber Security, Unsur-unsur Pokok Cyber Security, Manfaat Cyber Security
Mengenal Cyber Security dalam Dunia Teknologi. Kehadiran teknologi 4.0 memberikan pengaruh yang besar, salah satunya yakni menghubungkan seluruh perangkat melalui internet. Sehingga, terbentuklah suatu teknologi baru yang disebut sebagai internet of things. Apalagi, saat ini telah hadir big data dan cloud computing, sehingga kebutuhan akan cyber security atau perangkat keamanan semakin melonjak.

Lalu, apa itu perangkat keamanan? Agar lebih jelas, simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini:

Perangkat keamanan atau cyber security adalah proses dan praktik dalam melindungi data, jaringan, program, dan komputer dari berbagai kerusakan, serangan atau akses yang tidak valid. Perangkat keamanan ialah suatu aktivitas yang bertujuan melindungi dan mengamankan sumber daya telematika atau informasi dan mencegah adanya tindak kejahatan digital. Tindak kejahatan dalam dunia digital biasa disebut dengan cyber attack atau cyber crime.

Cyber attack bermotif untuk mengacaukan alur logic system dengan sengaja. Sehingga menyebabkan kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi menjadi terganggu. Sedangkan motif dari tindakan cyber crime cukup beragam, yakni bisa karena kebencian, atau sekadar mencari keuntungan. Namun, ada pula tindakan cyber crime yang bermotif moral untuk menggali informasi tentang suatu kebenaran. Ada kalanya, tindakan cyber crime ini diperbolehkan untuk membantu pihak kepolisian mengumpulkan bukti tentang kejahatan digital.

Konsep Dasar Cyber Security

Konsep Dasar Cyber Security Mengenal Cyber Security dalam Dunia Teknologi

Cyber security memiliki tiga konsep dasar yang dikenal dengan sebutan Trias CIA. Trias CIA meliputi Confidentiality, Integrity serta Availability. Penjelasan lebih lengkap mengenai ketiga konsep dasar tersebut yakni sebagai berikut:

Confidentiality

Dalam konsep ini, perangkat keamanan dimaknai sebagai aturan yang memberikan batasan terhadap akses informasi dengan cara mengambil tindakan-tindakan tertentu. Misalnya dengan membatasi atau bahkan memblokir akses peretas ke informasi yang bersifat sensitif.

Dalam suatu instansi, ada beberapa pihak yang diperbolehkan untuk mengakses informasi-informasi khusus dan ada pula pihak yang ditolak aksesnya karena tidak memiliki izin tertentu. Confidentiality dapat dipraktekkan dengan memaksimalkan perlindungan dan kerahasiaan data dalam bentuk privasi. Opsi yang bisa diterapkan dalam cyber security ini yaitu enkripsi data, verifikasi biometric, klasifikasi data serta token keamanan.

Integrity

Integrity bertugas untuk memastikan data selalu akurat, konsisten, dan mampu diandalkan dalam jangka waktu tertentu. Artinya, data tidak bisa dihapus, diubah, ataupun diakses secara tidak resmi selama masa transmisi. Setiap instansi atau perusahaan perlu mengambil langkah yang bijak untuk memastikan keamanan data. Caranya yakni dengan menerapkan kontrol akses pengguna dan izin akses file sebagai upaya mencegah peretasan.

Availability

Dalam konsep dasar cyber security ini, Availability mencakup segala persyaratan seperti software, hardware, jaringan serta perangkat keamanan yang kapasitasnya perlu dipertahankan. Hal ini diupayakan untuk memastikan bahwa operasi berjalan lancar, akses ke data tetap berjalan serta komunikasi antar komponen tetap konstan.

Availability juga melingkupi penyeleksian perangkat keamanan tambahan apabila terjadi suatu bencana atau kemacetan lalu lintas data. Berbagai utilitas seperti rencana pemulihan bencana, firewall, server proxy dan pencadangan perlu diasuransikan demi memonitor serangan penolakan layanan.

Unsur-unsur Pokok Cyber Security

Unsur-unsur Pokok Cyber Security Mengenal Cyber Security dalam Dunia Teknologi

Dalam cyber security, ada beberapa unsur pokok yang perlu dipenuhi untuk bisa menjaga keamanan dan kerahasiaan data dengan baik. Unsur-unsur pokok tersebut diantaranya sebagai berikut:

Information Infrastructure

Elemen pokok yang pertama adalah Information Infrastructure. Elemen ini merupakan wadah yang berfungsi untuk menjalankan operasi informasi. Elemen tersebut tidak lain adalah software dan hardware.

Document Security Policy

Unsur pokok cyber security yang kedua yaitu document security policy. Unsur yang satu ini merupakan dokumen standar yang umumnya dijadikan rujukan dalam menjalankan misi keamanan informasi.

Perimeter Defence

Unsur pokok yang selanjutnya adalah Perimeter defence. Perimeter defence adalah media atau wadah yang memiliki peran dalam mempertahankan infrastruktur informasi. Contoh dari perimeter defence yakni seperti firewall, IDS dan IPS.

System Information and event Management

Unsur pokok cyber security yang satu ini merupakan media yang bertugas melakukan monitor dalam berbagai kejadian yang ada dalam jaringan, termasuk kejadian peretasan atau pembobolan data.

Network Security Assessment

Unsur yang selanjutnya adalah Network Security Assessment. Unsur yang satu ini berperan untuk mengawasi mekanisme dan memberikan pengukuran level terhadap keamanan informasi.

Network Monitoring System

Unsur pokok cyber security yang berikutnya yakni Network Monitoring System. Unsur ini adalah media yang bertugas untuk mengawasi utilisasi, kelayakan serta tampilan infrastruktur informasi.

Human Resource dan Security Awareness

Unsur pokok yang terakhir adalah Human Resource dan Security Awareness. Unsur ini berhubungan dengan sumber daya manusia serta kesadarannya dalam mengelola keamanan sistem informasi.

Manfaat Cyber Security

Manfaat Cyber Security Mengenal Cyber Security dalam Dunia Teknologi

Seiring meningkatnya pengguna komputer, maka cyber security semakin dibutuhkan di seluruh dunia. Penerapan cyber security memiliki manfaat, yakni melindungi sistem komputer dari pengakses yang tidak memiliki hak atau kewenangan atas sistem komputer anda.

Di samping itu, semakin banyak pengguna yang menghubungkan perangkat mereka dengan lan yang notabene tidak menyediakan subjek yang mampu mengontrol serta memastikan keamanan data penggunanya terjamin. Hal ini dapat menjadi ancaman tersendiri bagi keamanan data para pengakses internet.

Memang, kejahatan digital merupakan suatu tindakan yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Namun, anda bisa mengantisipasinya dengan memasang perangkat lunak cyber security, misalnya seperti perlindungan spam, perlindungan virus, dan lain-lain.

Demikianlah penjelasan mengenai cyber security dalam dunia teknologi. Semoga artikel ini dapat memberi pencerahan bagi Anda yang memerlukan informasi seputar dasar-dasar perangkat keamanan.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar